Perbedaan Ovo dan Dana




Perbedaan Ovo dan Dana
Perbedaan Ovo dan Dana

Perbedaan Ovo dan Dana – Sebagian besar konsumen di perkotaan sekarang terbiasa menggunakan dompet digital. Kebiasaan bertransaksi secara cashless alias non tunai ini pun mulai ditularkan ke konsumen di pedesaan dan usaha skala kecil dan menengah.

Tak heran, urusan ini ikut mendorong perkembangan layanan mobile payment. Mengutip penelitian terbaru , layanan mobile payment semakin populer seiring bertambahnya pemakaia smartphone sampai 70% dalam lima tahun terakhir di Indonesia. Terlebih, semakin tidak sedikit pilihan software e-wallet atau dompet digital tanpa kartu guna bertransaksi.

Perbedaan Ovo dan Dana

Perbedaan Ovo dan Dana
Perbedaan Ovo dan Dana

Berdasarkan data dari Bank Indonesia, telah ada 38 layanan e-wallet yang menemukan lisensi resmi. Pada 2018, transaksi e-wallet di Indonesia menjangkau angka USD 1,5 miliar dan ditebak akan bertambah menjadi USD 25 miliar pada 2023. Dengan pertumbuhan yang pesat menjadikan pola transaksi pun berubah. Dari banyaknya dompet digital yang ada, ada dua perusahaan besar yang mengusai pasar yaitu ovo dan dompet digital dana. Namun kedua aplikasi dompet digital tersebut memiliki perbedaan. Apa perbedaannya? Simak dengan baik ya guys penjelasan berikut ini.

  • Sistem Cashback

Dalam sistem cashback ovo dan dana memiliki perbedaan yang sangat mendasar yaitu sebagai berikut :

  • Ovo

Ovo menggunakan sistem cashback menggunakan sistem point yang dimana point ini bernilai sejumlah mata uang sesuai dengan nilai point tersebut, namun sistem poin memiliki kekurangan yaitu point ini tidak bisa dicairkan menjadi uang cash dan tidak akan bisa mendapatkan cashback jika melakukan pembayaran menggunakan point tersebut.

  • Dana

Sementara itu dana menggunakan sistem cashback yang dimana cashback masuk ke dalam saldo namun cashback dibatasi 100rb per bulan dan juga terkadang kita tidak bisa mendapatkan cashback.

  • Sistem Transfer Saldo

Selain dalam sistem cashback yang memiliki perbedaan, dalam sisitem transfer saldo pun memiliki perbedaan juga seperti berikut :

  • Ovo

Dalam hal tranfer saldo di ovo akan dikenakan biaya sebesar Rp.2.500 setiap mengirim saldo ke dalam rekening bank.

  • Dana

Dalam hal transfer saldo di dana akan dikenakan biaya sebesar Rp. 4.500 setiap mengirim saldo ke rekening bank.

  • Kesimpulan

Jadi dapat disimpulakan bahwa ovo dan dana memiliki perbedaan dalam dua hal tersebut, meskipun masing masing memiliki keunggulan masing – masing namun setiap pilihan itu tergantung pengguna masing – masing.

Selamat membaca!!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*