Cara Menggunakan Google Trends




Cara Menggunakan Google Trends
Cara Menggunakan Google Trends

Saat ini sangat banyak orang menggunakan website untuk mengembangkan usahanya entah itu berupa produk, jasa dan sebagainya. Akan tetapi banyak diantaranya yang belum tahu cara kerja dari mesin pencarian atau Google. Padahal penting untuk mengetahui trend bisnis di mesin pencarian tersebut, dan kita bisa memanfaatkan Google Trends. Di artikel ini kita akan membahas Cara Menggunakan Google Trends.

 

Memiliki website dengan banyak pengunjung tentu menjadi impian para blogger. Tapi hal itu tidaklah mudah. Terkadang setelah kita membuat konten ternyata pengunjung yang datang tidaklah banyak. Hal ini bisa jadi karena salah menentukan kata kunci yang tepat. Dalam strategi SEO (Search Engine Optimization) kita harus memulai dengan riset kata kunci dengan volume percarian yang tinggi. Sebelum kita melanjutkan Cara Menggunakan Google Trends, kita akan memahami dulu tentang Google Trends.

 

Perkenalan Sebelum Membahas Cara Menggunakan Google Trends

 

Pengertian Google Trends

Google Trends merupakan salah satu tools gratis yang disediakan oleh Google dan berfungsi untuk mencari data pencarian yang sedang trend di Google secara online. Layanan ini dikhususkan untuk para marketer yang ingin membuat artikel menarik dan tentungan didatangi banyak pengunjung. Tentu saja bagi para blogger memang sudah wajar jika ingin websitenya ramai pengunjung.

 

Sejarah Tentang Google Trends

Google Trends pertama kali dirilis oleh Google pada tahun 2006 yang sampai saat ini masih terus berkembang. Google Trends menyediakan layanan yang cukup lengkap karena memiliki banyak fungsi dan fitur menarik yaitu menampilkan topik yang sering dibahas, mencari keyword yang sering dipakai, membandingkan performa antar keyword, dan tampilan yang sederhana serta mudah dipahami.

 

Dalam bentuk sebelumnya, Trends, (yang nama lamanya dikenal sebagai, Insight For Search) adalah sumber daya yang agak statis dan hanya diperbarui dengan data baru yang up to date. Seiring waktu Google terus meningkatkan fungsi dan fitur sehingga Google Trends menjadi sebuah tools yang memiliki banyak fungsi dan sering digunakan. Google Trends memiliki fungsi pembanding kata kunci dan juga dapat membagi segmentasi sesuai lokasi geografis, kategori produk, topik konten dan tanggal, Google Trends dapat membentu kita menganal lisa lebih dalam. Dengan ekspansi Google Trends ke berita, belanja, gambar dan Youtube.

 

Fungsi dan Manfaat Google Trends

  • Mengetahui trending topik waktu terdekat di wilayah lokal yang berarti Indonesia dan juga seluruh dunia
  • Menarget kata kunci berdasarkan riset pemasaran
  • Riset kata kunci ( keyword ) untuk mesin pencari ( SEO )
  • Mencari berita di Google yang sedang trend saat ini

 

Dan tentu tidak hanya itu, masih banyak lagi kegunaannya. Dari pernyataan diatas mengisyaratkan bahwa kita membutuhkan Google Trends untuk membuat website kita bisa berada di puncak mesin pencari dan juga ramai akan pengunjung. Selanjutnya kita akan lanjut membahas Cara Menggunakan Google Trends.

 

Cara Menggunakan Google Trends

Mencari kata kunci dan ide konten menggunakan Google Trends cukup mudah. Namun supaya mudah, sebelum kita menggunakan Google Trends, ak lebih baik jika Anda menentukan lebih dulu topik apa yang ingin diambil dan dianalisis. Menentukan topik lebih awal dapat memfokuskan kita mencari informasi sesuai dengan topik yang ingin kita cari. Setelah menentukkan topik, kita bisa menggunakan Google Trends untuk menentukkan keyword terbaik untuk mempromosikan website.

 

Tentukan Kata Kunci Yang Akan Dianalisa

Dalam membuat sebuah konten tentu kita harus menyiapkan kata kunci yang tepat untuk bisa dianalisa. Berikut langkah pertama cara menggunakan google trends.

