Kenapa Laptop Overheat




Fungsi Ctrl Shift F
Fungsi Ctrl Shift F

Kenapa Laptop Overheat – Apakah kamu sering mengalami overheat atau panas berlebih pada laptop kamu? Apakah kamu tahu apa yang menyebabkan laptop kamu cepat panas? Simak penjelasan berikut ini.

Kenapa Laptop Overheat
Kenapa Laptop Overheat

Musuh terbesar dari laptop adalah panas. Jika laptop kamu mengalami panas yang berlebih dalam jangka waktu yang lama, kinerja dan performa pada laptop kamu akan terganggu dan menyebabkan beberapa error serta lemot. Laptop lebih cenderung cepat panas jika dibandingkan dengan PC. Itu karena PC memiliki banyak ruang dan memiliki beberapa tempat yang longgar, sehingga sirkulasi udara pada setiap komponen di PC akan tetap terjaga dengan baik.

Kenapa Laptop Overheat

Berbeda dengan laptop, laptop memiliki ukuran yang lebih kecil dan desain yang tipis, sehingga membuat komponen yang ada di dalam laptop menjadi semakin padat dan hanya memiliki sedikit ruang yang longgar. Akibatnya, sirkulasi udara pada laptop akan terhambat dan menyebabkan laptop cepat panas.

Hal yang dapat menyebabkan laptop cepat panas

1. Penggunaan dalam jangka waktu yang lama

Bagi kamu yang sering menggunakan laptop selama berjam-jam, kamu pasti mengalami kenaikan suhu pada laptop yang sedang kamu gunakan. Apalagi jika kamu sedang membuka aplikasi yang berat seperti rendering 3D, editing video, dan bermain game tentu itu akan membuat laptop kamu menjadi semakin panas.

2. Thermal Paste yang kering

Salah satu komponen yang paling cepat panas adalah Processor. Umumnya, pada bagian atas processor diberi sebuah cairan gel yang biasa disebut dengan thermal paste. Gel ini bertujuan untuk menurunkan panas yang dihasilkan oleh processor. Jika laptop yang kamu gunakan sudah terbilang cukup lama, lama-kelamaan thermal paste pada processor akan mulai mengering dan akan membuat laptop kamu menjadi semakin panas.

3. Kipas yang bermasalah

Kipas yang tidak berfungsi dengan baik akan menyebabkan sirkulasi udara pada laptop kamu terhambat. Ini akan mengakibatkan suhu di dalam laptop kamu naik karena tidak mengalirkan udara yang dingin. Masalah ini biasanya terjadi karena debu yang menempel dan menyumbat pada kipas dan membuat kipas tidak berfungsi dengan baik.

Itulah penjelasan mengenai overheat pada laptop dan penyebab laptop menjadi cepat panas. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*