Rumus Excel Saldo Otomatis




Rumus Excel Saldo Otomatis
Rumus Excel Saldo Otomatis

Rumus Excel Saldo Otomatis – Saldo berjalan merupakan jumlah total nilai yang dihitung dari akun kredit maupun debit yang tercatat. Jenis saldo ini dapat digunakan untuk mengamati nilai contohnya pada catatan piutang toko, dan kegunaan lainnya.

Rumus Excel Saldo Otomatis

Rumus Excel Saldo Otomatis
Rumus Excel Saldo Otomatis

Membuat Tabel Saldo Berjalan

  1. Langkah Pertama: Menyusun Rumus Penomoran Otomatis

Masukkan atau ketik rumus =SUBTOTAL(3,C$2:C2) pada sel B3 kemudian salin hingga ke bawah, Anda dapat melakukan double-klik pada sudut kanan bawah pointer sel di B3 untuk menyalin rumus dengan otomatis

  1. Langkah Kedua: Menyusun Rumus Saldo Berjalan
  • Masukkan atau ketik rumus pengurangan saldo di Excel =SUM(E3,-F3) pada sel G3. Sel F3 diberi tanda minus karena kolom F adalah kolom pengurangan saldo (kredit). Meskipun, tidak ada fungsi khusus untuk menangani pengurangan, namun fungsi SUM dalam rumus Excel dapat juga digunakan sebagai pengurangan otomatis.
  • Sel G4 berisi rumus =SUM(G3,E4,-F4) lalu salin hingga ke bawahnya.
  1. Langkah Ketiga: Mengubah Barisan Sel Menjadi Tabel Excel
  • Sorot Sel B2:G5.
  • Buka menu ribbon Insert > Tables > Table lalu klik OK.
  • Anda dapat menentukan sendiri pilihan jenis tabelnya melalui ribbon Design > Table Style sesuai dengan tabel yang dikehendaki.
  • Untuk menghilangkan tombol filter, buka ribbon Home > Sort & Filter > Filter.

Anda kini dapat menambahkan baris dimulai dari memasukkan waktu pada kolom Hari/Tanggal pada satu sel di bawah tabel hingga tabel memunculkan nomor urut dan jumlah saldo terakhir secara otomatis ke baris bawahnya hingga Anda melengkapi nilai-nilai pada tiap kolomnya yang akan diisi




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*