Jelaskan Perbedaan Antara Paste Dengan Paste Special




Jelaskan Perbedaan Antara Paste Dengan Paste Special – Bila anda sering menggunakan program aplikasi Micrsosoft Office, baik itu Office Word ataupun Office Excel, pastinya anda sudah sering menggunakan yang namanya Paste dan Paste Special. Paste maupun Paste special merupakan sama-sama sebuah perintah penyalinan data dari perintah Copy maupun Cut. Tetapi, yang butuh diperhatikan juga merupakan perbedaan antara kedua tool Paste dan Paste Special tersebut. Maka dari itu, selanjutnya kami akan jelaskan perbedaan antara Paste dengan Paste Special.

Secara sederhana, perbedaan paste dengan paste special terletak pada fungsi dasar tool-nya. Yaitu;

  • Paste itu untuk menduplikat atau menampilkan semacam apa yang di-copy (apa adanya)
  • Sedangkan, Paste Special dapat dikostumisasi apa yang akan atau bagaimana akibat copy itu ditampilkan. Misalnya anda ingin menduplikat copain untuk di jadikan gambar, faktor ini dapat saja diperbuat apabila anda memilih tool Paste Special ini.

 

Jelaskan Perbedaan Antara Paste Dengan Paste Special

 

Jadi, Paste Special merupakan salah satu tool yg fungsinya hampir sama dengan tool Paste, tetapi Paste Special ini lebih kompleks fungsinya daripada tool Paste biasa. Setelah memilih “Paste” saja berarti akibat copy alias cut akan menghasilkan data text alias gambar seadanya tanpa ada customisasi lebih lanjut. Berbeda halnya apabila anda memilih “Paste Special”. Diantara fungsinya, yaitu untuk menerapkan atau menempatkan sebuah teks maupun objek kedalam format lain.

Ada juga tool satu lagi yang tidak hanya Paste, Paste special, yaitu Paste As Hyperlink;. Adapun fungsinya hampir sama dengan tool paste, yaitu untuk menerapkan atau menempatkan teks ataupun objek ke dalam format link yg saling berafiliasi dengan teks ataupun objek tersebut.

Letak tool Paste dan Paste Special ini pada Microsoft Office Word yakni di menu tab “Home”, lalu pilih pada tanda panah pada sub menu “Paste” di bawahnya. Disitu tersedia pilihan tiga tools tersebut. Pada pilihan “Paste Special”, jika anda memilih salah satu dari menu opsi untuk customisasi, maka perlu diketahui hal-hal berikut ini:

  • Jika memilih Microsof Office Word Document Object, teks akan menjadi sebuah objek. Jadi, teks tersebut tak dapat anda edit lagi, tetapi dapat diperbesar ataupun diperkecil layaknya sebuah object gambar alias gambar.
  • Apabila anda memilih “Formatted text” jadi, akibat tetap tetap berupa teks atau berformat teks.
  • Sedangkan, jika memilih “Unformatted text” alias teks yg belum diformat, tetap dapat juga di-edit.
  • Jika memilih “Picture (windows metafile) dan Picture (enhanced metafile), maka teks akan menjadi sebuah gambar.
  • Dan, jika memilih “Unformatted unicode text”, maka tetap sama yaitu hanya berupa teks.

 

Itulah yang perlu kami jelaskan perbedaan antara paste dengan paste special yang ada di program pengolah kata Microsoft Office Word. Sedangkan, pada Microsoft Office Excel atau aplikasi pengolah angka, terdapat sedikit perbedaan. Hal yang membedakan adalah penggunaan Paste dengan Paste Special, yakni jika pada saat menyalin data menggunakan Paste, maka pada sel tujuan dilakukannya paste hasil yang akan diperoleh adalah format lengkap pada sel awal termasuk rumus formula yang terdapat, format sel, comment, atau dengan kata lain adalah pilihan All pada penggunaan opsi di fungsi “Paste Spesial”.

 

Sedangkan, jika menggunakan Paste Special, ketika dilakukan copy pada sel awal, anda bisa menyalin hanya nilai atau rumus atau comment atau opsi-opsi yang terdapat pada Paste Spesial. Fungsi paste special pada saat melakukan copy data adalah untuk menyalin suatu data pada suatu sel atau array berdasarkan opsi atau pilihan yang tersedia. Secara detail mengenai pilihan opsi-nya adalah sebagai berikut :

  • All => menyalin secara keseluruhan isi sel
  • Formulas => paste rumus fungsi yang ada pada sel tertentu
  • values => menaruh data pada sel tertentu, data tersebut berupa teks atau nilai sel
  • formats => menyalin format sel yang diinginkan
  • comments => menduplikasi komentar yang ada pada suatu sel
  • validation => menyalin aturan validasi.
  • All using Source theme => menyalin formula, value, format, comment, border, dan validation dengan menggunakan theme yang terdapat pada sumber (source).
  • All except borders => Menyalin formula, value, format, comment, dan validation. Namun tidak menyertakan garis batas (border).
  • Column widths => menyamakan lebar kolom sel yang diinginkan
  • Formulas and number formats => meniru rumus fungsi beserta data formatnya
  • Values and number formats => menyalin nilai berupa teks dan format sel

 

Cara menggunakan fungsi Paste Spesial pada Microsoft Excel adalah dengan memilih data sumber (bisa berupa sel / rentang sel), lalu copy dan klik kanan pada sel tujuan, kemudian pilih Paste Special.

Jelaskan Perbedaan Paste Dengan Paste Special
Jelaskan Perbedaan Paste Dengan Paste Special

Anda juga bisa memakai Shortcut dengan cara: pilih data sumber tekan Ctrl + C (tombol Ctrl dan tombol C secara bersamaan), kemudian arahkan cursor ke sel tujuan dan paste-kan dengan Alt + E,S (Tombol Alt dan tombol E secara bersamaan kemudian lepas lalu tekan tombol S).

 

Itulah yang dapat kami jelaskan perbedaan antara paste dengan paste special, baik pada program aplikasi pengolah kata Microsoft Word dan pengolah angka Microsoft Excel. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk anda.




About Alif Maulana 85 Articles
Profesional Wordpress dan Teknologi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*