Perbedaan Memori Internal Dan Eksternal




Perbedaan Memori Internal Dan Memori Eksternal
Perbedaan Memori Internal Dan Memori Eksternal

Perbedaan Memori Internal Dan Eksternal – Nah, Pada pembahasan kali ini saya akan memberi sedikit penjelasan atau mungkin lebih kearah perbedaan dari memori Internal dan Eksternal. Langsung saja simak penejelasanya…

Perbedaan Memori Internal Dan Eksternal

  • Memory Internal

    Perbedaan Memori Internal Dengan Memori Eksternal
    Perbedaan Memori Internal Dengan Memori Eksternal

Memory internal merupakan memori yang disimpan secara otomatis dengan processor. Fungsi utama dari memori internal itu sendiri ialah sebagai “pengingat” data-data atau program-program yang pernah digunakan saat komputer atau laptop pada keadaan hidup. Maka daripada itu, jam yang terdapat pada komputer memorinya akan tetap disimpan walaupun komputer dalam keadaan mati sekalipun. Jenis-jenis memori internal adalah sebagai berikut.

  1. ROM

ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory adalah sebuah memory yang terdapat pada komputer. Fungsi ROM itu sendiri ialah sebagai pengingat aktivitas yang sedang dilakukan saat komputer berjalan. Meskipun komputer tidak dialiri listrik, ROM ini tetap berjalan. Pada umumnya, ROM sering juga disebut firmware atau juga BIOS dan orang-orang masih tidak bisa melihat perbedaan RAM dan ROM.

  1. CMOS

CMOS merupakan bagian daripada ROM . Fungsi CMOS ini ialah sebagai penyimpan para pengaturan-pengaturan dasar di komputer. Salah satu pengaturan dasar yang menggunakan CMOS ini ialah tanggal serta jam yang ada di dalam komputer. Pada dasarnya, CMOS merupakan sebuah cip yang memiliki memori sebesar 64 byte saja.

  • Memory Eksternal

    Perbedaan Memori Internal & Memori Eksternal
    Perbedaan Memori Internal & Memori Eksternal

Memory eksternal merupakan memory yang berfungsi sebagai perangkat tambahan atau pendukung dari komputer. Selain itu, fungsi daripada memori eksternal ini ialah sebagai penunjang untuk membuka softaware, aplikasi, maupun file-file yang ada di dalam komputer. Apa sajakah yang termasuk ke dalam memori eksternal. Jenis-jenis memori eksternal adalah sebagai berikut.

  1. Hardisk

Masih  banyak yang mengira kalau memori internal. Padahal jika dilihat dari sisi definisinya, hardisk termasuk ke dalam golongan memori eksternal. Fungsi hardisk ialah sebagai alat untuk menyimpan aplikasi, software dan juga file-file ke dalam komputer atau laptop. Hardisk juga sudah ada dalam bentuk eksternal yang fungsinya sebagai alat cadangan penyimpanan data-data yang besar.

  1. Floppy Disk

Sebelum adanya flash disk, dulu alat untuk memindahkan file secara portabel adalah menggunakan Floppy disk atau biasa disebut disket. Disket ini berbentuk persegi dengan adanya cakram di dalamnya. Fungsi disket sendiri adalah sebagai alat untuk menyimpan data yang dapat di bawa ke mana-mana. Ukuran memori dari disket biasnaya tidak lebih dari beberapa MB saja.

Mungkin seperti itu perbedaan dari Memori Internal dan Memori Eksternal, Semoga bermanfaat…




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*