Cara Setting Baterai Laptop Agar Tahan Lama




cara setting baterai laptop
cara setting baterai laptop

Cara Mengatur Baterai Laptop Agar Tahan Lama –  Hai teman teman… .. Pada kesempatan hari ini kita akan membahas tentang cara menyetting baterai pada laptop agar baterainya tahan lama dan tidak mudah habis. Dari sekian banyak kelebihan menggunakan laptop dari komputer PC adalah kepraktisan dari laptop yang mampu kita gunakan di mana saja dan kapan saja. Laptop berteknologi baterai sehingga dapat digunakan selai macet. Jadi itu sangat menguntungkan karena para pengguna mampu beraktivitas dengan menggunakan laptop.

cara setting baterai laptop
cara setting baterai laptop

Akankah ada yang perlu kita bahas tentang kekuatan dan daya tahan baterai tidak sama antara satu komputer dengan komputer lain, yang dimiliki masing-masing. Hal ini tergantung pada tipe, umur, serta besar penggunaan daya yang digunakan pada laptop. Ada sejumlah cara yang bisa kita gunakan dalam baterai laptop agar tahan lama dan tidak cepat habis.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk baterai laptop agar tidak cepat habis:

  1. Mengatur Kontras Cahaya Layar
Mengatur Kontras Cahaya Layar
Mengatur Kontras Cahaya Layar Agar Baterai Tahan Lama

Kontras cahaya pada laptop ternyata juga membutuhkan banyak daya. Semakin terang maka akan semakin besar pula daya yang dibutuhkan. Seperti yang telah kita bahas tentang kontras cahaya yang terlalu terang juga tidak baik untuk kesehatan. Jadi, penurunan kontras cahaya selain dapat menghemat pada baterai juga mampu menyelamatkan kesehatan mata dari kerusakan. Haruskah Anda mengetahui itu setelah CPU, mengatur layar mewakili urutan kedua penyedot daya baterai.

  1. Tutup Aplikasi Yang Tidak Penting
Tutup Aplikasi Yang Tidak Penting
Tutup Aplikasi Yang Tidak Penting Agar Baterai Tahan Lama

Cara menghemat baterai selanjutnya adalah dengan menutup beberapa aplikasi yang tidak digunakan. Jika banyak aplikasi yang mengonsumsi sumber daya maka daya baterai laptop akan sangat cepat habis.

Jadi, kita bisa menutup aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan Task Manager . Cara Membuka Task Manager juga sangat mudah. Caranya dengan menu kilik Mulai terlebih dahulu setelah diminta Task Manager pada kolom pencarian.

  1. Cabut Perangkat USB
Tutup Aplikasi Yang Tidak Penting
Tutup Aplikasi Yang Tidak Penting Agar Baterai Tahan Lama

Setelah selesai dipakai perangkat USB yang terhubung dengan laptop segera dicabut agar baterai hemat. Ini karena perangkat USB dapat menstranfer daya dari laptop ke perangkat USB. Ternyata USB yang terhubung dengan laptop juga memerlukan daya baterai. Jadi, sebaiknya setelah kita menyelesaikan file dari flashdisk atau hp kita segera mencabut perangkat tersebut agar tidak menggunakan daya dari baterai.

  1. Gunakan Mode Tidur
laptop mode tidur
laptop mode tidur Agar Baterai Tahan Lama

Ketika laptop dinyalakan maka membutuhkan banyak daya baterai. Untuk menghematnya kita mampu memakai fitur sleep mode atau mode tidur ketika laptop akan dimatikan. Saat kita menggunakan mode sleep daya yang dibutuhkan akan lebih sedikit daripada mode Shutdown. Mode sleep biasanya digunakan ketika laptop hanya dimatikan sementara. Akan tetapi sebaiknya kita menggunakan mode Shutdown jika laptop akan dimatikan dalam waktu yang lama.

  1. Hindari Penggunaan CD/DVD-ROM
mode dvd pada laptop
dvd mode pada laptop Agar Baterai Tahan Lama

Ketika kita menggunakan CD/DVD-ROM, maka laptop akan melakukan kinerja yang lebih. Ini menyebabkan hardware lebih bekerja keras. Hal ini juga membutuhkan banyak daya baterai. Jadi hindarilah penggunaan CD/DVD-ROM guna menghemat baterai. Dan setelah selesai sebaiknya CD/DVD-ROM dikeluarkan dari dalam laptop walaupunsedang tidak dipakai.

  1. Perhatikan Sirkulasi Udara
laptop sirkulasi udara
laptop sirkulasi udara Agar Baterai Tahan Lama

Anda perlu memperhatikan sirkulasi pada laptop secara rutin. Jika peredaran tidak lancar, laptop akan menjadi panas yang akan mempengaruhi kinerja baterai. Cara mengatasinya yaitu dengan memakai kipas untuk pendingin laptop. Alasannya selain efektif harga juga terjangkau.

Jadi, itu tadi beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menyelamatkan baterai pada laptop Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih…

Wassalamualaikum …




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*