Pengertian Dan Fungsi Kartu VGA




pengertian-dan-fungsi-kartu-vga
pengertian-dan-fungsi-kartu-vga

Pengertian Dan Fungsi Kartu VGA – Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Kartu VGA. Orang-orang menyebut Kartu ini dengan berbagai macam sebutan diantaranya adalah video card, dispay card, video adapter, dll. Fungsi utama dari Kartu VGA ini adalah untuk memproses hasil output ke dalam layar monitor. Untuk memahami lebih detailnya simaklah ulasan berikut ini…

Pengertian Dan Fungsi Kartu VGA

fungsi-kartu-vga
fungsi-kartu-vga

Pengertian Kabel VGA

VGA adalah sebuah hardware komputer yang dipakai untuk mengolah dan menerjemahkan sebuah data grafik komputer ke layar monitor. Di dalam kartu VGA terdapat sebuah GPU (Graphics Processing Unit) yang digunakan sebagai processor namun juga memerlukan sebuah memori.

 

Fungsi Kartu VGA

Kartu VGA mempunyai fungsi khusus yaitu untuk mengolah sebuah data grafik atau sinyal digital yang terdapat di dalam sebuah komputer kemudian mentransfernya ke dalam layar monitor sehingga muncul sebuah tampilan grafik.

Pada dasarnya, sebuah komputer yang mempunyai memori kartu VGA dengan ukuran yang besar mampu dipakai untuk :

  • Memperjelas dan mempercepat representasi grafis pada game contohnya Dota.
  • Meningkatan tampilan kombinasi warna, grafik, dan juga kecepatan transfer grafik.
  • Mempertajam dan menjernihkan tampilan komputer.
  • Mampu melakukan pengaturan pada jendela opsi grafik.

Jenis-Jenis VGA Card

Jika dilihat berdasarkan  pengelompokan memorinya kartu VGA dibagi menjadi beberapa macam, yaitu :

  1. EDO RAM

Kartu RAM EDO VGA biasa dipakai di komputer dengan kartu grafis 64-bit. Kartu ini mempunyai kecepatan 60 ns-35 ns, yang terintegrasi dalam Diamond Stealth 2000 3D, winfast s28o atau 2600 kartu VGA 3D, ATI Mach 64 dan lainnya.

  1. SGRAM (VRAM)

Kartu RAM grafik sinkron (SGRAM) biasa dipakai komputer dengan kartu grafis kelas atas. Contohnya komputer untuk akselerator 3D. kecepatan dari kartu SGRAM adalah kurang dari 10 ns, jadi sering dipakai pada kartu VGA seperti Diamond Stealth II s220, Mystic 3D Matrox, ASUS 3D Explore, dll.

  1. Dynamic RAM (DRAM)

Kartu DRAM VGA sering dipakai pada komputer serba guna yang tidak terlalu cepat dan juga mempunyai banyak sekali option warna. Biasanya kecepatan dari DRAM adalah 80 ns atau 70 ns tertanam dalam kartu VGA 16-bit, 8-bit, dan 32-bit.

  1. RAMBUS

Kartu VGA jenis ini biasa dipakai di sebuah mesin video game layaknya Sega atau Nitendo. Oleh karena itu kartu ini dibuat terbatas oleh Creative Labs.

 

Jika dilihat berdasarkan bentuk fisiknya kartu VGA dibagi menjadi beberapa macam, yaitu :

  1. VGA Card ISA (1981 ISA 8 bit, 1984 ISA 16 bit)

ISA VGA adalah sebuah kartu VGA lama yang memasang slot pada bus arsitektur standar industry (ISA) pada sebuah komputer yang memakai sistem 8-bit ataupun 16-bit. Kartu jenis ini mempunyai kecepatan yang lambat dan juga kombinasi warna yang terbatas.

  1. VGA Card PCIe (PCIe 2004)

Kartu VGA jenis ini mampu dipakai dengan Periferal Component Interconnect Express (PCIe) seri sistem I atau O perangkat seri (PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x) digabungkan. Sistempada kartu ini memberi sebuah kecepatan transfer hinggan 32GB / s dan menggabungkan sebuah perangkat teknologi baru yang diinstal guna menjadi perangkat antarmuka.

  1. PCI Card VGA (1933 32-bit dan 64-bit)

Kartu VGA jenis ini dipasang di slot PCI dari bus yang terdiri dari komputer 32-bit dan 64-bit. Pada komputer generasi saat ini kartu ini sangat jarang digunakan

  1. Kartu VGA EISA (1988 32-bit EISA)

EISA VGA adalah jenis kartu VGA yang dilengkapi dengan slot instalasi untuk arsitektur standar industri yang diperluas (EISA) pada komputer 32-bit. Kartu VGA ini mempunyai sebuah kualitas transmisi data, kehalusan gambar, dan juga kombinasi warna di bawah maksimum.

  1. VGA AGP Card

VGA AGP adalah salah satu jenis kartu VGA yang mampu dipasang d slot AGP (Accelerate Graphics Port) pada komputer 128-bit atau 256-bit. Kartu ini hanya mampu dipasang di slot AGP pada motherboard. Oleh karena itu, memori VGA AGP ini mampu dimaksimalkan untuk meningkatkan transfer data grafik dari CPU ke monitor.

Demikian itu tadi adalah pengertian dari kartu VGA beserta fungsi dan juga jenis-jenisnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberikan tambahan pengetahuan.

Sekian dan terima kasih…




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*