Pengertian Drupal




Pengertian Drupal – Drupal mungkin menjadi kata yang tidak asing bagi sebagian orang. Karena, kata tersebut sangat jarang didengar tetapi berbeda dengan orang yang sudah berkecimpungan dengan pengembangan website. Drupal menjadi istilah yang tidak asing oleh para pekerja pengembangan web ataupun developer. Adanya open source memudahkan pemilik website untuk melakukan pengembangan dan pembuatan website.

Pengertian Drupal

Drupal adalah aplikasi database yang bersifat open source dimana dalam pembangunannya menggunakan bahasa pemograman berupa PHP. Pembuatan aplikasi database ini memiliki lisensi atau perizinan dari GPL.

Drupal bisa diunduh dan juga digunakan secara gratis oleh semua orang sehingga dalam penerapannya bisa digunakan oleh siapapun. Database ini banyak digunakan oleh pemilik website karena mempunyai kapasitas memori yang sedikit dan cukup ringan. Sehingga sangat berpengaruh terhadap kecepatan laptop maupun komputer.

Fungsi dari Drupal

  1. Sebagai content spftware personal atau perusahaan
  2. Media Sosial dan Situs belanja Online
  3. Aplikasi Internal
  4. Membuat Profil Produk

Kelebihan Drupal

a) Mudah untuk Dilakukan Pengembangan, Oleh karena itu database ini bersifat open source.

b) Tingkat Keamanan Yang Tinggi, Dengan pengecekan data secara teratus dan berkala menjadi tingkat keamanan dari database ini.

c) Kemudahan saat Peluncuran, Kemudahan perilisan dari pengunaan database sehingga dapat digunakan atau diluncurkan di berbagai macam hosting.

d) Mempunyai Komunitas yang Luas, Komunitas yang luas dan besar memberikan dukungan atau support yang mudah pada para pengguna lain.

Kekurangan dari Drupal

a) Membutuhkan waku lama untuk belajar, Kebanyakan orang menguasai drupal membutuhkan waktu yang relatif lama.

b) Menghabiskan banyak pada resource. Kebutuhan pada resource server yang banyak sehingga akan membutuhkan banyak Resource jika tidak dilakukan twek.

c) Jumlah developer yang sedikit, Jumlah developer atau pengembang yang relatif sedikit dibanding dengan pengembang Joomla atau WordPress.

Dapat diuraikan dari penjelasan di atas bahwa drupal merupakan salah satu CMS yang bersifat open source dimana semua orang dapat menggunakan dan juga menerapkan sistem ini. Tujuan dari penerapan pada website bukan hanya sebagai database untuk membentuk website. Tetatpi juga sebagai database untuk meningkatkan serta mengembangkan website.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*