Perbedaan Kabel Vga dan Hdmi




Perbedaan Kabel Vga dan Hdmi
Perbedaan Kabel Vga dan Hdmi

Perbedaan Kabel Vga dan Hdmi – Anda dapat mengetahui sejumlah perbedaan antara VGA dan HDMI. VGA adalah sebuah teknologi analog, di antara merupakan lumayan tua bila dikomparasikan dengan HDMI, yang digital. Untuk mereka yang tidak tahu, VGA dan HDMI adalah antarmuka yang dipakai untuk transmisi video. Mereka muncul dalam perlengkapan seperti kartu grafis komputer, laptop, monitor, dan proyektor.

Perbedaan Kabel Vga dan Hdmi

Perbedaan Kabel Vga dan Hdmi
Perbedaan Kabel Vga dan Hdmi

Tidak seperti VGA, HDMI mendukung audio pun terpisah dari video. Keuntungan terbesar dari HDMI atas VGA adalah bahwa HDMI mendukung kualitas gambar yang lebih baik dan ideal guna video pengertian tinggi. Juga, ukuran konektor HDMI paling kecil dikomparasikan dengan konektor VGA, dan karenanya, tidak sedikit digunakan dalam perlengkapan kecil laksana ponsel dan tablet.

  • Apa itu VGA?

VGA, yang mengacu pada Video Graphics Array, adalah antarmuka video yang ditemukan di perlengkapan seperti kartu grafis, monitor, proyektor, dan televisi. Antarmuka didasarkan pada konektor D-miniatur (juga dikenal sebagai D-sub) dan jenis D-sub konektor yang digunakan ialah DE-15, yang mempunyai 15 pin. Hal ini dirancang oleh IBM sejumlah dekade kebelakang pada tahun 1987. Sejak ketika itu, itu ialah video antarmuka default guna komputer sampai saat ini. Bahkan ketika ini, VGA tidak sedikit digunakan meskipun perangkat pengertian tinggi sekarang banyak sekali menggunakan DVI atau HDMI.

VGA adalah sebuah antarmuka analog, yang membawa data seperti Merah, Hijau, Biru, sync horisontal, sync vertikal dll, dengan menggunakan format gelombang analog. Antarmuka hanya mendukung video, namun tidak terdapat multimedia lainnya seperti audio. VGA mendukung sekian banyak  resolusi mulai dari yang kecil seperti 640 × 350px hingga ukuran besar seperti 2048 × 1536px. Hari ini, bahkan untuk bentuk 16: 9 dengan resolusi 1366 × 768 seperti, antarmuka VGA yang sama bisa digunakan. Kualitas pada dasarnya tergantung pada faktor-faktor seperti kualitas kabel dan konektor dan panjang kabel. Namun, saat masuk ke video pengertian tinggi VGA tidak dapat menyerahkan kualitas gambar yang lebih baik yang diinginkan dari pengertian tinggi. Oleh sebab itu, baru-baru ini antarmuka VGA sudah hilang dalam kartu grafis high-end. Juga, dalam perlengkapan seperti ponsel, ultra-book, dan perlengkapan kecil lainnya, port VGA yang hilang sebab menempati ruang yang besar. Di masa depan, dengan penambahan kualitas video dengan peradaban perangkat keras, interface VGA barangkali akan hilang.

  • Apa itu HDMI?

HDMI, yang mengacu pada High Definition Multimedia Interface, adalah antarmuka yang paling baru-baru ini bila dikomparasikan dengan VGA. Saat tersebut diperkenalkan pada tahun 2002. HDMI mendukung tidak hanya video, tetapi pun audio. HDMI adalah antarmuka digital di mana nilai satu dan nol yang dipakai untuk mengantarkan data. Saat komputer dan monitor LCD modern memakai data digital, tidak terdapat konversi dibutuhkan ketika transmisi data. Data Video dikirim melewati HDMI terkompresi sementara data audio bisa dikompresi atau terkompresi.

HDMI mendukung kualitas gambar yang lebih baik, dan karenanya, paling ideal guna video pengertian tinggi. Karena itu, sekarang, kartu grafis high-end mempunyai HDMI output antarmuka video. Ada sejumlah jenis wadah guna HDMI sebagai tipe A, tipe B, tipe C dan tipe D. Tipe A, C dan D mempunyai 19pins sementara tipe B mempunyai 29 pin. Tipe konektor A ialah 13.9mm x 4.45mm, tipe C ialah 10.42mm x 2.42mm dan tipe D ialah 6,4 mm x2.8 mm. Konektor tipe B ialah sedikit panjang dengan dimensi ialah 21,2 mm x 4,45 mm. Dengan tipe C dan D interface HDMI yang paling kecil yang tidak sedikit digunakan dalam perlengkapan yang lebih kecil seperti- Ultra-book, tablet dan ponsel. Kenyataan bahwa data audio bisa diteruskan di samping sinyal video sudah menjadi deviden tambahan. Resolusi yang paling tinggi dapat dijangkau dengan HDMI tanpa degradasi kualitas. Sebagai contoh, tipe B menyokong resolusi setinggi 3.840 × 2.400. Pada 2013, HDMI 2.0 diperkenalkan yang menyokong resolusi yang paling tinggi, bandwidth, dan kedalaman warna.

  • Apa perbedaan antara VGA dan HDMI?
  1. VGA dirancang sejumlah dekade tahun yang kemudian 1987, sedangkan HDMI lebih baru. HDMI dirancang pada tahun 2002.
  2. VGA mengirim dan menerima data dalam mode ananalog sedangkan HDMI memakai data digital.
  3. VGA hanya dapat mendukung video sedangkan HDMI mendukung video dan audio.
  4. konektor VGA ialah konektor DE-15 yang terdiri dari 15 pin sementara HDMI memiliki sejumlah jenis wadah sebagai tipe A, C, dan D, yang mempunyai 19 pin. Ada tipe B di HDMI pun yang mempunyai 29 pin.
  5. Konektor VGA jauh lebih banyak bila dikomparasikan dengan konektor HDMI tipe A, C dan D baik tinggi dan lebar. Bahkan tipe B HDMI paling tipis bila dikomparasikan dengan konektor VGA meskipun panjangnya serupa.
  6. VGA tidak dapat menyerahkan kualitas terbaik guna video pengertian tinggi, namun HDMI paling ideal guna kualitas tinggi video pengertian tinggi.
  7. kartu grafis canggih akhir-akhir ini tidak mempunyai slot VGA, namun mereka mempunyai slot HDMI.
  8. perangkat kecil seperti ponsel, ultra-book dan komputer tablet tidak mempunyai slot VGA sebab masalah ruang, tetapi seringkali mempunyai slot HDMI.
  9. Saat ini, harga pasar kabel HDMI seringkali lebih tinggi dari harga kabel VGA.
  10. Karena komputer serta monitor LCD canggih yang menangani data digital ketika VGA digunakan, sinyal mesti dikonversi dari digital ke analog dan lantas analog ke digital yang bakal menurunkan kualitas dan overhead, namun jenis konversi tidak dibutuhkan untuk HDMI.
  • Kesimpulan

Kabel Vga dan Hdmi memiliki perbedaan yang sangat jauh mulai dari bentuk,kualitas dan lain – lain, namun memiliki kegunaan yang sama. Vga dan Hdmi memiliki keunggulan masing – masing.

Selamat Membaca!!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*