Apa Itu Debian




Apa Itu Debian
Apa Itu Debian

Apa Itu Debian – Kebanyakan orang pasti belum pernah mengetahui apa itu debian. Mungkin kami akan menjelaskan sedikit sejarah tentang debian yang perlu kalian ketahui. Dikesempatan kali ini kami akan menjelaskan pengertian dan beberapa kekurangan dan kelebihan debian. Sebelum kalian ingin mencobanya langsung saja simak artikel berikut ini.

 

Apa Itu Debian

Apa Itu Debian
Apa Itu Debian

 

Debian adalah sistem operasi komputer yang populer dan tersedia secara bebas yang menggunakan kernel Linux dan komponen program lainnya yang diperoleh dari proyek GNU. Debian dapat diunduh melalui Internet atau, dengan biaya kecil, diperoleh dalam CD. Sebagai perangkat lunak Sumber Terbuka , Debian dikembangkan oleh lebih dari 500 programmer yang berkontribusi yang secara kolektif membentuk Proyek Debian. Rilis baru disediakan dari waktu ke waktu. Layanan yang sedang berlangsung tersedia melalui berlangganan milis.

Debian mendukung lebih dari 3.950 aplikasi gratis yang dapat diunduh. Meskipun beberapa aplikasi yang banyak digunakan seperti Microsoft Word dan Excel tidak termasuk, Corel’s WordPerfect dan aplikasi desktop serupa tersedia.

Debian adalah salah satu proyek perangkat lunak bebas pertama, dimulai pada tahun 1993 oleh Ian Murdock. Debian diucapkan deb-EE-uhn karena berasal dari nama Ian Murdock dan istrinya, Debra.

 

Keunggulan utama dari Debian ialah :

Debian ini memiliki proyek komunitas open-source terbesar dalam sejarah di belakangnya, Proyek Debian, dengan hampir seribu sukarelawan. Debian ini mendukung sebagian besar arsitektur dari setiap distribusi Linux biner.

Format paketnya, deb, adalah yang paling populer di kalangan pengembang perangkat lunak yang mengemas platform Linux. Paket deb yang diberikan seringkali tidak kompatibel dengan semua distribusi berbasis Debian, biasanya mereka hanya kompatibel dengan distribusi tepat yang dirancang untuk mereka dan biasanya distribusi itu adalah Ubuntu, turunan Debian.

Ada empat cabang yang dikelola secara aktif. Cabang-cabang yang selalu didukung meliputi:

Oldstable – rilis stabil sebelumnya dari Debian. Saat ini Debian 8 atau Jessie. Paket-paket di cabang ini sudah tua,> 3 tahun tepatnya.

Stable – rilis stabil Debian saat ini, yang saat ini adalah Debian 9 atau Stretch. Paket dalam repositori ini bisa menjadi cukup lama tetapi karena rilis stabil terbaru adalah awal tahun ini, mereka belum setua itu.

Testing – cabang ini berisi paket-paket baru, yang dimulai pada cabang yang tidak stabil, tetapi telah diuji secara memadai untuk dianggap cukup stabil untuk mendarat di cabang ini. Akhirnya paket dalam repositori pengujian dibekukan dan digunakan untuk membuat rilis stabil berikutnya dari Debian. Dengan “dibekukan” Maksud saya paket diuji lebih lanjut dan satu-satunya perubahan adalah perbaikan bug dan keamanan, tidak ada gundukan versi.

Unstable (sid) – cabang ini dapat dianggap sebagai serupa dengan distribusi model rilis rolling-edge karena mengandung paket-paket terbaru yang telah dikembangkan oleh para pengembang Debian (meskipun waspadalah para pengguna distribusi bergulir paket-paket ini tidak sepadat pendarahan seperti Lengkungan). Meskipun itu tidak berarti bahwa setiap paket di dalamnya adalah semua yang baru, misalnya, paket terkait Eclipse (IDE) mereka berusia sekitar 5 tahun (selain dari bug aneh / perbaikan keamanan).

Kerugian dari Debian ialah :

Manajemen paket dari chroot ke dalamnya dapat menyebabkan masalah, terutama jika yang dipasang atau dimutakhirkan adalah modul kernel atau kernel itu sendiri. Tidak unik dalam hal ini, distribusi berbasis RPM, terutama Fedora, tampak sedikit sensitif dalam hal ini.

Kemasan untuk Debian lebih rumit daripada untuk distribusi lain yang saya ketahui. Yang sangat rumit adalah bahwa dengan sebagian besar manajer paket, Anda hanya menulis satu file untuk menentukan detail paket (tidak termasuk file sumber seperti tambalan), termasuk bagaimana paket itu akan dibuat, sedangkan dengan Debian Anda harus menulis seluruh direktori senilai file.

Nah, itulah pengertian dari Sistem Operasi debian beserta beberapa kekurangan dan kelebihannya. Semoga setelah membaca artikel ini, pemahaman kalian mengenai system operasi debian ini menjadi lebih luas. Sekian dari kami, terima kasih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*