Perbedaan bahasa C dan C++




perbedaan C dan C++
perbedaan C dan C++

Perbedaan bahasa C dan C++ – Perbedaan yang dimilik bahasa pemrograman C dan C++ keduanya ini tergolong bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa C dikembangkan oleh Dennis Richie di Bell Telephone pada tahun 1972. Dan bahasa ini merupakan bahasa turunan dari bahasa B dan diturunkan dari bahasa sebelum BCL.

Bahasa C++ dikembangkan oleh Bjane Stroustrup, bahasa C++ adalah bahasa yang mempunyai sifat Object Orientated Programming (OOP). Untuk menyelesaikan sebuah masalah C++ selalu melakukan langkah pertama yaitu dengan mendefinisikan class-class. Kelas tersebut memiliki kemampuan dari objek dan anggota-anggotanya. Sedangkan bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang prosedural dimana ketika menyelesaikan sebuah masalah, maka akan dibagi-bagi ke dalam sub-sub yang lebih kecil.

 Namun jika kita tidak memanfaatkan sifat Object Orientated Programming (OOP) yang dimiliki oleh bahasa C++. Maka dari itu bahasa C dan C++ akan terlihat relatif pada penulisan kode dan library yang diambil saja. Ada banyak sekali perbedaan dari bahasa kedua bahasa ini, maka dari itu mari kita simak artikel ini untuk mengetahui apa saja perbedaan dari kedua bahasa tersebut.

5 Perbedaan bahasa C dan C++

C dan C++
C dan C++

     1.Dari penemu dan pendiri

Bahasa C dikembangkan oleh Bell Telephone Laboratories pada tahun 1972 dan ditulis oleh Dennis Richie, sedangkan bahasa C++ ditemukan oleh Bjane Stustrup di AT&T di Bell Telephone Laboratories pada tahun 1980.

      2. Dari segi Cangkupan 

Bahasa C bisa dikatakan termasuk bagian dari bahasa C++, C++ merupakan superset dari bahasa C. C++ dapat menjalankan sebagian besar file header/ library. Sedangkan bahasa C tidak bisa menjalankan file header/library.

      3. Dari segi Prosedut dan fungsi pada Data

Bahasa C merupakan bahasa pemrograman prosedural, data, prosedur, dan fungsi  adalah entitas yang bebas. Sedangkan bahasa C++ merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek, data, prosedur, dan fungsi dikemas menjadi satu dalam bentuk sebuah objek.

      4. Memanipulasi Data oleh Kode Luar 

Jika Bahasa C, data variabel dan entitasnya dapat dimanipulasi oleh kode luar. Maka bahasa C++ dapat menyembunyikan data dan dapat dipastikan bahwa struktur data dan operator yang digunakan sebagaimana yang dimaksud.

      5. Fungsi dan Operator Overloading 

Bahasa C tidak dapat mendukung fungsi dan operator overloading, sedangkan bahasa C++ dapat mendukung fungsi dan operator overloading.

Di atas adalah beberapa pembahasan mengenai perbedaan dua bahasa pemrograman C dan C++.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*