Perbedaan Hardisk ATA dan SATA




Perbedaan Hardisk ATA dan SATA
Perbedaan Hardisk ATA dan SATA

Perbedaan Hardisk ATA dan SATA – Kalian semua pasti sudah tidak asing lagi dengan Harddisk ATA dan Harddisk SATA. Secara garis besar Harddisk digolongkan menjadi 3 macam, yaitu IDE, ATA, dan SATA. Namun kali ini kita akan membahas dua jenis harddisk, yaitu ATA dan SATA. Pada umumnya, kedua harddisk ini pasti memiliki perbedaan. Lalu apa saja perbedaan dari keua harddisk tersebut? Berikut penjelasannya.

 

Perbedaan Hardisk ATA dan SATA
Perbedaan Hardisk ATA dan SATA

 

 

Perbedaan Hardisk ATA dan SATA

Harddisk merupakan salah satu komponen dari computer yang memiliki fungsi sangat vital dalam computer. Tanpa harddisk, tentu saja perangkat lain tidak akan berarti. Data yang sudah disimpan pada harddisk tidak akan hilang. Harddisk memiliki peran sebagai media penyimpanan yang permanen. Hrddisk sendiri juga memiliki kapasitas daya tamping yang cukup besar.  Oleh karena itu, kita semua harus bisa mengenal macam-macam harddisk yang cocok untuk computer kalian masing-masing.

Secara umum, perangkat harddisk memiliki fungsi sebagai penyimpanan data yang dihasilkan dari proses perangkat computer maupun laptop.

  1. Harddisk ATA

Harddisk ATA atau Adcanced Technology Attachment ialah salah satu type harddisk yang masih banyak digunakan sampai saat ini. Perbedaan ATA dan SATA yang paling menonjol ialah dari kabel data dan powernya yang berbeda. Tipe ATA menggunakan 16 bit parallel berdasarkan standart tahun 1986. Dan terus berkembang dengan ditambahnya kecepatan transfer. Harddisk ATA ini dikembangkan pada tanggal 12 Mei 1994 oleh ANSI. Harddisk ATA memungkinkan anda menghubungkan perangkat penyimpanan langsung dengan motherboard untuk kabel pita. Selama beberapa tahun kemudian, Harddisk ATA ini digantikan oleh Serial SATA (SATA). Hal ini disebabkan karena Harddisk ATA memiliki banyak masalah.

 

  1. Harddisk SATA

SATA merupakan singkatan dari Serial Advanced Technology Attachment yang merupakan sebuah teknologi mutahir. Type harddisk yang satu ini dikenal lebih memilki kelebihan dan standar yang bisa dikatakan lebih ampuh daripada type ATA. Harddisk SATA ini mempunyai performa yang amat sangat baik sekali. Hal ini membuat type SATA menduduki posisi paling atas dan membuat para produsen-produsen menggunakan type SATA ini. Yang paling menarik ialah, Harddisk SATA ini memiliki fitur hot-swap, yang berarti dapat menyalakan dan mematikan computer tanpa harus shutdown. Namun dalam masalah harga, type SATA ini lebih mahal daripada type ATA. Yang namanya harga pasti membawa rupa.

 

Nah, sekian sedikit penjelasan tentang Harddisk ATA (atau Adcanced Technology Attachment)  dan SATA (Advanced Technology Attachment). Semoga dapat membantu kalian dalam memilih harddisk yang tepat untuk computer kalian sehinngga nyaman digunakan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*