Lebih Bagus Micro USB atau Type C




Bagus Micro USB atau Type C
Bagus Micro USB atau Type C

Lebih Bagus Micro USB atau Type C – Pada Umumnya calon pembeli selalu bertanya, “ Ponsel sudah pakai Type-c atau Belum?’ yang dimaksud tak lain adalah jenis konektor usb dari perangkat yang bersangkutan.

Secara umum, di pasaran saat ini sekian banyak  model hape menggunakan kabel micro USB dan USB Type-C. Kabel micro-USB sendiri sudah hadir lebih dulu jauh sebelum type-C. Lalu mengapa sih mesti dipisahkan modelnya? Bukannya punya kegunaan yang sama? Yuk simak berikut ini lebih bagus micro usb atau type c sih

Lebih Bagus Micro USB atau Type C

Kabel micro-USB pertama kali dipakai di perlengkapan hape atau yang lainnya pada tahun 2008. Sementara Type-C sebagai penerusnya baru umum dipakai sejak tahun 2013. Meskipun demikian, ketika ini masih tidak sedikit produk hape baru yang masih memakai micro-USB. Secara umum, kedua model memang punya fungsi yang sama yakni penyalur daya untuk memenuhi baterai. Selain memenuhi daya, kabel ini pun punya kegunaan untuk mentransfer data dari satu perlengkapan ke perlengkapan lainnya.

Lebih Bagus Micro USB atau Type C
Lebih Bagus Micro USB atau Type C

Perbedaan yang sangat terlihat ialah pada format ujung steker yang digunakan. Micro-USB punya format melengkung di satu sisi dan datar di sisi lainnya. Saat menggunkan kabel tipe ini tidak sedikit orang tidak jarang kesulitan sebab sering masuk di posisi yang salah.Sementara guna Type-C, ujung steker punya format yang simetris di kedua sisi. Artinya kabel dapat tersambung ke port dari posisi mana saja tanpa perlu cemas akan terbalik.

Lanjut dari segi teknis, micro-USB punya kecepatan transfer data sampai 5Gbps dan output daya maksimal sebesar 5V dan 1,5A. Sedangkan guna Type-C, ia punya kecepatan transfer data yang lebih cepat menjangkau 10Gbps.

Perbedaan Micro USB atau Type C
Perbedaan Micro USB atau Type C

Untuk output dayanya, Type-C berkapasitas 20V dan 5A.

Nah dari keterangan di atas ternyata dapat dilihat bila kabel USB Type-C memang punya kelebihan dalam transfer data dan kapasitas output daya.

Jadi lumrah saja bila hape-hape dengan kualitas tinggi ketika ini sudah memakai Type-C. Sementara hape dengan harga di level bawah masih tidak sedikit menggunakan micro-USB sebab komponen dari model tersebut juga lebih murah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*