Pengertian dan Fitur Pada Laravel




Pengertian dan Fitur Pada Laravel – Pemilihan yang tepat tentu saja akan memudahkan proses pengembangan sebuah website. Terlebih lagi apabila pengembangan website tersebut sangatlah kompleks dan membutuhkan framework yang bisa menyederhanakan proses pembuatan dan menghasilkan performa yang cukup maximal. Framework laravel ini memang memberikan begitu banyak fitur dan juga keunggulan yang dapat dibandingkan dengan framework yang sejenis.

Pengertian Laravel

Laravel merupakan framework yang bisa membantu sebuah web developer dalam memaksimalkan penggunaan PHP dalam proses pengembangan website. Dimana kehadiran dari Laravel kemudian membuat PHP menjadi lebih powerful, cepat, aman, dan juga simpel. Terlebih lagi, Framework ini selalu memunculkan teknologi dengan versi terbarunya diantaranya framework PHP lain.

Laravel juga lebih fokus pada end-user, yang artinya hanya fokus pada kejelasan dan kesederhanaan. Baik dari penulisan sampai dengan tampilannya, laravel pun dapat menghasilkan fungsional aplikasi web yang berjalan dengan semestinya.

Hal inilah yang membuat banyak perusahaan dan developer menggunakan laravel untuk membangun apapun. Mulai dari proyek yang kecil hingga proyek yang besar.

Fitur pada Laravel

Penggunaan laravel bisa menghasilkan website yang lebih elegan dan menyenangkan. Framework ini terbukti mampu mempermudah proses pengembangan website dengan beberapa fitur unggulan, beberapa diantaranya sebagai berikut;

  • Eloquent ORM, ORM Eloquent yang menyediakan dukungan untuk semua mesin database. Ia bekerja sempurna dengan MySql dan SQlite dan menyediakan dokumentasi lengkap untuk semua fungsi Eloquent.
  • Blade Template Engine, Fitur ini menggunakan blade yang mampu mendesain layout yang cukup unik. Layout yang didesain bisa digunakan pada tampilan lain sehingga bisa menghadirkan konsistensi desain dan juga struktur selama pengembangan.
  • Testing dan Debugging, Framework ini dibangun dengan adanya fitur proses pengecekan yang cukup lengkap. Dimana ia akan mendukung proses pengecekan dengan PHPUnit dan file phpunit.xml yang bisa dibangun menggunakan metode pembantu yang nyaman.
  • Query Builder dan ORM, laravel database query builder menyediakan antarmuka yang lancar untuk membuat dan menjalankan database.

Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian dan Fitur Pada Laravel, sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas. Laravel memungkinkan para web developer untuk melakukan proses pengembangan website lebih cepat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*