Header File pada Program C




programming C
programming C

Header File pada Program C-File Header yaitu file yang berisi sebuah deklarasi fungsi dan definisi konstanta. File-file tersebut memiliki ciri yang bereksistensi file header ini biasanya dipanggil dengan menggunakan fungsi include. Fungsi dari include sendiri merupakan salah satu pengarah praprosesor yang digunakan untuk membaca file-file header itu sendiri.

Di dalam file header C berisi deklarasi untuk berbagi fungsi yang dibutuhkan oleh program, baik itu dari standar input atau output. Secara aris besar file header akan dapat memberikan sebuah fitur atau fungsi yang dapat kita gunakan di program bahasa C. Jumlah file header bisa dikatakan lumayan banyak dan tentu dari banyaknya file header yang terdapat pada bahasa C pasti ada fungsi uniknya masing-masing.

Dan untuk memanggil sebuah file header tentu diperlukan sebuah baris perintah yang dapat kita gunakan. Caranya sangat mudah yaitu dengan menuliskan #include<file-header.h>.h di akhir file header merupakan penanda bagi file header pada bahasa C.

Beberapa Jenis File Header yang terdapat Pada Bahasa C

c header file
c header file

Di sini akan dijelaskan beberapa jenis file header dan fungsi file header dari  Bahasa C.

  1. Include <stdio.h>

File header ini sering dipakai menggunakan linux, ada fungsi dan perintah tambahan seperti (%d) untuk mendefinisikan input/output yang bertipe data integer. Beberapa perintah umum yang berada di <stdio.h> yaitu Printf ( yang digunakan untuk mengeluarkan nilai atau data ), Scanf ( yang digunakan untuk memasukkan nilai atau data pada sebuah variabel ), Gets ( yang memiliki fungsi sama dengan Scanf, tetapi bisa membaca Spasi ).

2. Include <string.h>

File header ini memiliki fungsi untuk menangani pemrosesan sting/substring. Beberapa perintah yang digunakan pada <string.h> yaitu strcpy ( yang berfungsi untuk mengcopy string ), strncpy ( yang digunakan string untuk mengcopy sebanyak jumlah dari n ), strcat ( fungsinya untuk menambahkan string sumber ke bagian akhir dari string tujuan ), strncat ( yang digunakan untuk menambahkan string dari suber bagian kiri ke string tujuan sejumlah n ), strcmp ( berfungsi untuk membandingkan dua string ), strncmp ( yang memiliki fungsi untuk membandingkan dua string sejumlah n ), strlen ( berfungsi untuk menghitung banyak karakter di dalam satu string ).

3. Include <assert.h>

File header ini digunakan untuk mendeteksi sebuah kesalahan yang logis dan jenis lain dari sebuah bug di dalam dubbuging program.

4. Include <complex.h>

File header ini berisikan satu set fungsi yang digunakan untuk memanipulasi bilangan kompleks.

5. Include <ctype.h>

File ini mendefinisikan set fungsi yang digunakan untuk mengklasifikasikan karakter berdasarkan atau biasa digunakan untuk mengkonversi antara huruf besar dan kecil dengan cara yang independen.

Sekian penjelasan tentang beberapa file header yang ada di bahasa C beserta fungsinya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*