Perbedaan HTTP dan HTTPS




Perbedaan HTTP dan HTTPS
Perbedaan HTTP dan HTTPS – Saat kita browsing di internet pasti kalian sering menemukan HTTP di awalan nama domain tersebut. Namun saat diperhatikan dengan teliti biasanya ada yang memakai HTTP dan HTTPS. Sebetulnya perbedaan, fungsinya dan cara kerja dari HTTP dan HTTPS apa atau cuma beda tulisan saja ?
Perbedaan HTTP dan HTTPS secara singkat saat dilihat sekilas sangat mudah. Tapi bedanya tidak ada huruf S nya.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Pengertian Dari HTTP
Pengertian HTTP
HTTP ( Hypertext Transfer Protocol ) sejarah pertama kali dipakai kisaran tahun 1990 oleh fisikawan inggris yang bernama Tim Berners-Lee hingga saat ini. Pada zama dahulu untuk pengirim file masih dikirim secara mentahan. Yang artinya file tidak dilakukan enkripsi alhasil rawan tindak kejahatan.
Namun seiring zaman sesudah dilakukan pengembangan oleh W3C ( World Wide Web Consorium ) dan juga IETF ( Internet Engineering Task Force ) HTTP memperoleh banyak perubahan yang sangat baik dengan adanya fitur tambahan seperti cache, proxy, dan koneksi yang stabil.
Pengertian Dari HTTPS
Pengertian HTTPS
HTTPS ( Hyper Transfer Protocol Secure ) merupakan versi amannya dari HTTP. Jadi di setiap file yang akan dikirim akan dilakukan enkripsi terlebih dahulu, sehingga akan menjadi sangat aman. Selain itu HTTPS juga menyandikan data sesi memakai SSL ( Secure Socket Layer ) atau protokol TLS ( Transport Layer Security ).
Cara Kerja Dari HTTP
Ketika kalian mengetikan alamat sebuah website di browser. HTTP akan bekerja dengan melakukan request kepada webserver yang bertujuan untuk memakai port. Sesudah web server tujuan menerima request, dan alhasil file permintaan akan dikirim kepada klien yaitu web browser dan selanjutnya akan ditampilkan pada halaman web browser kepada user.
Cara Kerja Dari HTTPS
Cara kerja HTTPS sebenarnya tidak ada perbedaan yang jauh dengan HTTP, Namun hanya saja website akan melakukan validasi apakah terhubung dengan sertifikat SSL atau TLS. Ketika tervalidasi maka akan ada proses namanya SSL Handshake. Selain dari itu kalian juga dapat melihat akan ada logo gembok dan saat SSL berbayar akan ada nama sertifikat SSL yang sudah terdaftar sebelumnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*