Cara Menggunakan Rufus




Cara Menggunakan Rufus
Cara Menggunakan Rufus

Cara Menggunakan Rufus -Proses Instal ulang sistem operasi di PC / laptop beberapa tahun lalu masih menggunakan CD / DVD. Namun sekarang penggunaan CD/DVD sudah banyak ditinggalkan orang, karena untuk laptop keluaran terbaru yang berbody ramping seperti netbook, ultrabook, dan PC tablet biasanya tidak menyertakan CD room.

Cara Menggunakan Rufus

Cara Menggunakan Rufus
Cara Menggunakan Rufus

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat flashdisk menjadi bootable, salah satunya yaitu Rufus. Banyak orang yang menyukai  aplikasi ini karena berbagai fitur menarik tsb, apk rufus juga mendukung beberapa bahasa. Terdapat fitur pula fitur low-level utility yang bsa digunakan untuk melakukan format yang tifak beresiko terhadap media penyimpanan.

Rufus adalah sebuah aplikasi buatan dari pete batardd yang sudah ada sejak tahun 2011. Fungsi utama Rufus adalah untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk dll.

LANGKAH-LANGKAH MENGGUNAKAN RUFUS:

  1. Pertama-tama download terlebih dahulu aplikasi Rufus
  2. Setelah mendownload Apk Rufus jalankan apk Rufus kemudian masukkan flashdisk yanyg akan kamu jadikan sebagai bootable, disarankan menggunakan flashdisk yang berkapasitas 8 gb atau ang lebih besar
  3. Rufus akan secara otomatis mendeteksi informsdi fsri flsdhdisk yang kamu gunakan.
  4. Silahkan kamu klik ikon tanda panah pada show advance drive properties akan muncul beberapa opsi tambahan dibawahnya, centang opsi “list USB Hard Drives”
  5. Selanjutnya klik tombol select kemudian silahkan masuk ke folder dimana file ISO sistem operasi disimpan pada tutorial ini saya gunakan file ISO Widows 10, pilih file kemudian klik open
  6. Kamu perlu mengatur boot selection
  7. Pada bagian format option silahkan beri nama volume label sesuai dengan selera.
  8. Sebelum kamu mengklik tombol start backup terleebih dahulu data yang ada pada flashdisk
  9. Stetlah itu akan muncul jendela peringatan langsung klik OK
  10. Pada langkah ini kita menunggu proses  pembuatan bootable  yang memerlukan waktu 10-15 menit .
  11. Langkah akhir akan muncul status berwarna hijau pada bar proses disertai tulisan ready.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*