Perbedaan Format dan Delete




perbedaan-format-dan-delete
perbedaan-format-dan-delete

Perbedaan Format dan Delete – Mungkin banyak yang belum tau apa perbedaan antara delete dan format. Sebenarnya kegunaan dari keduanya sama yaitu menghapus data dan mengkosongkan ruang. Namun pada dasarnya perbedaan antara keduanya sangatlah terlihat jelas ketika memformat ataupun mendelete sebuah hardisk/flashdisk. Ketika mendelete atau menghapus sebuah data kita akan disuruh untuk memilih data mana yang akan dihapus, sedangkan memformat maka akan menghapus semua data hard drive tanpa terkecuali hingga ruangnya kosong.

Apakah Anda masih bingung? Mungkin untuk para pemula masih sedikit kurang faham. Maka di artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang apa perbedaan dari format dan juga delete. Simaklah ulasan berikut ini…

Perbedaan Format dan Delete

keyboard-format-delete (1)
keyboard-format-delete (1)

Keduanya merupakan metode menghapus suatu data. Mungkin banyak yang menyarankan lebih baik untuk memformat. Apa bedanya? Sebenarnya tidak ada karena keduanya fungsi dasarnya adalah sama. Ketika Anda akan menghapus Anda harus menandai file yang akan dihapus terlebih dahulu, sedangkan jika memformat akan langsung menghapus keseluruhan file hingga kembali kosong seperti semula.

#Perbedaan Delete dan Format

  • Format : Sebuah metode yang dipakai untuk menghapus serta mengembalikkan suatu penyimpanan ataupun data seperti keadaan semula. Contohnya jika Anda memformat hardisk maka apa yang akan terjadi? Keadaan hardisk akan kembali kosong seperti awalnya (tanpa data).

  • Delete :   Sebuah metode yang digunakan untuk mengapus suatu data atau file yang diinginkan saja. Anda tinggal memilih mana data yang ingin dihapus, jadi tidak keseluruhan. Apabila yang Anda hapus adalah data di laptop atau PC maka masih bisa dikembalikkan. Namun ada kelemahan dari mendelete atau menghapus, yaitu ketika Anda telah selesai menghapus data tersebut justru akan menjadi sampah di laptop Anda yang menyebabkan laptop atau PC menjadi lambat. Tapi ada cara juga yang bisa dilakukan agar data yang Anda hapus tidak menjadi sampah yaitu dengan cara menekan tombol shift + delete maka data tersebut akan benar-benar hilang/bersih.

Demikian itu tadi adalah perbedaan antara metode format dan delete. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mampu menambah pengetahuan Anda.

Sekian dan terima kasih…




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*