Apa Itu Ubuntu




Apa Itu Ubuntu
Apa Itu Ubuntu

Apa Itu Ubuntu – Kebanyakan orang pasti belum pernah mengetahui apa itu ubuntu mungkin kami akan menjelaskan sedikit sejarah tentang ubuntu yang perlu kalian ketahui. Dikesempatan kali ini kami akan menjelaskan pengertian dan beberapa kekurangan dan kelebihan ubuntu. Sebelum kalian ingin mencobanya langsung saja simak artikel berikut ini.

 

Apa Itu Ubuntu

Apa Itu Ubuntu
Apa Itu Ubuntu

 

Ubuntu adalah open source distribusi Linux berbasis Debian . Disponsori oleh Canonical Ltd., Ubuntu dianggap sebagai distribusi yang baik untuk pemula. Sistem operasi dimaksudkan terutama untuk komputer pribadi (PC) tetapi juga dapat digunakan pada server . Kata “ubuntu” berasal dari bahasa Zulu Afrika dan diterjemahkan sebagai “kemanusiaan bagi orang lain.”

Versi utama Ubuntu menggunakan GNOME (GNU Network Object Model Environment, diucapkan gah-NOHM), antarmuka pengguna grafis ( GUI ) dan serangkaian aplikasi desktop untuk Linux. GNOME dimaksudkan untuk membuat Linux mudah digunakan bagi yang bukan pemrogram dan mirip dengan antarmuka desktop Windows .

Beberapa varian Ubuntu tersedia di samping distribusi regular :

  1. Ubuntu Server Edition
  2. Ubuntu Studio, untuk aplikasi multimedia
  3. Edubuntu, untuk institusi pendidikan dan home schooling
  4. Kubuntu, versi yang menggunakan KDE (Kool Desktop Environment), bukan GNOME
  5. Xubuntu, untuk komputer dengan daya pemrosesan terbatas
  6. JeOS (hanya cukup OS), versi ringan untuk peralatan virtual

 

Kelebihan dan Kekurangan Ubuntu

Berikut beberapa kelebihan dari Ubuntu :

  • Sistem Operasi Gratis untuk Komputasi Pribadi dan Perusahaan

Salah satu keunggulan Ubuntu adalah Ubuntu adalah sistem operasi open-to-download dan open-source. Dengan kata lain, tidak seperti Microsoft Windows dan macOS dari Apple, individu dan organisasi dapat memiliki dan memelihara komputer yang berfungsi tanpa perlu membayar lisensi perangkat lunak atau membeli perangkat eksklusif.

 

  • Bekerja di Berbagai Perangkat atau Platform Komputer

OS dapat diinstal di banyak perangkat, termasuk komputer Windows dan komputer Mac. Ini juga berfungsi pada server jaringan, dan perangkat IoT dan robot, serta dalam lingkungan komputer yang ditiru atau divirtualisasi melalui mesin atau wadah virtual.

 

  • Sistem Operasi yang Baik untuk Komputasi Desktop

Keuntungan lain dari Ubuntu adalah bahwa ia relatif dapat bersaing dengan Windows dan macOS, terutama dalam menyediakan pengguna dengan pengalaman komputasi desktop yang lengkap. Sebagai permulaan, edisi Desktop dilengkapi dengan aplikasi produktivitas kantor dari LibreOffice

 

  • User-Friendly dengan Kustomisasi Tingkat Tinggi

Siapa pun yang memiliki pengetahuan dasar tentang komputer dapat dengan mudah menginstal OS ini dan mengatur seluruh sistem komputernya.

 

  • Persyaratan Perangkat Keras atau Sistem Minimal

Ubuntu default tidak memerlukan persyaratan sistem kelas atas tidak seperti versi terbaru Windows dan macOS. Konfigurasi perangkat keras yang disarankan adalah prosesor minimal 700 MHz, RAM 512MB, dan ruang penyimpanan 5GB. Perhatikan bahwa rasa khusus seperti Lubuntu dan Xubuntu dikembangkan dan dioptimalkan untuk spesifikasi perangkat keras kelas bawah.

  • Dukungan berkelanjutan dari Pengembang dan Komunitas

Ingat bahwa OS adalah open-source. Salah satu dari banyak manfaat perangkat lunak open-source adalah bahwa ada komunitas aktif yang dapat membantu memperbaiki bug atau memperkenalkan pembaruan atau fitur baru dengan lebih cepat dan lebih efisien. Komunitas yang sama dapat membantu pengguna dengan pemecahan masalah dan persyaratan penyesuaian.

Berikut beberapa kekurangan dari Ubuntu :

  • Fungsi Terbatas Karena Aplikasi Terbatas

Salah satu kelemahan utama Ubuntu adalah pilihan aplikasi yang terbatas. Meskipun OS ini gratis dan sejumlah aplikasi juga gratis untuk diunduh, rekanan di Windows dan macOS jauh lebih baik. Pengembang besar juga lebih suka mengembangkan untuk Microsoft Corporation dan Apple Inc. karena mereka memiliki basis pengguna yang lebih besar.

 

  • Juga Memiliki Judul Game Terbatas dan Tidak Mengesankan

Ini bukan sistem operasi untuk penggemar game. Ada beberapa judul gim yang tersedia untuk sistem operasi berdasarkan distribusi Linux, dan banyak di antaranya tidak mengesankan. Sebagian besar game yang tersedia untuk OS ini terlalu sederhana atau dengan kata lain, mereka tidak memiliki gameplay yang canggih dan pengalaman grafis yang mendalam.

 

  • Masalah Tentang Kompatibilitas Perangkat Lunak dan Perangkat Keras

Beberapa pengguna telah melaporkan masalah driver atau kompatibilitas antara sistem operasi dan spesifikasi perangkat keras komputer mereka. Kadang-kadang ada cerita tentang driver kartu nirkabel yang tidak berfungsi atau printer tidak terhubung ke komputer karena masalah perangkat keras yang tidak dikenal. Namun demikian, ini merupakan kelemahan kritis lain dari Ubuntu.

 

  • Ada Alternatif Sistem Operasi Linux Yang Lebih Baik

Pengguna Linux yang berpengalaman akan setuju bahwa Ubuntu bukan distribusi Linux terbaik. Beberapa orang berpendapat bahwa sistem operasi Debian menawarkan penyesuaian yang lebih baik dan pengalaman yang lebih stabil. Ini juga berjalan secara efisien di bawah konfigurasi perangkat keras yang ringan. Ingat bahwa Ubuntu didasarkan pada Debian.

 

  • Masalah tentang Komersialisasi versus Open Source

Salah satu kritik utama Ubuntu adalah komersialisasi yang tampak. Canonical tampaknya bergerak sedikit lebih jauh dari identitas open-source OS dengan setiap pembaruan. Alih-alih bekerja dengan komunitas open-source, perusahaan bekerja sendiri hampir sepanjang waktu, sehingga kehilangan keuntungan menerima input gratis dari ratusan pengembang.

Nah, itulah pengertian dari Sistem Operasi Ubuntu beserta beberapa kekurangan dan kelebihannya. Semoga setelah membaca artikel ini, pemahaman kalian mengenai system operasi Ubuntu ini menjadi lebih luas. Sekian dari kami, terima kasih.

 




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*