Apa itu Docker?




docker
docker

Apa itu Docker? – Pernahkah kalian mendengar tentang apa itu docker atau hal – hal yang berkaitan dengan docker? Jika tidak dan kamu ingin tahu apa yang dimaksud dengan docer itu, maka kamu berada di halaman artikel yang tepat. Yap, kali ini kita akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan docker. Serta hal – hal yang berkaitan dengan docker meliputi kelebihan menggunakan docker.

Jadi, Apa Itu Docker?

Apa itu Docker
Apa itu Docker

Docker adalah salah satu platform perangkat lunak atau software yang memiliki fungsi untuk membantu kamu dalam membuat, menguji, serta menerapkan aplikasi dengan cepat. Platform ini memiliki kemampuan untuk mengemas serta menjalankan sebuah aplikasi didalam container ( lingkungan terisolasi ). Dengan adanya keamanan serta isolasi yang ada, dapat memungkinkan kamu untuk menjalankan banyak container pada waktu yang bersamaan.

Dalam proses pengembangan aplikasi, seorang developer membutuhkan virtualisasi pada server agar aplikasi dapat berjalan di berbagai platform dengan konfigurasi dan pengaturan hardware yang berbeda – beda. Untuk menggunakan virtualisasi haruslah menyiapkan sistem operasi secara penuh, sehingga server memerlukan resource yang besar. Oleh karena itu, sebagai alternatif dari penggunaan virtualisasi, kita dapat menggunakan container. Ukuran file pun menjadi lebih kecil dibandingkan dengan virtualisasi yang biasanya digunakan.

Kelebihan Menggunakan Docker

Dengan menggunakan docker akan memungkinkan kamu untuk dapat mengirimkan kode lebih cepat, memindah kode dengan lancar, menghemat uang serta dapat dengan mudah menstandarisasi sistem operasi aplikasi. Adapun kelebihan menggunakan docker adalah sebagai berikut :

  1. Dapat mengirim banyak software dengan lebih cepat. Dengan menggunakan docker akan memungkinkan kamu untuk mengirim layanan terisolasi sesering apapun yang diperlukan.
  2. Mudah melakukan standarisasi operasi. Dengan menggunakan docker yang mengemas aplikasi dalam bentuk container akan memudahkan kamu dalam penerapannya, mengidentifikasi masalah serta melakukan perbaikan dengan cepat
  3. Memindahkan dengan cepat.
  4. Menghemat biaya. Container pada docker menjalankan lebih banyak kode pada setiap servernya, hal tersebut akan meningkatkan pemanfaatan kamu dalam menghemat uang.

Sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai docker, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat, terimakasih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*