Perbedaan Google Ads dan Google Adsense




Perbedaan Google  Ads dan Google Adsense –  Sebenarnya, google ads dan google adsense adalah du platform periklanan online yang disediakan oleh google, dengan tujuan yang berbeda. Apa sih Google Ads dan Google Adsense itu? Apa yang membedakan kedua platform ini?

  • Google  Ads googleads

Google  Ads adalah platform periklanan berbayar yang memungkinkan pengiklan untuk membuat dan mengelola iklan yang akan ditampilkan di hasil pencarian Google, situs web, aplikasi, dan berbagai platform online lainnya. Pengiklan membayar setiap kali pengguna mengklik iklan mereka (model pembayaran PPC – Pay Per Click) atau berdasarkan jumlah tayangan iklan (model pembayaran CPM – Cost Per Mille). Google Ads menyediakan berbagai jenis iklan, termasuk iklan teks, iklan gambar, iklan video, dan iklan display, serta berbagai opsi penargetan dan pengukuran kinerja.

  • Google AdsenseGoogle AdSense Logo

Berbeda dari Google Ads, Google  Adsense adalah platform periklanan yang memungkinkan pemilik situs web atau blog (disebut sebagai penerbit) untuk menampilkan iklan Google di situs web mereka dan menghasilkan pendapatan dari iklan tersebut. Penerbit akan mendapatkan bayaran setiap kali pengguna mengklik iklan (model pembayaran PPC) atau berdasarkan jumlah tayangan iklan (model pembayaran CPM). AdSense menggunakan teknologi yang mengoptimalkan iklan yang ditampilkan untuk sesuai dengan konten situs web, minat pengguna, dan konteks halaman, sehingga meningkatkan kemungkinan iklan tersebut menarik perhatian pengunjung situs.

Lalu, Apa yang membedakan kedua platform ini? Perbedaan antara kedua platform Google Ads dan Google Adsense adalah sebagai berikut

Berikut perbedaan Google Ads dan Google Adsense:

  1. Pada Tujuan kedua platform ini, Google Ads ditujukan untuk pengiklan yang ingin mempromosikan produk atau layanan mereka, sementara Google AdSense ditujukan untuk pemilik situs web atau blog yang ingin menghasilkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan di situs mereka.
  2. Pada peran pengguna, Di Google Ads, pengguna adalah pengiklan yang membuat dan mengelola iklan mereka sendiri, sedangkan di Google AdSense, pengguna adalah penerbit yang menampilkan iklan di situs web mereka untuk mendapatkan pendapatan.
  3. Pada Pembayaran, Google Ads mengenakan biaya kepada pengiklan berdasarkan klik atau tayangan iklan, sedangkan Google AdSense membayar penerbit berdasarkan klik atau tayangan iklan yang diterima pada situs web mereka.

Meskipun berbeda, kedua platform ini berperan penting dalam ekosistem periklanan online dan memberikan manfaat kepada pengguna mereka masing-masing.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*