Macam-macam Resolusi Layar Monitor




Macam-macam Resolusi Layar Monitor
Macam-macam Resolusi Layar Monitor

Macam-macam Resolusi Layar Monitor – Satu hal yang paling sering disebut sebut kalau ngobrolin layar adalah resolusi. Tapi apa itu resolusi sebenarnya?

Secara umum, angka resolusi yang lebih besar menandakan tampilan lebih bagus. Hal lain yang perlu diketahui disini adalah ukuran layar (inci), jumlah pixel, dan kepadatan pixel atau Pixels Per Inch (ppi).

Macam-macam Resolusi Layar Monitor

Macam-macam Resolusi Layar Monitor
Macam-macam Resolusi Layar Monitor

Kalau anda tahu ukuran layarnya, anda bisa hitung berapa jumlah pixel yang terdapat di setiap inci persegi nya: pixels per inch (ppi), atau lebih sering disebut sebagai densitas pixel.

Densitas pixel inilah yang sebenarnya menentukan seberapa ‘halusnya’ gambar yang akan tampil di layar. Tapi sebelum bisa kesitu, kita harus paham dulu tentang resolusi dan berbagai jenis layar.

Secara umum ada 4 resolusi layar yang populer di perangkat digital:

  • HD (1280 x 720)
  • FHD / Full HD (1920 x 1080)
  • QHD / Quad HD / 2K (2560 x 1440)
  • UHD / Ultra HD / 4K (3840 x 2160)

 

  1. Resolusi HD (720p)

HD adalah singkatan dari High Definition. HD berarti pixelnya 1280 x 720. Sesimpel itu. Berapapun ukuran layarnya, kalau resolusinya 1280 x 720 ia akan disebut HD.

Mungkin anda sudah menduga, semakin besar layarnya semakin jelek dong gambarnya karena densitas pixelnya kecil? Benar. Oleh karena itu, tidak semata mata layarnya HD lalu dibilang bagus. HD di layar 5 inci akan tampak lebih bagus dibanding HD di layar 10 inci (ukuran layar adalah jarak diagonal terjauh).

Sebagai contoh, layar 4.3 inci memiliki densitas 342 ppi, sementara di layar 4.7 inci densitasnya akan turun ke 312 ppi, padahal sama sama layar HD.

Menurut Apple, 300 ppi adalah titik enak alias titik kenikmatan untuk mata. Karena di densitas itu mata manusia mulai sulit membedakan pixel secara individual.

  1. Resolusi Full HD (1080p)

Full HD adalah kelanjutannya dan sekarang sudah menjadi standar resolusi layar di pasaran. Full HD adalah 1920 x 1080 pixel. Tapi sama saja, densitas pixel akan tergantung pada ukuran layar (inci).

Hampir semua laptop menggunakan 1080p sebagai resolusi native-nya. Oleh karena itu, 1080p masih menjadi yang terfavorit untuk nonton film, atau main game berat dengan grafik realistis.

  1. Resolusi Quad HD (2K)

QHD atau Quad HD memiliki definisi empat kali lipat dibanding HD Standar. Itu berarti anda bisa memasukkan jumlah pixel empat biji layar HD kedalam satu layar QHD dengan ukuran sama.

Resolusi pixel QHD adalah 2560 x 1440.

Definisi seringkali disebut dengan angka terkecil dari suatu resolusi. HD sering disebut 720p, Full HD adalah 1080p. Meskipun begitu, di QHD, sebutan 2K datang dari angka pixel yang lebih besar, yaitu lebih besar dari 2000 pixel.

  1. Resolusi Ultra HD atau 4K

Anda mungkin sudah menebak, nama 4K datang dari resolusinya yang lebih dari 4000 pixel. 4K adalah 4096 pixel, dan Ultra HD adalah 3840 pixel.

Ultra HD adalah 3840 x 2160, sementara 4K adalah 4096 x 2160. Mereka biasanya disingkat menjadi 2160p berhubung perbedaan jumlah pixelnya tidak begitu besar.

Belum ada persaingan yang ketat antar merk dalam merilis layar 4K. Ini kemungkinan besar disebabkan oleh konsumsi daya yang sangat besar pada layar 4K, ditambah lagi sekarang pilihan hp dengan baterai yang tahan lama semakin sedikit saja. Sebagian besar hp akan habis baterainya sebelum satu hari dalam penggunaan normal.

  • Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan bahwa layer monitor memiliki beberapa resolusi, namun setiap resolusi memiliki kriteria masing masing dan juga harus sesuai dengan ukuran layer agar bagus hasilnya.

 

Selamat Membaca!!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*