Perbedaan Antivirus dan Firewall




Perbedaan Antivirus dan Firewall
Perbedaan Antivirus dan Firewall

Perbedaan Antivirus dan Firewall – Kalian semua pasti sudah tidak asing kan dengan istilah antivirus dan Firewall? Ya, keduanya ini merupakan program untuk melindungi system keamanan PC kalian dari serangan berbahaya dari luar PC. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak artikel dibawah ini.

 

Perbedaan Antivirus dan Firewall

 

Perbedaan Antivirus dan Firewall
Perbedaan Antivirus dan Firewall

 

Apa itu Antivirus?

Ya kita harus memahami tentang virus terlebih dahulu sebelum beralih ke topic antivirus. Virus merupakan setiap bagian dari kode berbahaya yang mampu mereplikasi dirinya sendiri dan menyebar sendiri ke program lain dalam system dengan tujuan semata-mata untuk merusak. Virus juga disebut sebagai malware. Namun, tidak semua malware adalah virus.

Antivirus merupakan sebuah software computer yang berfungsi sebagai pelindung computer dari serangan virus. Perangkat lunak yang satu ini dirancang untuk melindungi system dari serangan virus dan malware guna untuk mencegah mereka merusak program lain dalam system. Antivirus ini jika menemukan beberapa perilaku berbahaya, ia akan segera menghapus virus tersebut dari system. Antivirus juga melindungi system secara terus-menerus.

Apa itu Firewall?

Firewall merupakan perangkat yang dirancang untuk mengontrol lalau lintas jaringan menggunakan seperangkat aturan. Firewall ini adalah system yang didesain untuk mencegah akses yang tidak sah ke jaringan pribadi maupun dari jaringan pribadi (Private Network). Firewall mengacu kepada system pengatur komunikasi antara dua jenis jaringan yang tidak sama. Firewall akan memblokir pihak yang berusaha membuka atau mengakses informasi pribadi atau mengubah situs web.

Fungsi Firewall

Berikut beberapa fungsi dari Firewall :

  • Melaksanakan autentifikasi kepada akses data
  • Paket data yang akan melalui jaringan privat akan di cek dan diperiksa terlebih dahulu oleh Firewall
  • Semua transaksi dari seluruh peristiwa yang terjadi didalam Firewall akan dicatat
  • Menjadi pengontrol dan pengawas paket data yang masuk dalam jaringan
  • Memeriksa lebih dari sekedar header paket data

 

Apa perbedaan antara Antivirus dan Firewall?

Antivirus dan Firewall memiliki kesamaan sebagai system yang bertindak sebagai pengaman jaringan computer kalian. Tetapi mereka juga memiliki perbedaan. Firewall sendiri akan berusaha mencegah program atau proses asing yang mengakses system. Tidak seperti antivirus, firewall tidak berusaha mengidentifikasi dan menghapus ancaman apapun. Sebenarnya, jaringan firewall dapat menghentikan ataupun membatasi infeksi yang mencapai unit yang dilindungi dan dapat membatasi aktivitas berbahaya mesin yang sudah terinfeksi dengan memblokir lalu lintas masuk/keluar yang tidak diinginkan. Firewall sendiri diciptakan untuk melindungi system dari berbagai ancaman yang lebih luas dibandingkan dengan antivirus. Jadi, firewall ini tidak akan pernah bisa menggantikan antivirus.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara antivirus dan firewall. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca. Terima kasih sudah mampir di artikel ini. Sekian, terima kasih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*