Perbedaan Format dan Partisi




Perbedaan Format dan Partisi
Perbedaan Format dan Partisi

Perbedaan Format dan Partisi-Partisi adalah pengaturan data pada harddisk atau bisa juga proses pembagian ruang-ruang kosong pada harddisk untuk memberikan File System pada ruang kosong yang terdapat pada harddisk,kemudian ruang kosong pada harddisk yang telah diberi File System tersebut digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan sistem operasi.

Partisi Primary,merupakan partisi utama pada harddisk yang memuat sejumlah file data.Fungsi dari partisi primary ini juga sebagai partisi yang pertama diakses komputer untuk booting.Jadi,intinya partisi tipe ini digunakan untuk menyimpan file data dari system operasi yang kemudian digunakan untuk booting sistem operasi tersebut.

Perbedaan Format dan Partisi

Partisi Extended,partisi ini juga merupakan partisi utama pada harddisk. Partisi extended berfungsi untuk mengatasi keterbatasan pembagian partisi.partisi extended tidak menangani pengolahan data secara langsung.untuk dapat menggunakannya,kita harus menciptakan partisi logical terlebih dahulu.bisa dibilang tipe partisi ini adalah partisi selain partisi primary.

Partisi Logical merupakan partisi sampingan yang terdapat pada partisi extended,partisi logical mampu menampung berbagai macam file data.

Format dan Partisi
Format dan Partisi

Format adalah Perintah untuk pengaturan penyusunan data pada disk.mem Format HDD adalah sebuah proses tindakan untuk menyiapkan data storage device (alat simpan data) seperti misalnya harddisk(HDD),solid state drive (SSD),floppy disk(diskkete),USB flash disk dll,tujuannya adalah agar bisa dikenali oleh sistem operasi (OS) dan bisa digunakan untuk menyimpan data.

Low Level Format merupakan format secara fisik(hardware level) dengan menentukan track,head dan sector yang akan dipakai untuk menyimpan data.jika terjadi masalah tertentu,seperti bad sector,corrupted partition table dan terkena virus,low level format ulang bisa menjadi solusinya.

High Level Format dilakukan dengan ccara mempersiapkan hard disk agar siap menerima data.format dilakukan pada suatu partisi dengan menggunakan system tertentu yang disebut dengan file system.atau high level format bisa dikatakan sebagai proses pemberian file system pada sebuah partisi.

Perbedaan dasar antara low level dengan highlevel format adalah bahwa low level format bekerja pada tingkat kontroler untuk memberi batas track dan sector.sedangkan high level format bekerja pada tingkat sistem operasi.

Itulah penjelasan tentang perbedaan format dan partisi anda dapat memahami antara format dan partisi secara mudah dan semoga kita diberi wawasan setelah membaca artikel ini.

Wassalamualaikum Wr.Wb




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*