Cara Untuk Menghemat Baterai Di Laptop Windows 10




Cara Untuk Menghemat Baterai Di Laptop Windows 10

Cara Untuk Menghemat Baterai Di Laptop Windows 10 – Walaupun teknologi smartphone telah sangat maju, terkadang sampai saat ini belum dapat menggeser sebuah posisi laptop untuk perangkat kerja andalan. Perkembangan teknologi laptop sangat terus berkembang pesat. Walau terkadang semua kecanggihan yang dimiliki belum diimbangi oleh kekuatan baterai laptop.

Hampir semua teknologi elektronik, semacam smartphone, tablet, dan juga laptop, masih mempunyai kekurangan yang tidak ada, merupakan kekuatan baterai, apabila kalian melihat laptop pada zaman sekarang, skemanya sangat bagus, tipis, dan ringan, akan sangat nyaman jika dibawa kemana mana untuk bekerja.

Cara Untuk Menghemat Baterai Di Laptop Windows 10

Di sisi performa, tidak usah diremehkan lagi. Laptop ini diberi sebuah teknologi atau kemampuan yang semakin canggih dan pintar. Namun seperti sudah saya bilang sebelumnya, kecanggihan dari laptop akan menjadi tidak berguna, apabila tidak diimbangi oleh kekuatan baterai yang mumpuni.

Kekurangan kekuatan baterai ini belum ada solusinya, sebab perangkat elektronik seperti laptop sangat tergantung pada sumber daya di baterai yang mempunyai batasan waktu. Seperti pemakaian, kalian harus pintar pintarnya untuk menghemat baterai laptop agar baterai laptop tetap terjaga.

Akan tetapi kali ini saya akan memberikan beberapa cara mengemat baterai laptop tetap terjaga. Berikut cara cara untuk menghemat baterai di laptop windows 10

  1. Aktifkan mode battery saver

Di sistem operasi windows 10 telah dilengkapi dua mode daya, yaitu mode penghemat daya atau disebut dengan battery saver dan mode normal. Tentu saja kalian menginginkan bateery laptop kalian sangat awet, maka mode battery saver yang harus kalian aktifkan. Di saat kalian mengaktifkan fitur ini, maka secara otomatis akan mengatur pemakaian daya laptop di windows 10

Secara otomatis, mode battery saver akan secara aktif ketika baterai laptop kalian tersisa 20%. Saat kalian sering bekerja, kalian disarankan untuk mengaktifkan power mode battery saver agar baterai laptop kalian awet dan tahan lama.

Bagaimana cara mengaktifkan power mode battery saver, Caranya sangatlah mudah, kalian tinggal mengeklik ikon baterai pada laptop kalian kemudian kalian tinggal mengaktifkannya

aktifkan power mode battery saver baterai laptop

Jika kalian sudah mengaktifkan power mode battery saver baterai laptop kalian awet dalam penggunaan.

  1. Power & Sleep

DI Windows 10, kalian dapat mengatur berapa lama layar akan mati secara otomatis saat laptop di kondisi idle atau tidak di pakai. Kalian dapat mengaturnya melalui cara di bawah ini.

  1. Silahkan kalian buka pengaturan

buka pengaturan pada laptop

  1. Setalah kalian membuka pengaturan selanjutnya kalian pilih system

system pada pengaturan

  1. Setelah itu klik power & sleep, kemudian atur waktu sesuai yang kalian inginkan

power & sleep

Cara ini sangatlah efisien untuk menghemat baterai, Sebab ketika kalian tidak sedang memakai laptop, daya baterai laptop, daya baterai laptop tidak terbuang percuma untuk menyalakan layar laptop. Kalian dapat mengatur layar akan mati secara default jika dalam 1 atau 2 menit laptop saat tidak di pakai.

  1. Matikan Live Tiles

Windows 10 memiliki fitur yang memukau, Live Tiles. Ini sangat memungkinkan kalian supaya mendapatkan sebuah informasi secara real-time. Walau terlihat canggih dan sangat menarik, tetapi mungkin tidak semua orang memerlukannya fitur Live Tiles.

Walau terkadang memakan kuota internet yang lumayan besar untuk menampilkan sebuah informasi, fitur ini dapat menguras daya baterai. Nah, jika kalian tidak terlalu membutuhkannya, disarankan kalian untuk menonaktifkan fitur ini.

Cara menonaktifkan ritur Lie Tiles, klik start menu dengan cara menekan logo pada windows di bagian pojok kiri bawah. Selanjutnya klik kanan di salah satu Tiles, selanjutnya kalian pilih opsi turn live tile off, dan kini fitur Live Tiles di laptop kalian sudah dinonaktifkan.

  1. Mematikan Aplikasi Di Background Apps

Tidak hanya dengan cara di atas, karena kalian dapat harus mematikan sejumlah aplikasi di background apps. Caranya sangatlah mudah cukup kalian ikuti langkah langkahnya di bawah ini

1. Pertama tama silahkan kalian membuka pengaturan di laptop kalian

buka pengaturan pada laptop

2. Selanjutnya klik privacy

privacy pada pengaturan

3. Setelah itu pilih background apps, kemudian nonaktifkan background apps yang tidak berguna

background apps

Ada beberapa contoh aplikasi background yang jarang di pakai, contohnya Groove Music, Get Office, Weather, dan Xbox, dll. Aplikasi aplikasi ini jika tidak pernah di gunakan. Semakn banyak aplikasi background yang kalian nonaktifkan, maka baterai laptop kalian akan sangat awat jika digunakan.

  1. Jaga Kebersihan Laptop

Masalah ini mungkin sangat sepele, Namun ini sangat membantu mempengaruhi daya tahan baterai laptop. Pada umumnya, air dan debu merupakan musuh utama perangkat elektronik, tidak terkecuali laptop. Jadi, ada baiknya jika kalian merawat dan menjaga laptop kalian supaya tetap bersih dan terawat.

Yang Perlu kalian perhatikan yaitu tempat untuk menaruh laptop. Terkadang karena gampang dibawa, kalian tidak memperhatikan di mana kalian harus meletakannya. Akibat bisa membuat sirkulasi panas laptop tidak lancar dan dampaknya dapat merusak komponen-komponen di laptop, termasuk baterai

Sekian dari artikel kali ini, jika ada salah atau kata kata kurang kalian bisa tuliskan di kolom komentar biar bisa di diskusikan bersama sama




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*