Perbedaan Domain dan URL




Perbedaan Domain dan URL
Perbedaan Domain dan URL

Perbedaan Domain dan URL – Saatnya untuk mendapatkan nama domain impian Kalian dan mulai membangun situs web pertama Kalian. Tapi, hanya ada satu masalah. Ada begitu banyak istilah teknis yang berbeda; mungkin sulit untuk mencari tahu apa yang Kalian butuhkan dan apa yang tidak Kalian butuhkan sebelum Kalian dapat memulai dengan pendaftaran domain Kalian.

Dua dari yang mungkin Kalian temui adalah nama domain dan URL. Seringkali, Kalian akan melihat ini mengacu pada hal yang sama, tetapi sebenarnya hal-hal itu berbeda.

Jangan khawatir. Posting ini akan menghapus semua perbedaan dan persamaan antara URL vs nama domain, sehingga Kalian dapat menemukan nama domain dan membangun situs baru Kalian.

 

Perbedaan Domain dan URL
Perbedaan Domain dan URL

Di bawah ini Kalian akan belajar tentang perbedaan antara URL vs nama domain, mengapa mereka digunakan, dan aplikasi mereka yang berbeda, sehingga Kalian dapat mengatur domain dan situs web dengan cara yang benar. Ayo gali!

Apa itu URL?

URL adalah singkatan dari Universal Resource Locator, tetapi Kalian hampir selalu mendengarnya disebut sebagai URL.

Saat Kalian melihat bilah alamat browser Kalian, Kalian akan melihat seluruh URL ditampilkan. Ini mencakup semua informasi yang diperlukan untuk menemukan halaman yang tepat di situs web.

Misalnya, seluruh URL untuk blog ini adalah https://metodeku.com/jelaskan-apa-perbedaan-antara-save-dan-save-as/

Kalian akan melihat bahwa nama domain (metodeku.com) termasuk dalam URL. Tapi, itu hanya satu bagian dari keseluruhan URL. Kalian dapat menganggap URL sebagai peta yang dapat diikuti oleh peramban Kalian untuk mengakses halaman, sumber daya, atau gambar yang tepat di server web.

Komponen penting dari URL mencakup ekstensi domain atau Top Level Domain (TLD), nama domain, dan Protokol Transfer Hiperteks Aman, yang adalah ‘https: //.’

Apa itu Nama Domain?

Nama domain mungkin tampak sederhana, tetapi tidak semudah itu, terutama jika Kalian baru saja mulai daring. Nama domain ada untuk membuat situs web lebih mudah diakses oleh Kalian dan pengunjung Kalian.

Sederhananya, nama domain adalah alamat yang Kalian ketikkan di bilah alamat untuk mengakses situs web. Misalnya, nama domain untuk situs web ini adalah metodeku.com, sedangkan nama domain untuk Google adalah google.com.

Nama domain adalah bagian penting dari merek online Kalian dan harus diingat oleh pengunjung Kalian.

Untuk memiliki situs web yang dapat diakses oleh pengguna web biasa, Kalian memerlukan nama domain dan host. Ketika pengunjung mengetikkan nama domain Kalian ke bilah alamat, browser web akan berkomunikasi dengan host yang ditunjuk domain dan akan melayani pengunjung situs web terkait.

Jika itu terdengar sedikit rumit, mari kita lihat contoh ini:

Pikirkan nama domain Kalian sebagai nomor ponsel Kalian. Ketika seseorang ingin menghubungi Kalian, mereka memutar nomor Kalian, dan Kalian mendengarnya berdering di telepon fisik Kalian. Dalam skenario ini, nomor telepon Kalian adalah domain, dan ponsel Kalian adalah situs web Kalian.

URL vs. Domain: Perbedaan Utama

Meskipun Kalian mungkin menemukan bahwa istilah URL dan nama domain digunakan secara online bergantian, mereka tidak sama.

Berikut adalah dua perbedaan utama antara nama domain dan URL.

  • URL adalah Alamat Web Lengkap

URL adalah alamat internet lengkap yang dapat menemukan domain tertentu atau halaman individual pada domain tertentu. Ini memberikan browser web dengan semua informasi yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan menampilkan halaman tertentu, sumber daya, atau sepotong media, seperti gambar.

Nama domain, di sisi lain, adalah bentuk URL yang lebih sederhana, dan digunakan sebagai pengganti alamat IP teknis. Perannya adalah untuk memudahkan mengakses situs web yang diberikan. Nama domain adalah merek dan juga dapat merujuk ke nama bisnis.

 

  • URL Memberikan Informasi Lebih Lanjut

Nama domain hanyalah satu aspek dari sebuah URL. Tanpa elemen teknis URL lainnya, nama domain tidak luar biasa berharga. Misalnya, jika Kalian hanya mengetikkan nama domain di browser web Kalian, akhirnya Kalian akan melakukan pencarian kata kunci untuk nama domain itu. Kalian masih dapat mengakses situs, tetapi Kalian harus menyisir hasil pencarian terlebih dahulu.

URL adalah jalur lengkap dan menyediakan semua informasi yang diperlukan untuk mengakses situs web yang diberikan.

Nah, sampai disini dulu ya penjelasannya. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kalian semua yang mampir di website ini. Sekian dan terima kasih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*