Rumus Excel Untuk Persen

Rumus Excel Untuk Persen
Rumus Excel Untuk Persen

Rumus Excel Untuk Persen – Microsoft Office seringkali digunakan untuk merekap data ataupun melakukan penganalisaan terhadap data. Aplikasi yang paling sering digunakan untuk hal ini adalah Microsoft Excel. Dalam Excel terdapat banyak fitur untuk membantu kita dalam melakukan pengerjaan suatu projek, salah untuk membuat persen.

Microsoft excel memiliki rumus untuk menghitung presentase dengan akurat. Persentase merupakan salah satu sistem matematika yang cukup banyak digunakan di Microsoft Excel untuk berbagai tujuan. Beberapa penggunaan umum dari persentase di Excel meliputi:

– Analisis Data : Dalam analisis data, sering digunakan buat menunjukkan beberapa bagian dari keseluruhan.

– Penghitungan Kinerja : Juga digunakan menghitung pencapaian dalam berbagai metrik.

– Keuangan : Sering digunakan menghitung persentase pertumbuhan investasi, tingkat bunga, atau persentase laba bersih terhadap pendapatan.

– Presentasi dan Laporan : Biasanya digunakan untuk memberikan informasi yang secara visual kepada audiens.

– Perencanaan Anggaran : Membandingkan pengeluaran dengan pendapatan

– Analisis Komparatif : Digunakan untuk analisis komparatif membandingkan performa relatif dari beberapa item atau periode waktu yang berbeda.

 

Rumus Excel Untuk Persen

 

Rumus Excel untuk menghitung persentase biasanya melibatkan pembagian nilai tertentu dengan total atau nilai dasar, lalu hasilnya dikalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase dalam bentuk angka.

Berikut adalah cara umum untuk menghitung persentase dalam Excel:

Persentase dari dua nilai: Misalkan Anda memiliki dua nilai, misalnya A1 dan B1. Untuk mendapatkan persentase dari A1 terhadap B1, gunakan rumus berikut:

Rumus Persen Excel
Rumus Persen Excel

Di sini, A1 adalah nilai yang ingin Anda ubah menjadi persentase, dan B1 adalah nilai total atau dasar yang digunakan sebagai pembagi.

Format hasil sebagai persentase: Setelah menggunakan rumus di atas, pastikan untuk memformat sel yang berisi hasil agar ditampilkan sebagai persentase. Anda bisa melakukannya dengan cara:

  1. Klik kanan pada sel yang berisi hasil.
  2. Pilih “Format Cells…”
  3. Di bawah tab “Number”, pilih “Percentage” dan tentukan jumlah desimal yang diinginkan.

Contoh:
Jika A1 = 80 dan B1 = 100, maka rumusnya akan menjadi:

Rumus Persen di Excel
Rumus Persen di Excel

Dengan langkah-langkah di atas, Anda bisa menghitung dan menampilkan persentase dari nilai-nilai dalam lembar Excel dengan mudah.

About Alif Maulana 4036 Articles
Profesional Wordpress dan Teknologi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*