Cara Menggunakan Microsoft Word 2013




Cara Menggunakan Microsoft Word 2013
Cara Menggunakan Microsoft Word 2013

Cara Menggunakan Microsoft Word 2013 – Microsoft Word 2013 merupakan software yang ditujukan untuk urusan pembuatan dan pengetikan naskah maupun laporan. Secara umum, fasilitas dasar yang ada pada Microsoft word versi 2013 ini tidak terlalu jauh berbeda dengan pendahulunya, seperti Microsoft word 2010, 2007, maupun 2003. Perbedaan terbesar ada pada tampilan pengguna (user interface) dan semakin banyaknya fasilitas-fasilitas baru yang tersedia dalam paket Microsoft Word 2013. Pada saat mendesain Microsoft Word versi 2013 ini, Microsoft focus dalam meningkatkan pengalaman user dengan menghilangkan atau mengurangi berbagai gangguan yang ada.

Sebelum mempelajari cara menggunakan Microsoft Word 2013, Anda perlu mempelajari beberapa kemampuan baru, seperti membuka dokumen Adobe Portable Document Format (PDF), beroperasi di Read Mode, dan juga menghubungkan dengan akun online. Meskipun Anda merasa Microsoft Word versi 2013 ini sangat berguna dalam membuat surat, memo, dan tugas-tugas lainnya, namun kekuatan Word 2013 ini yang sesungguhnya akan semakin tampak ketika Anda menggunakannya untuk membuat dokumen yang sangat panjang dan komplek yang diharuskan memiliki kesan untuk pembacanya. Apapun yang Anda tulis, Microsoft Word 2013 telah menyediakan tool-tool yang akan membuat dokumen Anda terlihat menonjol dan berkesan.

 

Cara Menggunakan Microsoft Word 2013

 

Dalam cara menggunakan Microsoft Word 2013, Anda dapat membuat dokumen yang semua halamannya memiliki Header dan Footer, ukuran halaman, dan jumlah kolom yang sama. Sedangkan, pada beberapa dokumen, ada yang tidak harus sama sedemikian rupa. Pada bagian ini, ada tool Section Break yang berguna dalam menangani hal tersebut. Pada Microsoft Word 2013 ini juga menyediakan Template yang merupakan file yang akan menyimpan Style, warna, dan tool-tool lainnya yang bisa Anda tentukan sendiri.

Ketika Anda memerlukan dokumen baru tipe tertentu, Template akan menyediakan segala yang Anda butuhkan untuk membuat dokumen yang terlihat konsisten maupun pada beberapa layout yang harus diulang pada dokumen yang berbeda. Salah satu kekuatan utama dari Microsoft Word 2013 adalah kemampuannya untuk membuat sebuah template dokumen seperti surat dan faktur, dimana kontennya dapat ditampilkan konsisten dan Anda hanya cukup untuk mengisi pada bagian yang berubah saja. Beberapa bagian variabelnya pun bisa dibuat secara otomatis.

 

 

 

Cara menggunakan micoroft word 2013 bisa dimulai dari hal yang paling dasar yakni bagaimana membuat dan menyimpan file Microsoft Word 2013 di komputer. Untuk menjalankan micorosft word 2013, langkah pertama yaitu klik Start Menu lalu pilih All Programs –> Microsoft Office 2013 –> Word 2013. Setelah menjalankan aplikasi Microsoft Word 2013, maka langkah selanjutnya adalah memilih Template dokumen. Anda bisa memilih Blank Document jika ingin membuat dokumen dari lembar kertas kerja yang kosong atau pun dengan memilih template yang telah disediakan. Bila anda memiliki koneksi internet / online, maka Template yang tersedia dapat lebih banyak lagi. Namun, untuk mempermudah pembuatan laporan, gunakan saja Template dokumen yang sudah jadi.

 

Setelah dokumen baru dibuat berdasarkan template tersebut, mulailah mengedit dan membuat laporan Anda yang dimulai dari halaman sampul depan (cover). Setelah proses pengeditan dokumen, langkah penting selanjutnya adalah menyimpan dokumen tersebut. Untuk menyimpan file Microsoft Word 2013, Anda dapat melakukan langkah berikut :

  • Klik menu File yang ada di kiri atas aplikasi.
  • Pilih Save. Jika dokumen Anda belum pernah disimpan dan diberi nama, maka Microsoft Word 2013 akan otomatis memilih pilihan Save As untuk anda. Selanjutnya, Anda harus memilih lokasi folder dan memberikan nama untuk dokumen tersebut.

Untuk mempermudah dan mengumpulkan file Microsoft Word 2013, buat saja sebuah folder baru. Caranya, klik tombol New Folder lalu berikan nama yang Anda suka, misal “Kumpulan file Word 2013”. Setelah itu, klik ganda (dua kali) pada gambar folder tersebut atau klik tombol Open.

 

Pada file dokumen Microsoft Word 2013, secara otomatis Word akan menambahkan .docx sebagai ekstensi atau akhiran nama file. Ekstensi .docx menandakan bahwa file tersebut adalah file Microsoft Word. Jadi misalnya bila file Anda namanya “Materi Pembelajaran” maka akan tersimpan dengan nama file menjadi “Materi Pembelajaran.docx”.

Pada pembuatan laporan, karya ilmiah, dan dokumen formal ataupun resmi lainnya biasanya memiliki permintaan yang unik, seperti harus ada Footnote, Table Of Contents, Index, dan Bibliography. Bahkan pada dokumen yang singkat, Anda mungkin ingin menggunakan Header dan Footer yang berubah dari satu halaman ke halaman lainnya, maupun Watermark untuk menandai dokumen sebagai draft yang belum selesai. Pada Microsoft Word 2013, setiap bentuk fitur-fitur tersebut bisa dimasukkan pada dokumen hanya dengan beberapa klik saja. Table of Contents dan Index bisa dibangun untuk bagian dokumen-dokumen tertentu. Watermark pun bisa dibuat dengan teks custom atau gambar. Bibliography dan Citation juga secara otomatis telah menggunakan format yang telah memenuhi salah satu standart yang ada. Jadi, cara menggunakan Microsoft Word 2013 ini dapat lebih bermanfaat dan lebih mudah bagi Anda dalam membuat berbagi dokumen yang Anda butuhkan.

 

Itulah sekiranya yang dapat disampaikan mengenai cara menggunakan Microsoft Word 2013. Semoga bermanfaat.




About Alif Maulana 89 Articles
Profesional Wordpress dan Teknologi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*