Cara Overclock Laptop




Cara Overclock Laptop
Cara Overclock Laptop

Cara Overclock Laptop – Overclock itu ialah memaksakan komponen laptop kalian untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Orang-orang biasanya melakukan Overclock pada Graphic Card dan Processor. Melalui overclocking, kamu bisa membeli processor yang murah, lalu dipaksa meningkatkan kinerjanya supaya seakan-akan processor kalian adalah processor mahal.

Cara Overclock Laptop

Overclock biasanya dijalankan melalui BIOS. Berikut cara-cara nya

-Tekan F1, F2, F8, atau Del secara berulang-ulang saat menyalakan laptop sampai halama BIOS terbuka

-Pilih opsi tab untuk pengaturan CPU

-Aktifkan/Nyalakan CPU Host Clock Control yang berada pada halaman setting CPU dan naikkan frequency CPU nya pada 5%, lalu simpan

-Lalu, restart laptop kalian kemudian periksa stabilitasnya

-Pakai laptop itu dalam 30 menit, jika masih aman, kalian bisa menaikkan frekuensi CPU menjadi 20% secara bertahap dengan cara yang sama.

Tetaplah cek stabilitas karena bisa muncul masalah-masalah seperti suhu laptop menjadi panas, aplikasi yang dibuka sering lag, sampai munculnya blue screen secara tiba tiba

Jika hal itu terjadi, cepat lah shut down laptop kalian, masuk BIOS lagi dan kurangi frekuensi CPU.

Overclock PC Melalui BIOS
Overclock PC Melalui BIOS

Kalau kamu yakin program overclock ini bikin masalah, bahkan sesudah restart pun tetap langsung bermasalah sampai tidak bisa buka setting apapun, coba masuk ke safe mode supaya tidak ada program lain yang di-load kecuali bawaan windows. Setelah itu kamu bisa hilangkan program overclock ini dari list program startup, atau langsung saja uninstall ketika didalam safe mode.

Jika kalian tidak takut unuk mengambil resiko laptop kalian menjadi kepanasan sampai error maka coba kalian lakukan langkah-langkah tadi.

Terimakasih

Salam sejahtera, Daffi




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*