Tipe Data Pada java




tipe data pada java
tipe data pada java

Tipe Data Pada Java – Pertama – tama, kami akan memberikan informasi sekilas tentang apa itu Java. Java adalah bahasa pemrograman komputer yang umumnya digunakan untuk pengembangan sistem bagian back – end. Bahasa Pemrograman ini awalnya dibuat oleh James Gosling ketika masih bergabung di Sun Microsystem yang saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis pada tahun 1995.

tipe data yang ada pada java
tipe data yang ada pada java

Bahasa pemrograman ini banyak mengadopsi sintaks yang terdapat pada C dan C++ namun dengan model sintaks objek yang lebih sederhana. Pada umumnya bahasa Pemrograman Java digunakan untuk sistem yang berkaitan dengan web server ataupun database server. Untuk mempelajari lebih dalam tentang java, alangkah baiknya jika kita mengetahui tipe – tipe data yang ada pada bahasa pemrograman Java, perhatikan penjelasan berikut ini..

Tipe dan Fungsi Data Pada Java

  • Tipe Data String

Tipe data String merupakan tipe data yang berfungsi menampung kumpulan karakter seperti kata dan kalimat atau kita bisa menyebutnya tipe data yang digunakan untuk data yang berjenis huruf saja. pada tipe data ini dapat menampung banyak karakter sekaligus. Contoh tipe data string adalah “Buah”, “Pakaian”, “Penjualan”, “Aktivitas” dan banyak karakter lainnya. Bagaimana penulisan tipe data string? perhatikan gambar dibawah ini

  • Tipe Data Integer

Tipe data integer merupakan tipe data numerik yang mewakili seluruh bilangan bulat. Di dalam tipe data ini memiliki beberapa macam tipe data lagi, yaitu Int, Long, Byte dan Short. Semakin besar tipe datanya maka akan semakin besar juga nilai yang bisa ditampung.

  • Tipe data char

Tipe data char adalah tipe data yang paling sering dipakai dalam komputasi. Tipe data ini memiliki jangkauan 0 – 225 karakter. Char bisa digunakan untuk tipe data karakter maupun bilangan bulat.

  • Tipe data Boolean

Tipe data ini sering digunakan untuk menghasilkan nilai logika dengan tipe nilai “True” ataupun “False”. Dalam tipe data ini ditandai dengan kata kunci yang digunakan sebagai penanda untuk kondisi benar ataupun salah.

Tipe – tipe data yang ada pada penjelasan diatas merupakan tipe data yang paling sering digunakan dalam pemrograman java. Jika kamu ingin mempelajarinya lebih dalam maka akan lebih baik jika kamu sambil mempraktikannya. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, selamat belajar…




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*