Cara Menggunakan Microsoft Word 2016




Cara Menggunkan Microsoft Word 2016
Cara Menggunkan Microsoft Word 2016

Cara Menggunakan Microsoft Word 2016 – Microsoft Word 2016 merupakan versi terbaru dari software pengolah data Microsoft Office. Ini merupakan aplikasi pengolah kata yang memungkinkan Anda untuk membuat berbagai dokumen, termasuk surat, laporan, resume, dan banyak lagi lainnya. Cara menggunakan Microsoft Word 2016 ini pun mirip dengan versi 2013 ataupun 2010. Jadi, jika anda telah terbiasa menggunakan versi-versi tersebut, maka Anda pun juga akan bisa menggunakan versi 2016 ini.

 

Untuk menggunakan Microsoft Word 2016 ini secara penuh dan tanpa gangguan, setelah meng-install software Office 2016, Anda harus melakukan aktivasi Office 2016. Akan ada beragam masalah yang sering muncul ketika Anda menggunakan Office 2016 yang tidak teraktivasi dengan baik. Diantaranya, yaitu;

  • Ketika anda membuka dokumen yang sudah pernah dibuat sebelumnya kemudian melakukan perubahan, maka hasil perubahan tersebut tidak akan dapat disimpan.
  • Setiap kali Anda membuka produk Microsoft Office 2016 akan selalu muncul jendela aktivasi yang meminta Anda memasukkan product key.
  • Munculnya popup Product Notice yang menginformasikan bahwa Office yang anda gunakan tidak teraktivasi beserta perintah untuk melakukan aktivasi.

 

Cara Menggunakan Microsoft Word 2016

 

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan aktivasi Office 2016. Jika Anda memiliki product key atau serial number Office 2016, maka anda dapat menggunakan cara aktivasi Office 2016 tanpa software tambahan. Yang perlu anda lakukan adalah memasukkan serial number Office 2016 tersebut pada jendela aktivasi Microsoft Office 2016. Namun, jika anda tidak memiliki product key Office 2016, maka anda bisa menggunakan cara aktivasi Office 2016 secara permanen tanpa product key dengan menggunakan software Office 2016 aktivator. Hasil yang diperoleh pun sama saja yaitu akan bersifat permanen.

Cara aktivasi office 2016, yaitu;

  • Pertama, dengan menggunakan software aktivator KMS Pico

 

KMS Pico merupakan salah satu software aktivator Office 2016 yang sangat populer. Berikut ini langkah-langkah untuk aktivasi menggunakan KMS Pico;

  1. Sebelum melakukan aktivasi Office 2016 menggunakan software KMS Pico, pastikan anda sudah memiliki software aktivator tersebut. Jika anda belum memiliki software KMS Pico, anda bisa mendownload-nya terlebih dahulu.
  2. Ekstrak file KMS Pico yang sudah anda download. Kemudian, buka folder hasil ekstraksi dan anda akan menemukan file KMS Pico.
  3. Jalankan file exe tersebut sebagai administrator (Run as administrator). Selanjutnya, akan muncul jendela Extracting yang artinya proses aktivasi Office 2016 menggunakan KMS Pico sedang berlangsung. Jendela tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah proses aktivasi selesai.
  4. Jika jendela tersebut sudah hilang, maka anda sudah berhasil mengaktifkan Microsoft Office 2016 yang terinstall di Laptop anda. Cara ini merupakan cara aktivasi yang paling cepat dan simpel.

 

Namun, perlu diingat bahwa sebelum melakukan proses aktivasi seperti di langkah-langkah yang dijelaskan diatas, jangan lupa untuk mematikan Antivirus untuk sementara waktu. Mematikan fitur real-time scan pada Antivirus yang anda gunakan secara sementara waktu merupakan langkah yang harus dilakukan agar proses aktivasi berjalan lancar. Sebab, pada umumnya Antivirus akan menganggap software aktivator sebagai ancaman sehingga harus dimatikan selama proses aktivasi berlangsung.

Setelah proses aktivasi berhasil, maka jangan lupa lagi untuk mengaktifkan kembali Antivirus yang sebelumnya anda matikan. Sebab, bila anda tidak mengaktifkan kembali Antivirus-nya, maka Laptop anda akan menjadi rentan terhadap serangan virus maupun malware. Selanjutnya, jika sudah teraktivasi dengan baik, maka anda sudah dapat menggunakannya untuk menyelesaikan pekerjaan Anda tanpa gangguan.

Tapi, sebelum memulai cara menggunakan Microsoft Word 2016, Anda bisa mulai dengan memahami antarmuka dari Microsoft Word 2016. Ketika Anda membuka Microsoft Word 2016 untuk pertama kalinya, tampilan Start Screen akan muncul. Dari sini, Anda dapat membuat buku kerja atau Workbook baru, memilih Template, dan mengakses buku kerja yang baru saja diedit. Dari Start Screen, cari dan pilih dokumen Blank untuk mengakses antarmuka Word.

 

Tampilan Micorosft Word 2016, yaitu:

  • Quick Access Toolbar: memungkinkan Anda mengakses perintah-perintah umum, tidak peduli tab mana yang sedang dipilih. Secara default, di dalamnya termasuk Save, Undo, dan perintah Repeat.
  • Ribbon: Ribbon memiliki banyak tab. masing-masing tab dengan beberapa kelompok perintah yang Anda perlukan dalam melakukan tugas umum di Word.
  • Perintah Grup: Setiap group berisi serangkaian perintah yang berbeda.
  • Panel Dokumen: tempat di mana Anda akan mengetik dan mengedit teks dalam dokumen.
  • Ruller: terletak di bagian atas dan di sebelah kiri dokumen. Ini berguna untuk mempermudah dalam menyelaraskan dan menyesuaikan jarak.
  • Tell Me: ini memungkinkan Anda untuk mencari sebuah perintah dan sangat membantu jika Anda tidak ingat di mana menemukan sebuah perintah tertentu.
  • Microsoft Account: ini untuk mengakses informasi akun Microsoft Anda, melihat profil, dan beralih akun.
  • Scroll Bar: Klik dan tarik scroll bar vertikal untuk bergerak ke atas dan ke bawah melalui halaman dokumen.
  • Page dan Word Count: berguna untuk dapat dengan cepat melihat jumlah kata dan halaman dalam dokumen Anda.

 

Document Views: berguna untuk melihat dokumen. Caranya ada 3, yaitu;

  1. Read Mode: menampilkan dokumen Anda dalam modus layar penuh.
  2. Print Layout: dipilih secara default dan akan menampilkan dokumen sama seperti halaman yang dicetak.
  3. Web Layout: menunjukkan bagaimana dokumen Anda akan terlihat sebagai halaman web.

 

  • Zoom Control: terletak pada kanan slider yang berguna untuk menunjukan persentase pembesaran.

Selanjutnya, cara menggunakan Microsoft Word 2016 bisa anda lakukan seperti penggunaan aplikasi Microsoft Word pada umumnya. Demikian sekiranya yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.




About Alif Maulana 89 Articles
Profesional Wordpress dan Teknologi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*