Antivirus dan Antispam




Antivirus dan Antispam
Antivirus dan Antispam

Antivirus dan Antispam – Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas beberapa Perbedaan antara Antivirus Dan Antimalware, Perbedaan antara Antivirus dan Firewall, Perbedaan antara Antivirus dan Internet Security. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Perbedaan antara Antivirus dan Antispam. Kalian semua pasti sudah tidak asing kan dengan istilah antivirus dan antispam? Ya, keduanya ini merupakan program untuk melindungi system keamanan PC kalian dari serangan berbahaya dari luar PC. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak artikel dibawah ini.

 

Antivirus dan Antispam

Antivirus dan Antispam
Antivirus dan Antispam

 

Apa itu Antivirus?

Ya kita harus memahami tentang virus terlebih dahulu sebelum beralih ke topic antivirus. Virus merupakan setiap bagian dari kode berbahaya yang mampu mereplikasi dirinya sendiri dan menyebar sendiri ke program lain dalam system dengan tujuan semata-mata untuk merusak. Virus juga disebut sebagai malware. Namun, tidak semua malware adalah virus.

Antivirus merupakan sebuah software computer yang berfungsi sebagai pelindung computer dari serangan virus. Perangkat lunak yang satu ini dirancang untuk melindungi system dari serangan virus dan malware guna untuk mencegah mereka merusak program lain dalam  system. Antivirus ini jika menemukan beberapa perilaku berbahaya, ia akan segera menghapus virus tersebut dari system. Antivirus juga melindungi system secara terus-menerus.

Apa itu Antispam?

Anti-spam mengacu pada layanan dan solusi yang berfokus pada pemblokiran dan meringankan efek email ilegal atau spam pada pengguna email. Untuk mencapai tujuan ini, berbagai jenis sistem anti-spam telah diintegrasikan dengan sistem email dari berbagai penyedia layanan email dan Internet Service Providers (ISP).

Teknologi anti-spam modern mencakup spektrum filter yang luas, pemindai, dan jenis aplikasi lainnya. Beberapa layanan anti-spam bekerja dari metode statistik, sementara yang lain menggunakan heuristik atau algoritma prediksi. Untuk mengurutkan email dengan cara canggih, penyedia layanan anti-spam dapat memonitor tanda tangan email, alamat IP atau data lainnya, yang mengurangi spam.

Munculnya perangkat lunak anti-spam menambah konflik yang sedang berlangsung antara penerima email dan pengirim email yang tidak diminta. ISP dan penyedia email bekerja untuk mengamankan kemenangan legislatif yang dapat memblokir jenis pemasaran email tertentu. Namun, pengirim dapat menemukan cara untuk melindungi asal pesan, atau meniru tanda tangan pengirim lain atau fitur email lainnya. Demikian juga, pengirim mungkin menemukan cara untuk memerangi algoritma alat anti-spam dan menerobos filter untuk menjangkau pengguna email.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara Antivirus dan Antispam. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca. Terima kasih sudah mampir di artikel ini. Sekian, terima kasih.

 




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*