Komponen Dasar Jaringan Komputer




Komponen Dasar Jaringan
Komponen Dasar Jaringan

Komponen Dasar Jaringan Komputer – Hai teman – teman, bertemu lagi dengan kami. Bagaimana kabar teman – teman hari ini? kami harap kalian selalu sehat. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai komponen – komponen dasar yang menyusun jaringan komputer. Yang dimaksud dengan jaringan komputer yaitu sekumpulan komputer, printer, dan alat – alat lainnya yang dimana saling berkaitan satu sama lain. Perlu kalian ketahui, untuk membangun sebuah jaringan pastinya harus ada komponen yang harus dipenuhi baik itu komponen fisik ataupun non fisik.

untuk komponen fisik dari jaringan komputer terdiri dari unit komputer itu sendiri, kartu jaringan, serta kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan antara komponen satu dengan komponen lainnya. Kabel jaringan terdiri dari twisted pair, fiber optic, coaxial, konektor, HUB, tang crimping, bridge dan switch, serta router. Sedangkan pada komponen non – fisik terdiri dari sistem operasi komputer dan protokol jaringan.

Semua komponen – komponen tersebut memiliki tugas serta fungsi masing – masing. Fungsi utama dari komponen – komponen dasar tersebut adalah untuk melakukan transmisi informai atau pertukaran informasi baik melalui kabel atau tidak.

Komponen Fisik Jaringan Komputer

Komponen fisik
Komponen fisik
  1. Kartu Jaringan / LAN Card : Komponen ini terpasang pada perangkat komputer secara onboard
  2. Kabel Jaringan : Komponen ini memiliki fungsi untuk menghubungkan komponen satu dengan komponen lain. Atau secara singkatnya, kita bisa menyebutnya sebagai komponen penghubung. Adapun tipe dari kabel jaringan adalah kabel twisted pair, kabel coaxial dan kabel fiber optik.
  3. Konektor konektor merupakan sarana penghubung antara LAN Card yang ada apada CPU Komputer kita dengan kabel. Umumnya jenis konektor disesuaikan dengan tipe kabel yang digunakan agar dapat dijalankan atau difungsikan.
  4. Tang Kriping : berfungsi untuk menjepit kabel dengan konektor agar tidak mudah lepas pada saat proses instalasi.
  5. HUB : merupakan komponen jaringan yang memiliki port – port. Komponen ini digunakan untuk menyatukan kabel network dari tiap workstation, server dan perangkat lain.

Non Fisik

komponen non fisik
komponen non fisik
  1. Sistem Operasi Komputer : sistem operasi pada komputer banyak jenisnya kalian bisa lihat di halaman artikel ini.
  2. Protokol Jaringan : sesuai dengan namanya, protokol adalah kumpulan aturan yang digunakan dalam sebuah jaringan. Tujuan dari protokol ini adalah agar komputer anggota jaringan dan komputer dengan platform yang berbeda dapat saling berkomunikasi.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnyaa~




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*