Fungsi Adobe XD




Fungsi Adobe XD
Fungsi Adobe XD

Fungsi Adobe XD – Pasti kalian sudah tidak asing dengan nama software yang satu ini, yaitu Adobe XD. Mungkin kalian pernah mendengarnya namun belum paham kegunaan software ini? Adobe XD merupakan software desain bagi pengguna berbasis vector untuk aplikasi web dan aplikasi seluler. Software ini dirilis pada tahun 2016. Adanya aplikasi ini seakan melengkapi software desain buatan perusahaan lain.

 

Fungsi Adobe XD
Fungsi Adobe XD

 

 

Fungsi Adobe XD

 

Guna memudahkan pengguna, Adobe XD memiliki beberapa fitur utama untuk public. Diantaranya adalah :

  • Focused Design Tools

Tools ini mempunyai fungsi guna membuat kerangka kerja, kerangka mockup, dan screen layout and production.

 

  • Fast Performance

Guna menyatukan sebuah proyek desain secara bersamaan tanpa mengganggu performa software.

 

  • Built in Sharing

Guna untuk screen recording selama pengerjaan prototype desain. Selain itu, bisa digunakan untuk share link dengan para desainer.

 

  • Support for Bringing in Existing Assets from Photoshop, Illustrator and Sketch

Mendukung asset desain dari Photoshop, Illustrator maupun Sketch.

 

Nah, beberapa fitur diatas berfungsi untuk mempermudah para desainer aplikasi mobile. Namun disamping itu, Adobe XD juga memiliki kekurangan juga. Beberapa kekurangan yang dimiliki Adobe XD ialah :

  • No CSS Export

Dengan menggunakan CSS Export bisa mempermudah para desainer untuk bekerja lebih simple dan cepat. Tetapi, Adobe XD belum mempunyai fitur ini.

 

  • Prototype Live Preview

Dengan menggunakan fitur ini, para desainer bisa memberikan live preview prototype dari aplikasi yang dibuat. Sayangnya, fitur ini baru ada pada Mac, tidak dengan OS Windows.

 

  • Copy/Paste Feature

Di dalam software buatan Adobe tentu memiliki fitur copy paste. Namun Adobe XD malah membuat  fitur ini tidak mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal ini tentu saja dapat menyulitkan desainer.

 

  • Difficult Animating UI

Pada Adobe XD, tidak tersedia fitur animasi yang support. Tentu saja hal ini bisa meyulitkan para desainer. Padahal dengan membuat prototype, kalian bisa mmberitahu apa yang ditampilkan dari aplikasi mobile tersebut.

 

  • Rentang Fiturnya Kurang Berkembang

 

  • Adobe XD tidak Mendukung Plugin

Padahal dengan adanya plugin akan membantu pekerjaan pada desainer.

 

Akibat banyaknya permintaan dan masukan dari para desainer, software Adobe XD ini berusaha menyempurnakan fitur-fiturnya dari tampilan maupun bug nya. Hal ini tentu saja akan memudahkan para desainer dalam mengerjakan pekerjaannya.

Setelah anda mengerti tentang kekurangan dan kelebihan dari Adobe XD, sekarang waktunya anda untuk memilih aplikasi desain yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda, sehingga pekerjaan anda menjadi lebih nyaman dan dapat selesai dengan tepat waktu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*