Spesifikasi Laptop untuk Desain




Spesifikasi Laptop untuk Desain
Spesifikasi Laptop untuk Desain

Spesifikasi Laptop untuk Desain – Seiring dengan berkembangnya teknologi, para produsen laptop mulai berlomba-lomba meciptakan laptop yang dapat memenuhi kebutuhan desainer grafis.

Tidak hanya para desainer grafis profesional saja yang dapat menikmati laptop untuk desain grafis. Bahkan anda juga bisa memakainya untuk keperluan desain grafis anda sehari-hari.

Lalu, bagaimana cara memilih laptop yang tepat untuk desain grafis?

Spesifikasi Laptop untuk Design
Spesifikasi Laptop untuk Design

 

Spesifikasi Laptop untuk Desain

Ada beberapa persyaratan yang sebaiknya bisa kita temukan pada dalam spesifikasi laptop untuk desain grafis ini.

Memang persyaratan ini tidak bersifat mutlak. Namun itu akan sangat membantu kelancaran pengerjaan tugas-tugas atau pekerjaan anda.

 

Spesifikasi Laptop untuk Desain Grafis yang Ideal

Processor

Processor adalah bagian utama yang melakukan pekerjaan paling berat. Processor lah yang bertanggung jawab untuk melakukan semua perhitungan logis dan sistematis.

Untuk sebuah laptop untuk desain grafis, yang anda perlu pertimbangkan adalah :

  • Jumlah inti (Core)
  • Clock Speed
  • Besaran Kapasitas Cache (L1, L2, L3)
  • Fitur Hyper Treading dan Virtualization
  • Generasi dari Processor tersebut. Lihat angka pertama dari seri processor. Misalnya i3-6006U, berarti ini adalah processor i3 generasi SkyLake. Kalau awalannya 7 berarti itu processor generasi KabyLake, dan seterusnya. Semakin tinggi semakin baru, dan semakin efisien.

Lalu sebaiknya pilih laptop dengan prosesor apa untuk desain grafis? setidaknya dengan processor Intel Core i3, bisa dari generasi minimalnya dirilis 2 tahun yang lalu atau yang lebih baru. Kalau anda suka dengan AMD, carilah yang sekiranya sepadan, semisal seri A6, A8, A10, atau seri FX yang lebih powerful.

 

VGA

VGA adalah bagian dari laptop yang bertugas menangani tampilan visual dari sebuah laptop. Akan sangat membantu jika sebuah laptop untuk desain grafis memiliki VGA dengan minimal berkapasitas 2GB.

 

RAM

Komponen selanjutnya ialah RAM. Komponen ini berpengaruh terhadap kinerja sebuah laptop desain grafis.

Berapa kapasitas RAM minimal untuk laptop desain grafis? Modul RAM untuk laptop sekarang harganya sudah lumayan murah. Jadi anda bisa membeli minimal 4 GB.

*Catatan :

Pastikan laptop anda memiliki slot memori tambahan untuk penambahan maupun upgrade RAM. Akhir-akhir ini banyak laptop modul RAM nya tertanam langsung pada motherboard dan tanpa slot memori tambahan.

 

Layar

Selanjutnya ialah layar. Faktor kenyamanan dan kesehatan anda harus mendapat perhatian, sebab pekerjaan sebagai graphic designer itu pasti akan menuntut anda untuk berlama-lama menatap layar. Layar yang besar cenderung membuat laptop menjadi berat dan baterai sedikit lebih boros.

Pada umumnya, laptop ideal untuk desain grafis adalah ialah yang memiliki resolusi minimal 1366 x 768. Ada baiknya juga anda menggunakan resolusi yang lebih besar. Kalau bisa anda mendapatkan laptop untuk desain dengan layar yang lapisan non-glare-nya bagus. Untuk laptop berharga diatas 6 jutaan, rata-rata sudah lumayan juga.

Lapisan non-glare pada layar laptop ini akan membuat mata kamu nyaman dan tidak mudah lelah, karena dia tidak lagi memantulkan cahaya.

 

Hard Disk

Ukuran file foto dan video itu cukup besar. Jadi pastikan anda memiliki laptop dengan Hard Disk sebesar 1TB atau lebih.

Untuk urusan kecepatan, saat ini masih belum ada media penyimpanan yang melebihi SSD. Sayangnya, harga SSD masih relatif mahal. Kalau mungkin carilah laptop yang bisa dipasangi SSD sekaligus HDD. Jadi OS dan aplikasi di install di SSD, sementara file kerja diletakkan di HDD. Kalau bisa.

 

Jadi, spesifikasi laptop untuk desain grafis yang ideal itu adalah memakai processor dari generasi terbaru, minimalnya ya 2 generasi sebelum yang terbaru-lah.

Awalnya memang terlihat mudah untuk memilih laptop desain grafis. Tapi, jika anda salah memilih, akibatnya anda akan merasa tidak nyaman pada pekerjaan anda. Silahkan memilih laptop sesuai dengan kebutuhan penggunaan anda dengan bijak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*