Perbedaan SEO dan SEM




perbedaan seo dan sem
perbedaan seo dan sem

Perbedaan SEO dan SEM – Untuk kalian para pemula dalam pembuatan website pastinya bingung membedakan antara SEO dan SEM karena jika dilihat dari istilahnya hampir terdengar sama. Namun perlu kamu ketahui perbedaan antara keduanya agar kamu dapat mengembangkan website kamu dengan optimal. Nah, sebelum membahas tentang perbedaannya maka kita akan membahas terlebih dahulu tentang apa pengertian keduanya.

SEO VS SEM
SEO VS SEM

Dimulai dari SEO terlebih dahulu, SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization yang artinya adalah pengoptimalan mesin telusur. SEO merupakan suatu metode untuk menaikkan ranking website pada halaman pencarian. Dengan menerapkan metode SEO, maka tinggi kemungkinan website kita berada di posisi teratas pada halaman pencarian pada browser.

Pembahasan selanjutnya adalah SEM, SEM mempunyai kepanjangan yaitu Search Engine Marketing. SEM merupakan suatu metode untuk mengoptimalkan website melalui periklanan. Bisa kita sebut bahwa penerapan SEM membutuhkan trik pengiklanan website yang tepat menggunakan berbagai metode. Contohnya adalah google ads, yahoo gemini, pay per click dan masih banyak lainnya.

Setelah kita mengetahui tentang pengertian keduanya, sekarang kita akan membahas perbedaan antara SEO dan SEM

Apa Perbedaan Antara SEO dan SEM?

  1. Pengertian, SEO adalah upaya untuk mengoptimasi website agar menempati posisi atau ranking teratas dalam halaman pencarian. Sedangkan SEM adalah Strategi marketing untuk menempatkan situs dalam posisi teratas pada halaman pencarian. Fungsi dari keduanya sama – sama untuk menempatkan situs pada posisi teratas di halaman pencarian, hanya saja cara dan metodenya yang berbeda.
  2. Biaya yang diperlukan, SEO tidak memerlukan biaya dalam penerapannya, kalaupun ada hal tersebut bersifat opsional tergantung pada tools yang dipakai. Sedangkan pada SEM tentu saja berbayar.
  3. Jenis traffic, trafik yang didapatkan pada SEO adalah murni dari hasil pencarian secara alami, namun pada SEM traffic diperoleh dari kunjungan audiens yang disebabkan oleh iklan berbayar.
  4. Jangka Waktu, pengoptimalan website menggunakan SEO bisa menempatkan situs pada pencarian teratas dalam waktu jangka Panjang, tergantung pada optimasi masing – masing. Pada SEM, pengoptimalan waktunya jangka pendek begitu iklan habis maka ranking website akan Kembali ke semula,
  5. Target Audiens, SEM memungkinkan kamu untuk mendapatkan target audiens yang lebih spesifik. Hal ini tentunya berbeda dengan SEO yang tidak dapat melakukan hal tersebut. Jika kamu ingin memeroleh target yang efektif, maka SEM adalah opsi yang lebih baik untuk dipilih.

 Mungkin sekian dulu informasi yang dapat artikel ini sampaikan, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar jika dirasa masih ada yang kurang paham, terimakasih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*