Perbedaan Capslock Dan Shift




Perbedaan Capslock Dan Shift

Perbedaan Capslock Dan Shift – Bila kita sering menggunakan komputer ataupun laptop, pastinya kita tidak akan asing dengan kata “Capslock” dan “Shift” yang sering kita temukan pada tombol keyboard yang kita gunakan untuk menggetik. Tahukah kamu bahwa tombol-tombol tersebut memiliki fungsi yang lebih dari sekadar tombol yang biasanya kita gunakan? Maka, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa saja sebenarnya perbedaan fungsi tombol Capslock dan Shift.

Sebelum membahas perbedaan Capslock dan Shift, mari kita kenal lebih dahulu mengenai masing-masing tombolnya;

Perbedaan Capslock Dan Shift
Perbedaan Capslock Dan Shift
  • Capslock

Capslock, pada awalnya diciptakan untuk membantu peran tombol Shift Lock, menurut penjelasan di Wikipedia. Pada masa lalu, penggunaan tombol Shift dan Lock sangat merepotkan pengguna mesin ketik atau computer. Oleh karenanya ide Caps Lock diciptakan. Di awal penciptaannya, tombol Capslock dapat memperbesar semua huruf, angka, dan simbol lainnya. Namun, ketika keyboard QWERTY diciptakan, maka fungsi Capslock terbatas untuk huruf saja. Selanjutnya, dari tahun ke tahun, tombol Caps Lock selalu disertakan dalam sebuah keyboard. Tapi, pada tahun 2006 silam, sebuah keyboard bernama Colemak dibuat yang mana pada keyboard-nya membuang tombol ini, dan di tahun berikutnya XO-1 Computer membuat desain proyek OLPC yang juga menghilangkan tombol Caps Lock.

Jika saat menggunakan komputer kita menekan tombol Capslock, maka lampu indikator Capslock yang ada pada keyboard menyala. Hal ini menandakan bahwa kita bisa menggunakan mode semua huruf besar atau semua huruf kapital. Jika kita menekan lagi tombol tersebut dan lampu indikator mati, maka keyboard dalam mode seperti biasa atau semua huruf kecil.

 

  • Shift

Tombol yang satu ini mampu membuat tulisan sesuai dengan aturannya. Ada banyak fungsinya yang memudahkan kita bekerja. Berikut akan dibeberkan beberapa fungsi pentingnya;

  1. Membuat huruf capital: tekan tombol “Shift” ini bersamaan dengan huruf yang ingin dibuat menjadi kapital. Hasilnya akan langsung terlihat di layar.
  2. Memunculkan karakter yang ada di bagian atas tombol: dengan menekan tombol “Shift” dan pilihan deretan angka yang biasanya berada di bagian atas keyboard, kita bisa membuat ketikan berbagai karakter. Contohnya;
  • Shift + 1 = ! (tanda seru)
  • Shift + 2 = tanda @
  • Shift + 3 = tanda #
  • Shift+ 4 = tanda $
  • Shift + 5 = tanda %
  • Dan seterusnya.

Atau, saat kita ingin membuat suatu print screen tampilan layar komputer, bisa juga menggunakan tombol ini. Caranya, yaitu; tekan “Shift”, jangan dilepas. Lalu, cari tombol “Prt Sc” yang ada di bagian kanan atas tombol.

  1. Membuat garis lurus: fungsinya bisa kita temukan saat menggunakan aplikasi Micrsosoft Office Powerpoint. Misalnya, saat kita ingin membuat suatu garis. Silahkan pilih dulu garisnya dan kemudian tekan tombol shift, dan arahkan kursor ke arah manapun. Maka, garis yang terbentuk akan lurus tanpa bengkok. Cara ini sangat memudahkan ketika ingin menghasilkan garis yang tidak ada serong kanan atau kiri. Atau, jika ingin membuat lingkaran. Caranya, yaitu; coba pilih gambar elips pada Powerpoint. Tekan “shift”, jangan dilepas. Lalu, tarik kursor dan terbentuklah lingkaran super bulat.
  2. Garis baru tanpa nomor di bullet numbering pada penulisan rangkaian kalimat di Microsoft Office Word.
  3. Mengubah kata, kalimat menjadi kapital atau tidak; ini digunakan ketika mengetik di word. Kita dapat mengubah satu kata bahkan beberapa kalimat atau satu halaman. Pertama, tekan kombinasi tombol “Shift + F3″secara bersamaan setelah mem-blok kata atau kalimat yang ingin diubah. Kemudian, lihatlah bagaimana huruf-hurufnya berubah menjadi kapital saja, kapital pada huruf pertama atau huruf kecil semua.
  4. Blok cepat: caranya dengan menekan tombol “Shift” dan mengeser (drag + drop) kursor dalam wkatu bersamaan.

Jadi, inti perbedaan fungsi tombol Capslock dan Shift, yaitu untuk “Capslock”, cukup dengan sekali tekan, semua huruf yang diketik akan menjadi huruf kapital sampai tombol itu dinonaktifkan. Sedangkan, pada tombol “Shift” untuk membuat huruf kapital, tombol harus ditekan terus. Oh ya, tak lupa bila menggunakan tombol Capslock, maka lampu indikator Capslock pada keyboard akan menyala. Sedangkan, bila menggunakan tombol Shift, maka lampu indikator Capslock pada keyboard tidak menyala.

 

Perbedaan Capslock Dan Shift 

 

Itulah perbedaan fungsi tombol Capslock dan Shift. Mengingat letak Capslock dan Shift yang berdekatan, kadang-kadang itu membingungkan kita sebagai pengguna atau pengetik. Kegunaannya pun hampir tidak dapat dibedakan satu sama lain. Tapi, semoga dengan apa yang sudah dijelaskan diatas dapat membuat kamu mengerti mengenai perbedaan fungsi tombol Capslock dan Shift.

 

Demikian sekiranya yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini mengenai apa saja perbedaan fungsi tombol Capslock dan Shift. Semoga dapat bermanfaat.




About Alif Maulana 143 Articles
Profesional Wordpress dan Teknologi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*