Rumus Sumif Dan Countif




Rumus Sumif Dan Countif
Rumus Sumif Dan Countif

Rumus Sumif Dan Countif – Penggunaan Rumus ini  pada aplikasi excel. Sebelumnya sudah dibahas dalam artikel MENGENAL RUMUS STATISTIK tentang fungsi SUM dan fungsi COUNT. akan tetapi aplikasi microsoft excel mempunyai rumus tetang statistik yang digabungkan dengan fungsi logika yaitu SUMIF dan COUNTIF.

Rumus Sumif Dan Countif

"<yoastmark

SUMIF adalah rumus statistik aplikasi excel untuk menghitung total nilai sesuai kondisi tertentu. sedangkan COUNTIF adalah rumus statistik aplikasi excel untuk menghitung jumlah nilai sesuai kondisi tertentu.

  • Penggunaan rumus SUMIF di excel

penggunaan rumus SUMIF harus mengetahui terlebih dahulu range yang akan dijadikan sebagai kriteria dan range yang akan dicari nilai totalnya. contoh diatas kolom WILAYAH (yang berwarna biru) sebagai range (B2:B11) adalah untuk mencari kriteria sesuai wilayah dan kolom OMSET (yang berwarna merah) sebagai range (C2:C11) adalah untuk mencari total nilai sesuai wilayah. maka rumus ‘ =SUMIF(B2:B11;”JABAR”;C2:C11) ‘ adalah rumus untuk mengetahui total nilai omset wilayah JABAR.

  • Penggunaan rumus COUNTIF di excel

penggunaan rumus COUNTIF harus mengetahui range yang akan dijadikan sebagai kriterianya. contoh diatas kolom WILAYAH (yang berwarna biru) sebagai range (B2:B11) untuk mencari kriteria sesuai wilayah. maka rumus ‘ =COUNTIF(B2:B11;”JABAR”) ‘ adalah rumus untuk mengetahui jumlah wilayah JABAR dan hasilnya ketika di enter maka akan muncul angka 4.

cukup mudahkan membedakan fungsi SUMIF dan COUNTIF dalam aplikasi excel.. jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*