Jenis-jenis Baterai Laptop




Jenis-Jenis Baterai Laptop
Jenis-Jenis Baterai Laptop

Jenis-jenis Baterai Laptop – Laptop biasanya menggunakan beberapa jenis baterai. Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang tahu dan ada yang belum tahu tentang jenis-jenis baterai laptop. Semua laptop memang menggunakan baterai. Tapi tidak semua baterai pada laptop sama.

 

Jenis-jenis Baterai Laptop
Jenis-jenis Baterai Laptop

 

 

Rata-rata baterai laptop bisa bertahan selama 2 hingga 6 jam. Itupun tergantung berbagai factor. Jika memang bermasalah, baterai laptop terkadang tidak sampai 1 jam, bahkan ada yang harus digunakan sambil di charge. Meskipun laptop bisa digunakan tanpa baterai, namun ketidakhadiran baterai pada laptop akan membatasi ruang gerak di mana laptop tersebut dinyalakan. Nah, teedapat tiga jenis baterai laptop yang umum digunakan, diantaranya ialah :

  1. Baterai Nikel Kadmium (NiCd)

Baterai ini sempat menjadi standar untuk teknologi baterai laptop. Baterai Nikel Kadmium ini merupakan baterai pertama yang bisa di ulang (rechargeable). Karena ada beberapa kekurangan pada baterai ini, penggunaannya pun sekarang sudah dihentikan oleh sebagian produsen laptop. Cadmium yang terkandung pada baterai ini mengandung bahan kimia beracun, serta dapat menimbulkan gangguan dalam peng-charge-an pada baterai yang disebut dengan “Memory Effect”. Artinya baterai ini hanya mampu menampung sedikit daya. Apabila baterai di charge ulang dan di lakukan sampai berkali-kali, baterai jenis ini akan kehilangan kapasitasnya. Sekarang jenis baterai ini sudah digantikan dengan NiMH dan Li-ion.

 

  1. Baterai Nickel Metal Hydride (NiMH)

Baterai Nickel Metal Hydride ini memiliki nilai yang lebih daripada NiCd dalam hal kapasitas, kehandalan, keamanan, dan energy yang lebih tinggi. Baterai ini laptop ini digunakan sebagai pengganti baterai Nikel Kadmium. Baterai ini masih bisa ditemukan di pasaran (untuk laptop model jadul). Baterai Nickel Metal Hydride ini tidak menyebabkan Dreaded Memory Effect seperti baterai NiCd. Meskipun begitu, baterai ini tetap memilki kekurangan yang sama dengan baterai NiCd, yaitu dalam hal memory daya.

 

  1. Baterai Lithium Ion (LiON)

Baterai Lithium Ion ini merupakan baterai yang sering digunakan saat ini. Baterai ini dipandang sebagai era baru dari computer yang sangat efisien dan portable. Baterai ini hadir dengan kemampuan peng-charge-an ynag lebih cepat. Yang paling pentimg ialah, baterai ini tidak memiliki penyakit memory cell.

 

Nah, terima kasih telah menyimat artikel tentang Jenis-jenis Baterai Laptop ini. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*