Apa itu Adobe Reader?




Adobe Reader
Adobe Reader

Apa itu Adobe Reader? Nah disini saya akan menjelaskan tentang apa itu Adobe Reader, fungsi dan kegunaan Adobe Reader, serta kelebihan dan kekurangan dari Adobe Reader. Mungkin Adobe Reader sudah tidak asing lagi di telinga sebagian orang yang sering berinteraksi dengan computer atau laptop. Namun ada juga beberapa orang yang belum faham atau mengenal software ini. Sebenarnya software yang serupa fungsinya seperti Adobe Reader sangat banyak, tapi Adobe Reader lah yang paling popular. Nah.. berikut ini akan kita berkenalan dengan Adobe Reader… Selamat membaca!!!!

 

Pengertian Adobe Reader

Adobe Reader
Adobe Reader

 

Tahukah kamu apa itu Adobe Reader? Adobe Reader yang awalnya bernama Acrobat Reader adalah salah satu software dari keluarga Adobe Acrobat yang dikembangkan oleh Adobe System. Seperti namanya, pengertian dari Adobe Reader merupakan salah satu software yang digunakan untuk membaca sebuah dokumen dalam format PDF atau Portable Document Format. Sebenarnya, software pembaca dokumen PDF bukan hanya Adobe Reader, akan tetapi Adobe Reader termasuk software pembaca dokumen PDF yang paling popular. Ketika versi terbaru Adobe Reader dirilis, hadirlah Adobe Reader versi beta, dimana para pengguna tidak hanya bisa membaca dokumen PDF saja, namun mereka juga bisa membuat PDF itu sendiri secara online menggunakan berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh aplikasi ini.

Perlu Anda ketahui, Adobe Reader adalah sebuah software aplikasi yang mampu berjalan dengan maksimal pada perangkat Windows XP, Windows 8, Windows 10, dan versi yang lainnya. Sebagian besar toolbar pada Adobe Reader hampir sama dengan toolbar yang terdapat pada software yang fungsinya sama seperti Adobe Reader yaitu untuk membaca dokumen, diantaranya seperti help, edit, view, file, dsb.

Adobe Reader bisa didownload pada website yang di dalamnya terdapat link untuk mendownload software tersebut. Akan tetapi, sebelum Anda mendownload, kami sarankan agar Anda mendownload menyesuaikan dengan kebutuhan pada computer Anda, apakah membutuhkan Adobe Reader yang 32 bit atau 64 bit.

 

Fungsi dan Kegunaan Adobe Reader

Tampilan Adobe Reader
Tampilan Adobe Reader

Hadirnya software ini bukanlah tanpa fungsi. Ada beberapa kegunaan dibalik kemunculan Adobe Reader, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membaca dokumen PDF

Adobe Reader berfungsi untuk membaca dokumen yang berformat PDF(Portable Document Format). Format PDF tidak bisa dibaca oleh sembarang software. Jadi dibutuhkan software khusus yang bisa membaca format ini, walaupun kadang juga ada beberapa software yang memiliki fungsi ganda yaitu selain mampu digunakan untuk membaca format PDF juga bisa digunakan untuk membaca format dokumen yang lainnya.

  1. Menulis dokumen PDF

Awalnya fungsi dari Adobe Reader hanya sebagai aplikasi pembaca dokumen PDF, namun ketika versi terbaru sudah dirilis, software ini sekarang bisa digunakan untuk menulis dokumen Anda sendiri dan kemudian menyimpannya dalam bentuk PDF. Namun kekurangannya Anda tidak bisa melakukannya secara offline, melainkan harus memiliki koneksi internet atau harus online terlebih dahulu.

