Perbedaan Antara Cut dan Copy




Perbedaan Antara Cut dan Copy

Perbedaan Antara Cut Dan Copy – Dalam penggunaan komputer, pastinya sering kita temui icon perintah “cut” dan “copy”. Sebenarnya, seperti apakah kegunaan dari kedua icon perintah tersebut? Dan, apa perbedaan antara cut dan copy dalam penggunaannya di program komputer? Semuanya akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Fungsi dari icon perintah “cut” dan “copy” ini sangatlah penting. Keduanya memiliki fungsi guna mempermudah dalam melakukan pengolahan kata, gambar, dan lainnya. Biasanya, ketika menggunakan program Microsoft Word untuk mengetik, “cut” dan “copy” akan sangat membantu untuk mempercepat proses pengetikan ketika harus menggunakan kata-kata yang sama. Pada dasarnya, perintah “copy” dan “cut” memiliki fungsi kegunaan yang sama saja. Meskipun begitu, perintah “cut” dan “copy” pada dasarnya sangatlah berbeda.

 

Perbedaan Antara Cut dan Copy

 

Perbedaan cut dan copy yang pertama terletak pada pengertian kedua istilah icon tersebut. “Copy” adalah perintah pada komputer yang berguna untuk menduplikat atau menggandakan sebuah file atau teks yang dipilih, lalu menempatkannya pada posisi atau lokasi lain tanpa menghilangkan file atau teks sebelumnya yang sudah ada. Sedangkan, “cut” adalah perintah pada komputer yang memiliki kegunaan untuk memotong sebuah file atau teks yang dipilih lalu memindahkannya pada posisi atau lokasi lain, namun file sebelumnya yang sudah dipotong akan menghilang dan berpindah pada tempat yang baru.

 

Dari pernyataan pengertian kedua istilah tersebut, perbedaan cut dan copy dapat kita lihat lagi menurut fungsi dan kegunaannya. Yaitu;

  • Fungsi “copy”: menduplikat / menyalin / menggandakan / memindahkan file dan teks, maupun data lainnya yang bisa berupa lagu video ataupun yang lainnya tanpa menghapus file dan teks ataupun data yang sudah dipilih.
  • Fungsi “cut”: memotong / memindahkan file atau teks maupun file lainnya berupa lagu, video, dan yang lainnya yang sudah dipilih tanpa membuat salinannya.
Perbedaan Antara Cut dan Copy
Perbedaan Antara Cut dan Copy

Jadi, dapat disimpulkan bahwa perbedaan cut dan copy pada perintah “cut” memungkinkan kita untuk menghapus bagian teks atau beberapa elemen lain dari dokumen. Tindakan “cut” tersebut akan menyimpan konten yang berkaitan ke clipboard sehingga dapat ditempel di suatu tempat di dokumen yang sama atau dokumen yang berbeda. Metode berbeda untuk mencapai icon perintah “cut” adalah sebagai berikut;

1. Metode 1: soroti konten yang diperlukan, lalu klik tombol kanan mouse. Kemudian, dari daftar drop-down, pilih opsi “cut” lalu konten tersebut menghilang dari dokumen.

2. Metode 2: soroti konten yang diperlukan. Setelah itu, tekan Control (Ctrl) dan tombol X bersama-sama pada keyboard. Tindakan ini akan memotong konten, sehingga bagian itu akan menghilang dari dokumen.

3. Metode 3: soroti konten yang diperlukan. Lalu, klik pada alat potong (simbol gunting) pada Tab Depan pita. Icon tersebut akan memotong konten yang dipilih dari dokumen.

 

Sedangkan, icon perintah “copy” memungkinkan kita sebagai penggunanya untuk membuat salinan konten asli di tempat lain dalam dokumen yang sama maupun dalam dokumen yang berbeda. Ini adalah beberapa metode yang bisa dilakukan untuk membuat tindakan “copy” tersebut;

  1. Metode 1: soroti konten yang diperlukan. Lalu, klik tombol kanan mouse. Kemudian, dari daftar tarik-turun, pilih opsi copy.
  2. Metode 2: soroti konten yang diperlukan. Setelah itu, tekan Control (Ctrl) dan tombol C bersama-sama pada keyboard untuk menyalin konten.
  3. Metode 3: soroti konten yang diperlukan. Kemudian, klik pada ikon copy pada Tab Beranda dari pita.

tindakan penyalinan tersebut tidak akan mempengaruhi konten asli. Sebaliknya, hal itu akan membuat duplikat di lokasi baru.

 

Intinya, “Copy” = Menyalin (Menduplikat) dan “Cut” = Memindahkan (Memotong). Itulah perbedaan cut dan copy yang mendasar yang membuat kedua icon perintah tersebut berbeda. Yaitu: “cut” berfungsi untuk memotong atau memindahkan tulisan asli ke tempat lain (tulisan asli sudah tidak ada lagi ditempat semula). Sedangkan, “copy” berfungsi menyalin tulisan asli untuk ditempatkan ditempat yang lain dan tulisan aslinya masih ada ditempat semula. Bukan hanya pada program Microsoft Word saja, kedua cara ini bisa juga digunakan di berbagai program dalam komputer. Bahkan, mengcopy dan memindahkan file pun dapat dilakukan dalam internet, seperti mengcopy alamat web atau cut maupun mengambil data berupa copy-an tulisan. Dengan kedua icon perintah ini semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

Perbedaan Fungsi Cut dan Copy
Perbedaan Fungsi Cut dan Copy

 

Perlu diingat lagi, ada cara pintas dalam menggunakan kedua icon perintah tersebut, yaitu;

  • Cut: cara pintasnya adalah dengan menekan tombol kontrol (ctrl) dan X bersama-sama di keyboard.
  • Copy: cara pintasnya dengan menekan tombol kontrol (ctrl) dan C bersama.

Kedua icon perintah tersebut akan menyimpan data yang dipilih dalam alat penyimpanan sementara yang disebut clipboard. Kemudian, data yang disimpan ini dapat dimasukkan ke dalam dokumen yang sama atau beberapa dokumen lain dengan menggunakan opsi tempel atau istilahnya adalah “paste”.

Itulah sekiranya yang dapat disampaikan. Semoga uraian mengenai perbedaan cut dan copy ini dapat dipahami.




About Alif Maulana 148 Articles
Profesional Wordpress dan Teknologi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*