Perbedaan Kabel VGA dan HDMI




perbedaan-kabel-vga-dan-hdmi
perbedaan-kabel-vga-dan-hdmi

Perbedaan Kabel VGA dan HDMI – Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang perbedaan antara kabel VGA dan HDMI. Mungkin banyak yang sudah faham. Namun untuk para pemula pasti masih sedikit kurang faham. Nah untuk itu semoga artikel ini bisa sedikit menambah pengetahuan kamu. Simak baik-baik yaaa….

Perbedaan Kabel VGA dan HDMI

kabel-vga-dan-hdmi
kabel-vga-dan-hdmi

Antara VGA dan HDMI memiliki beberapa perbedaan. Jika dilihat dari umurnya atau lebih dulu mana yang lahir jawabannya adalah VGA. VGA lebih tua dibandingkan dengan HDMI. VGA masih menggunakan teknologi analog sedangkan HDMI sudah berteknologi digital. Untuk yang masih belum faham, VGA dan juga HDMI ini dipakai untuk transmisi video yang muncul dalam perangkat seperti kartu grafis komputer, laptop, monitor, dan juga proyektor.

Berbeda dengan VGA, jika HDMI mampu juga mendukung audio yang terpisah dari video. Kelebihan menggunakan HDMI dibandingkan dengan VGA adalah kualitas gambarnya yang lumayan baik sehinggan sangat cocok untuk video yang memiliki definisi tinggi. HDMI banyak dipakai pada perangkat yang kecil seperti ponsel dan juga tablet dibandingkan dengan VGA  adalah karena ukuran konektornya yang lebih kecil.

Apa itu VGA?

kabel-vga
kabel-vga

VGA merupakan singkatan dari Video Graphics Array. VGA adalah sebuah antarmuka video yang mampu di jumpai di berbagai perangkat contohnya kartu grafis, proyektor, monitor, dan televisi. Antarmuka dilandaskan pada konektor D-miniatur. Macam D-miniatur yang dipakai adalah DE-15, yang mempunyai pin yang berjumlah 15. Ini dirancang pada tahun 1987 lalu oleh IBM. Dan dimulai dari situlah video antarmuka default yang dipakai pada komputer. Kini VGA banyak dipakai walaupun DVI atau HDMI telah banyak digunakan pada perangkat definisi tinggi.

Perbedaan Antara VGA dan HDMI

VGA merupakan sebuah antarmuka analog yang fungsinya adalah untuk membawa beberapa data diantaranya Merah, Hijau, Sync horizontal, Sync vertical, dll, yang membawa sebuah gelombang analog. Antarmuka tidak mendukung audio dan juga multimedia lain, namun khusus untuk video. Resolusi paling besar adalah 2048 x 1536px sedangkan yang paling kecil 640 x 350px. Kualitasnya  didasarkan pada beberapa factor diantaranya adalah kualitas kabel, konektor dan juga panjang kabel. VGA tidak mampu memberikan kualitas yang baik ketika memasuki video yang berdefinisi tinggi. Itulah kenapa sebabnya VGA menghilang dalam kartu grafis hight-end, selain itu hilang karena memakai ruang yang ebsar contohnya pada ponsel, ultra-book, dll. Di masa yang akan datang bisa jadi interface VGA akan hilang karena tidak bisa meningkatkan kualitas video mengikuti kemajuan hardwarenya.

Apa itu HDMI?

kabel-hdmi
kabel-hdmi

HDMI adalah singkatan dari Hight Definition Multimedia Interface. HDMI adalah sebuah antarmuka digital dimana yang dipakai untuk mengirimkan data adalah nilai satu dan nol. Dibandingkan dengan VGA, HDMI sangat baru karena dikeluarkan sekitar tahun 2002 lalu. Kelebihan HDMI adalah selain mampu mendukung video juga mendukung audio.

Kualitas gambar yang dihasilkan dengan HDMI cukup baik dan sangat cocok jika dipakai untuk video definisi tinggi. Itulah sebabnya saat ini kartu grafis high-end mempunyai HDMI output antarmuka video.

Apa perbedaan antara VGA dan HDMI?

  1. VGA dirancang sekitar tahun 1987 sedangkan HDMI masih baru yaitu tahun 2002.
  2. Data yang dikirim dan diterima VGA menggunakan mode analog sedangkan HDMI memakai data digital.
  3. VGA hanya mendukung video sedangkan HDMI mampu mendukung video dan audio.
  4. Konektor VGA adalah konektor DE-15 yang terdiri dari 15 pin sedangkan HDMI mempunyai beberapa jenis wadah sebagai tipe A, C, dan D, yang mempunyai 19 pin. Ada tipe B di HDMI juga yang mempunyai 29 pin.
  5. Konektor VGA lebih besar daripada konektor HDMI.
  6. VGA tidak mampu memberikan kualitas terbaik untuk video definisi tinggi, namun HDMI sangat cocok untuk video definisi tinggi.
  7. Kartu grafis modem terbaru tidak mempunyai slot VGA, namun mempunyai slot HDMI.
  8. Perangkat kecil contohnya ponsel dan tablet tidak dilengkapi slot VGA dikarenakan masalah ruangnya, namun memiliki slot HDMI.
  9. Harga HDMI lebih tinggi daripada VGA.

Demikian itu tadi adalah ulasan tentang perbedaan antara VGA dan juga HDMI. Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan ilmu untuk kalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sekian dan terima kasih…  

 




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*