Perbedaan Google Meet dan Zoom




Google Meet VS Zoom
Google Meet VS Zoom

Perbedaan Google Meet dan Zoom – Seperti yang kita ketahui, semakin kesini kita diwajibkan untuk mengikuti jaman digital ini. Seperti halnya kegiatan sekolah atau belajar mengajar sekarang diwajibkan dengan metode online menggunakan fasilitas semacam Video Call. Nah, mayoritas kegiatan belajar mengajar entah itu untuk anak sekolah maupun mahasiswa biasa menggunakan 2 aplikasi terkenal ini yaitu Google Meet dan Zoom.

Perlu diketahui bahwasannya Zoom dan Google Meet tersebut merupakan platform yang paling populer saat ini. Akan tetapi diantara keduanya pasti memiliki perbedaan dan kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Berikut Perbedaan Antara Google Meet dan Zoom :

Perbedaan Google Meet dan Zoom

Tentang Google Meet

Perbedaan Google Meet dan Zoom
Perbedaan Google Meet dan Zoom

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk pertemuan online milik platform Google dan pada awalnya cuma untuk pengguna yang terdaftar di G Suite atau program premium Google.

Tentang Zoom

Perbedaan Zoom dan Google Meet
Perbedaan Zoom dan Google Meet

Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi ini sedang naik daun dan penggunanya meningkat secara signifikan karena terjadinya pandemi yang berlangsung sekarang ini. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pilihan utama untuk pekerja, mahasiswa, maupun para pelajar untuk melakukan tatap muka online. Sempat terkendala masalah keamanan, akan tetapi tidak membuat aplikasi ini dilupakan.

Tentang Perbedaan Google Meet dan Zoom

Dari Segi Visual

  • Google Meet

Kalau diperhatikan, tampilan Google Meet ini agak tidak teratur, berebda dengan stigma Google yang rapi dan memiliki desain bagus pada penempatannya. Namun Google Meet ini sedikit tidak teratur. Akan tetapi smua orang bisa muncul dalam satu waktu dan juga orang yang sedang berbicara aka tersorot dengan speaker di videonya. Dan juga ada fitur teks langsung saat percakapan untuk berkomunikasi.

  • Zoom

Untuk tampilan Zoom banyak yang bilang lebih unggul, dalam artian lebhi rapi dan juga lebih mudah untuk digunakan. Zoom memiliki latar belakang virtual yang bisa digunakan untuk mengatur gambar ataupun video sebagai latar belakang. Lalu juga ada Touch Up Appreance yang berfungsi sebagai filter pada penampilan orang seperti memuluskan kulit dan juga membuat lebih percaya diri.

Dari Segi Pembiayaan/Premium

  • Google Meet

Untuk segi pembiayaan, Google Meet bisa selama ini bisa digunakan secara gratis yang memiliki akun Google. Akan tetapi sampai akhir September 2020 hanya bisa digunakan selama 60 menit saja. Untuk mendapat akses penuh, pengguna harus membayar $6 per bulannya untuk mendapatkan akun premium yang dikenal dengan G Suite. Dan pengguna bisa mengundang sebanyak 250 orang dan juga mendapatkan tambahan aplikasi lainnya

  • Zoom

Sama dengan Google Meet, untuk penggunaan ada fitur gratisnya, namun hanya dibatasi 40 menit saja dan tidak ada fitur merekam percakapan atau menyimpan file rapat dan hanya bisa menampung 100 peserta. Untuk fitur premium, harganya dimulai dari $13 per host dan juga bnyak fitur menarik seperti mendapatkan penyimpanan 1 GB, merekam rapat dan juga menampung hingga 500 peserta.

Kesimpulan

Jadi memang dari kedua platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal pengguna memilih platform yang cocok digunakan sesuai kebutuhan atau keinginannya.




About Alif Maulana 85 Articles
Profesional Wordpress dan Teknologi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*