  1. Melindungi hak cipta

Keistimewaan Adobe Raeder yaitu mampu digunakan untuk melindungi file yang Anda miliki agar tidak dicopas atau dibajak oleh pihak lain yang meniru tanpa izin terlebih dahulu. Tidak jarang kasus plagiarisme atau penjiplakan ini dilakukan dan tentu akan memberikan banyak kerugian terhadap orang yang memiliki pernyataan data maupun penemuan tertentu. Jadi, untuk melindungi tulisan Anda, maka Anda bisa menyimpannya dengan format PDF dimana disitu nanti Anda bisa melakukan beberapa pengaturan.

Di Adobe Reader ini telah disediakan sebuah fitur keren yang mana Anda mampu menulis sebuah kata tertentu sebagai background halaman yang mampu membuktikan bahwa dokumen tersebut adalah milik Anda. Selain itu, Anda juga bisa menonaktifkan sebuah tombol blok alias CTRL + A agar orang lain tidak bisa langsung meniru atau mengcopy tulisan Anda. Jadi, dengan adanya Adobe Reader ini dokumen Anda akan dijamin perlindungan hak ciptanya sehingga tidak ada pihak lain yang membajak dokumen Anda tanpa izin dan secara sembarangan.

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Reader

Setiap software selalu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa saja kelebihan dan kekurangan Adobe Reader? Berikut ini adalah jawabannya.

Kelebihan Adobe Reader

  1. Aplikasi popular untuk membuka file PDF

Dari sekian banyaknya software yang dapat digunakan untuk membaca file yang berformat PDF, Adobe Reader ini termasuk yang paling popular dan paling banyak digunakan daripada software yang lain.

  1. Aplikasi yang ringan

Alasan selanjutnya adalah karena Adobe Reader tergolong aplikasi yang ringan ketika dioperasikan. Terkadang banyak software yang canggih dan bagus, namun software tersebut cenderung lemot pada saat digunakan. Permasalahannya mungkin karena ukuran file-nya yang terlalu besar. Tetapi berbeda dengan Adobe Reader yang tidak akan membuat komputer Anda lemot karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Namun tentunya hal ini harus menyesuaikan dengan spesifikasi computer Anda.

  1. Sebagai aplikasi global untuk membuka PDF

Software ini merupakan sebuah software global yang bisa digunakan untuk semua file berformat PDF. Aplikasi ini tidak hanya untuk membaca file, namun juga bisa dimanfaatkan untuk menulis, verifikasi, digital sign, mencetak, maupun juga melakukan kolaborasi dengan file PDF yang lainnya.

 

Kekurangan Adobe Reader

Dibalik banyak kelebihannya, Adobe Reader ternyata juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut.

  1. Ukuran yang terlalu besar

Ketika membuka software Adobe Reader ini tidak akan memunculkan masalah bagi yang spesifikasi perangkatnya mendukung Namun bagi perangkat yang spesifikasinya standar atau bahkan di bawah standar, maka software ini tidak jarang membuat komputernya menjadi lemot.

  1. Semakin tidak nyaman

Selanjutnya kekurangan dari Adobe Reader ini disebabkan karena terlalu sering muncul versi terbaru. Adanya versi terbaru dimaksudkan agar memperbaiki kelemahan di versi sebelumnya dan juga untuk memberikan beberapa sentuhan baru. Namun menurut beberapa orang hal ini malah membuat pengguna menjadi kurang nyaman dan juga membuat software menjadi lebih lambat.

  1. Memakan memori banyak

Kekurangan yang terakhir adalah memakan memori cukup banyak apalagi jika di dalamnya berisi banyak gambar. Namun ini tergantung spesifikasi pada computer Anda.

Itulah penjelasan tentang pengertian, fungsi, serta kelebihan dan kekurangan dari Adobe Reader. Jadi, Adobe Reader bisa sangat membantu memudahkan kita dalam mengerjakan tugas yang berkaitan dengan dokumen yang berformat PDF. Sekian penjelasan dari saya, jika ada salah kata mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga bermanfaat dan mudah difahami.

Sekian, Terimakasih…




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*