Perbedan Ubuntu dan Linux




Perbedan Ubuntu dan Linux
Perbedan Ubuntu dan Linux

Perbedan Ubuntu dan Linux – Kebanyakan dari kalian pasti sudah mengerti mengenai system operasi yang bernama Linux dan Ubuntu. Dari artikel-artikel sebelumnya, kami juga sudah membahas mengenai kedua system operasi ini. Bagi kalian tentu saja masih ada saja yang bingung mengenai perbedaan kedua system operasi ini. Lalu apa sih perbedaannya antara Ubuntu dan Linux? Lebih lanjutnya, yuk simak artikel ini sampai selesai.

 

Perbedan Ubuntu dan Linux

Perbedan Ubuntu dan Linux
Perbedan Ubuntu dan Linux

 

Apa itu Linux?

Linux adalah sistem operasi open-source. Untuk benar-benar memahami apa artinya itu, kita perlu mendefinisikan beberapa istilah. Sistem operasi adalah lapisan software pada komputer yang bertindak sebagai dasar untuk program komputer. OS bertugas untuk memantau sumber daya komputer dan mengalokasikan sumber daya itu untuk program yang membutuhkannya. Saat Kalian menjalankan program, OS bertindak seperti pemeriksa dan memastikan program memiliki daya pemrosesan, memori, dan sumber daya lain yang mungkin perlu berfungsi. Sistem operasi memudahkan pengembang program untuk menulis software. Tanpa OS, pemrogram harus membuat software untuk bekerja langsung dari perangkat keras itu sendiri.

Tidak seperti OS yang dikompilasi, sistem operasi open-source menyertakan source code untuk OS tersebut. Pengembang menulis software dalam source code. Ada banyak bahasa pengkodean yang berbeda tetapi semuanya memiliki sifat yang sama. Ini relatif mudah bagi manusia untuk memahaminya. Mesin tidak dapat memahami kode source code, itulah sebabnya pengembang memberi makan source code melalui kompiler.

Karena Linux menyertakan source code untuk sistem operasi, Kalian dapat melihat cara kerja OS hanya dengan mengunduhnya. Kalian harus memahami bahasa pemrograman tetapi tidak ada tingkat kerahasiaan dengan apa yang membuat Linux terinstal. Manfaat dari pendekatan ini adalah bahwa banyak pengguna Linux juga merupakan pengembang untuk OS. Jika pengguna melihat bug atau kerentanan, ia dapat menyiapkan beberapa kode untuk memperbaiki masalah dan berkontribusi pada versi Linux berikutnya. Hal yang sama berlaku untuk fitur – jika Kalian memikirkan fungsi keren yang menurut Kalian harus didukung Linux, Kalian dapat membuatnya menjadi source code.

Kalian juga dapat membangun sistem operasi Kalian sendiri menggunakan kernel Linux – fondasinya – sebagai dasar untuk OS Kalian. Itu membawa kita ke Ubuntu. Mari kita lihat apa itu Ubuntu dan bagaimana hubungannya dengan Linux.

Dasar-Dasar Ubuntu

Ubuntu adalah distribusi Linux . Dalam istilah Linux, distribusi adalah versi sistem operasi yang memiliki kernel Linux sebagai dasarnya. Ada ratusan distro Linux yang berbeda di alam bebas. Banyak yang gratis dan memiliki komunitas pengguna yang saling memberikan bimbingan dan dukungan. Tetapi menginstal distro Linux gratis dengan opsi dukungan terbatas dapat mengintimidasi bagi para pengguna computer.

Perbedaan Ubuntu dan Linux

Selanjutnya, kita akan melihat apa yang membuat Ubuntu berbeda dari OS Linux.

Linux merupakan jantung bagi Ubuntu. Ubuntu mengkalianlkan arsitektur Linux untuk berkomunikasi dengan perangkat keras komputer sehingga software dapat melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Perintah Ubuntu mengikuti aturan dan prosedur yang juga digunakan oleh ratusan distro Linux lainnya. Tetapi Ubuntu memiliki gaya dan daftar fiturnya sendiri.

Ubuntu memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI), sehingga mirip dengan sistem operasi populer lainnya seperti Windows, Mac OS dan bahkan sistem smartphone seperti Android. Ubuntu akan mendukung software yang kompatibel untuk Linux. Pada akhirnya, Ubuntu hanyalah salah satu upaya untuk meningkatkan sistem operasi Linux dengan cara yang mudah dan intuitif bagi pengguna akhir. Di balik layar dan intinya, Ubuntu adalah Linux. Hanya shell luar yang membedakannya dari distribusi Linux dasar.

Artikel diatas merupakan sedikit penjelasan mengenai perbedaan antara Ubuntu dan Linux. Semoga artike ini bisa menambah wawasan kalian. Sekian dari kami, terima kasih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*