Pengertian Dan Fungsi Kabel Fiber Optic




pengertian-kabel-fiber-optic
pengertian-kabel-fiber-optic

Pengertian Dan Fungsi Kabel Fiber Optik – Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan kabel fiber optic? Mungkin sebagian dari kalian sudah banyak yang mengenal kabel ini, tapi mungkin sebagian juga belum faham. Nah untuk menambah wawasan, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dari kabel fiber optic dan apa saja fungsinya.

Pada sebuah jaringan komputer pastilah dilengkapi dengan beberapa komponen pendukung. Komponen pendukung tersebut terdiri dari server, switch dan juga kabel. Kabel disini fungsinya untuk menyalurkan dan juga menghubungkan data. Jenis kabel yang sering dipakai untuk instalasi  jaringan komputer adalah kabel Coaxcial dan Kabel Twisted karena kemampuan dan juga kecepatannya yang cukup maksimal. Oke langsung saja ya kita ulas tentang pengertian dan juga fungsi dari kabel fiber optic.

Pengertian Dan Fungsi Kabel Fiber Optic

fungsi kabel fiber optik
fungsi kabel fiber optik

Kabel fiber optic atau yang sering disebut dengan kabel fo adalah sebuah kabel transmisi yang terbuat dari serat kaca yang sangat halus yang dicampur dengan bahan plastic, dan proses transmisinya memanfaatkan pembiasan cahaya. Cahaya yang dipakai ini adalah laser karena spectrumnya yang lumayan sempit.

Ada juga yang mengatakan bahwa kabel fo ini memiliki kegunaan untuk mengubah sinyal listrik menjadi cahaya yang nantinya akan dialirkan antar titik.

Mode transmisi disini terdiri dari Single mode dan juga Multi mode. Apa bedanya kedua transmisi ini? Bedanya adalah jika single mode memakai sinar laser, sedangkan multi mode memakai media LED.

Fungsi Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optic ini pada umumnya memiliki kegunaan yang sama layaknya kabel lainnya. Kegunaannya yaitu untuk menghubungkan antara satu perangkat jaringan dengan perangkat jaringan yang lainnya. Perbedaannya hanyalah kecepatan akses datanya yang lebih cepat. umumnya kabel ini dipakai untuk operator telekomunikasi serta jaringan yang memerlukan transfer tinggi.

Kecepatan transfer datanya mencapai Gigabyte per detik. Namun kabel ini jarang digunakan oleh sembarang orang dikarenakan harganya yang juga cukup mahal. Biasanya lebih sering dipakai di perusahaan besar contohnya perusahaan pengembang Wi-Fi atau Perusahaan yang menyediakan sebuah layanan internet.

Demikian itu tadi adalah sedikit ulasan tentang apa itu kabel fiber optic dan juga beberapa fungsinya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sekian dan terima kasih….




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*