Fungsi Android Studio




Fungsi Android Studio
Fungsi Android Studio

Fungsi Android Studio – Di antara kalian pasti ada yang masih bingung mengenai Android Studio. Bahkan baru kali ini mendengar Android Studio. Lalu apa sih Android Studio itu dan apa fungsinya? Yuk simak lebih lanjut artikel ini.

Android Studio adalah software resmi Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android. Android Studio ini didasarkan pada IntelliJ IDEA, lingkungan pengembangan terintegrasi Java untuk perangkat lunak, dan menggabungkan pengeditan kode dan alat pengembang.

 

Fungsi Android Studio

Fungsi Android Studio
Fungsi Android Studio

 

Untuk mendukung pengembangan aplikasi dalam sistem operasi Android, Android Studio menggunakan sistem build, emulator, code templates, dan integrasi Github berbasis Gradle. Setiap proyek di Android Studio memiliki satu atau lebih modalitas dengan source code dan resource file. Modalitas ini meliputi modul aplikasi Android, modul Perpustakaan, dan modul Google App Engine.

Android Studio menggunakan fitur Push Instan untusk mendorong perubahan code dan resource ke aplikasi yang sedang berjalan. Code editor membantu developer dengan menulis kode dan menawarkan penyelesaian, pembiasan, dan analisis kode. Aplikasi yang dibangun di Android Studio kemudian dikompilasi ke dalam format APK untuk diserahkan ke Google Play Store.

Perangkat lunak ini pertama kali diumumkan di Google I/O pada Mei 2013, dan stable build pertama dirilis pada Desember 2014. Android Studio tersedia untuk platform desktop Mac, Windows, dan Linux. Android Studio menggantikan Eclipse Android Development Tools (ADT) sebagai IDE utama untuk pengembangan aplikasi Android. Android Studio dan Perangkat Pengembangan Perangkat Lunak dapat diunduh langsung dari Google.

Kelebihan dan Kekurangan dari Android Studio

Kelebihan dan kekurangan dari Android Studio ini ditulis guna untuk pengembangan aplikasi Android. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Android Studio.

Kelebihan

  • Tidak ada masalah kompatibilitas dengan kode Java yang ada
  • Perawatan yang mudah
  • Lebih sedikit bug dan lebih sedikit waktu yang dibutuhkan dalam penjaminan kualitas
  • Reliable

Kekurangan

  • Pengembang mengeluh tentang kecepatan kompilasi yang lebih lambat sebagai kelemahan utama untuk bekerja dengan Kotlin.
  • Cukup baru dan inilah mengapa tidak semua pengembang Android ahli telah menguasainya sejauh ini.

Nah, artikel diatas telah menjelaskan tentang Android Studio. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Sekian, Terima kasih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*