Cara Mengatur Layar Mati Di Laptop




Cara Mengatur Layar Mati Di Laptop

Cara Mengatur Layar Mati Di Laptop – Masih menjalankan pengunduhan sesuatu tetapi tidak dapat ditinggal sebab takut komputer atau laptopnya memasuk ke mode sleep secara otomatis? Atau terganggu karena layar komputer atau laptopnya sangat cepat mati? Kemudian ini merupakan teknik untuk mengatur atau merubah waktu kapan computer /laptop kamu mematikan layar dan kapan masuk ke mode sleep secara otomatis.

Pengaturan masa-masa sleep atau hibernate dengan masa-masa layar sleep ialah di sistem dan program yang berlangsung. Jika di mode layar mati, program yang lagi berlangsung (download, rendering, converting, playing, dll) bakal tetap berlangsung dan tidak terganggu dengan layar yang telah mati. Contohnya bila anda sedang mengerjakan download memakai google chrome dan juga memutar music di audio player seperti Windows media player. Dan pada saatnya masa-masa layar mati tiba (otomatis cocok pengaturan) maka layar bakal mati tetapi proses download yang sedang dijalankan bakal tetap berlangsung dan musik bakal tetap diputar berikut audio bakal tetap dapat didengar.

Cara Mengatur Layar Mati Di Laptop

namun jika sudah masuk ke mode hibernate atau sleep, seluruh program yang masih bekerja atau berlangsung sebagai yang habis diberikan contoh diatas bakal otomatis ikut berhenti, tidak perduli apa yang sedang dikerjakan dan seberapa urgen program itu. Seperti halnya jika kalian sedang mengerjakan converting (seperti merubah file video menjadi mp3) dan juga pada ketika yang bersamaan kalian dapat memutar musik di windows media player. Maka di saat sleep atau hibernate tiba, seluruh program yang sedang berjalan bakal terhenti secara terpaksa tanpa meminta persetujuan dari kalian sebagai pemakai (user).

Namun masih ada yang menanya bagaimana jika laptop kita telah terlanjur masuk ke mode sleep atau hibernate atau terlebih shutdown, apakah semua proses yang tertunda itu dapat diteruskan kembali?

Jawabannya yaitu tergantung dari program nya. Namun banyak sekali dan nyaris semua program tidak dapat melanjutkan proses dari tengah (mulai ketika laptop mati) hingga selesai. Semua proses tidak dapat dilanjutkan, dan harus mengulangnya lagi dari awal. Seperti download, ataupun converting.

Maka dari itu perlulah untuk kita sebagai pemakai dari computer atau laptop mengetahui teknik untuk menata waktu sleep atau layar sleep di laptop, sangat baik lagi jika kita memahami waktu yang sesuai untuk ditata sebagai penataan ‘default’ kita.

Cara Merubah Atau Mengatur Waktu Sleep Atau Layar Mati Di Laptop

  1. Klik Tombol Start

Cara Mengatur Layar Mati Di Laptop

  1. Selanjutnya ketik “Power Option” di Mesin Pencarian dan kemudian pilih atau buka pengatauran power option

Mengatur Layar Mati Di Laptop

  1. Kemudian atur waktu layar/screen mati dan tidur/sleep sesuai kebutuhan

Mengatur Layar Mati Di Laptop Windows 10

Tambahan

Ada dua penataan lainnya yaitu put the computer to sleep dan adjust plan brightness dipakai untuk penataan berapa lama masa yang kalian mau saat laptop pada sebuah situasi sleep dan untuk menata kecerahan laptop kamu

Put the computer to sleep : mengatur lama masa laptop kalian dalam sebuah situasi sleep atau mati. Kalian dapat memilih masa yang diperlukan laptop untuk sleep dalam dua situasi on batery dan plugged in sebagaimana pada penataan turn off display

Adjust plan brightness : mengatur kecerahan layar. Cara ini bisa kamu gunakan saat tombol kecerahan layar tidak berfungsi. Caranya adalah dengan menggerser ke kanan dan kekiri. Ke kanan maka layar akan semakin terang, ke kiri maka layar akan semakin gelap. Pada bagian ini kamu juga memiliki dua pengaturan yakni saat on battery (saat menggunakan baterai) dan plugged in (saat laptop dalam kondisi di charger/ dicas).

Tips Mengatur Kapan Waktu Layar Mati (Screen Off)

Sebenarnya penataan ini paling penting untuk pemakai laptop terutama bila sedang memakai listrik dari baterai, sebab pemakaian layar pastinya sangat menghabiskan daya tahan baterai, terlepas dari apapun program yang sedang dijalankan, maka dari itu, bila kamu sering meninggalkan laptop ketika sedang menyala, ditinggal sebab harus bolak –balik ruangan, ataupun ditinggal sebab harus menemani rekan bicara berdiskusi, aturlah masa-masa otomatisasi layar mati pada batas yang terkecil (sebentar).

Atur masa-masa pada batas terkecil (sebentar), misalnya ditata pada 5 atau 10 menit (dimulai saat kamu tidak melakukan kegiatan pada laptop). Atau barangkali nanti pada praktiknya dirasa terlampau sebentar dan mengganggu proses kerja anda, dapat ditambahkan waktunya menjadi 20 atau maksimal 30 menit (sesuai kebutuhan).

Semoga artikel mengenai cara untuk mengatur atau merubah waktu layar mati atau sleep ini dapat membantu. Bila ada kendala atau pertanyaan, teman – teman dapat langsung memberikan pertanyaan tersebut pada kolom komentar dibawah seperti biasa, akan kami bantu semaksimal mungkin.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*