 

  • Untuk mengakses, siapkan browser terlebih dahulu, disini saya contohkan memakai Google Chrome karena terbilang memiliki performa yang cukup bagus.
Persiapan Google Trends
Persiapan Google Trends

 

  • Setelah browser terbuka ketikkan Google Trends di address bar lalu tekan Enter di keyboard
Url Google Trends
Url Google Trends

 

  • Maka akan muncul hasil pencarian. Klik Google Trends seperti pada gambar dibawah
Masuk Google Trends
Masuk Google Trends

 

  • Langkah selanjutnya login atau masuk ke email kita dengan cara klik Login. Jika belum memiliki Gmail maka baca Cara Membuat Gmail di Laptop
Login Google Trends
Login Google Trends

 

  • Tampilan login seperti dibawah, jika ada Gmail yang pernah silahkan pilih Email tersebut jika belum maka klik Gunakan akun yang lain
Email Google Trends
Email Google Trends

 

  • Setelah memasukkan email masukkan password dan kemudian klik Berikutnya
Password Google Trends
Password Google Trends

 

  • Beginilah tampilan saat kita memasuki Google Trends. Masukkan kata kunci yang akan dianalisa dan tekan Enter. Sebelumnya saya akan terangkan mengenai fitur. Fitur wilayah, kita bisa menganalisa sebuah trending berdasarkan wilayah tertentu. Sebagai contoh dibawah ada perbandingan mengenai kata kunci antara Taylor Swift dan Kim Kardashian di Amerika. Warna ungu mengisyaratkan hasil Taylor Swfit dan biru hasil dari Kim Kardashian. Dan perbandingannya pun sangat jauh. Untuk Yang tengah adalah hasi pencarian biasa. Dan yang kanan perbandingan antara Football dan American Football di Amerika hasilnya pun lebih banyak yang mencari American Football dibanding Football.
Tampilan Awal Google Trends
Tampilan Awal Google Trends

 

Analisa Hasil Kata Kunci

  • Setelah itu muncul tampilan seperti gambar dibawah. Kita dapat menganalisa data sesuai dengan yang kita inginkan. Kita bisa menganalisa data berdasarkan wilayah negara maupun provinsi atau kota, kemudian berdasarkan rentan waktu, berdasarkan kategori dan juga jenis pencarian semisal pencarian gambar, video, berita ataupun web.
Hasil Google Trends
Hasil Google Trends

 

  • Setelah kita melihat hasil dari gambar diatas, kemudian scroll menuju kebawah. Akan ada tampilan seperti pada gambar dibawah. Yang di sebelah kiri tersebut adalah pemetaan hasil pencarian berdasarkan subwilayah dan yang kanan adalah penjelasan daerah dari peta tersebut disertai dengan peringkat yang berdasarkan hasil pencarian terbanyak.
Pemetaan Google Trends
Pemetaan Google Trends

 

  • Lalu setelah gambar diatas, kita scroll kebawah lagi akan ada pencarian mengenai Topik atau kueri terkait dengan kata kunci yang sedang kita analisa
Topik Terkait Google Trends
Topik Terkait Google Trends

 

Cara Menggunakan Google Trends Cukup Mudah Bukan ?

 

Membandingkan Keywords

  • Setelah kita menggunakan cara menggunakan google trends dan mengetahui hasil dari analisa kata kunci “Jasa Pembuatan Website” kita akan membandingkan dengan kata kunci lainnya dimana kita akan mengambil kata kunci yang lebih bagus atau efektif untuk digunakan. Ketikkan kata kunci yang ingin dibandingkan dengan cara klik Bandingkan dan ketikkan kata kunci selanjutnya lalu klik atau pilih kata kunci tersebut.
Pembanding Google Trends
Pembanding Google Trends

 

  • Setelah muncul hasilnya, kita bisa membandingan kata kunci mana yang lebih bagus. Untuk kata kunci pertama akan diwakili dengan warna biru dan kata kunci kedua diwakili dengan warna merah. Setelah melihat hasilnya kita bisa tahu bahwa kata kunci pertama lebih bagus daripada kata kunci kedua.
Perbandingan Google Trends
Perbandingan Google Trends

 

  • Juga dilihat dari peta wilayah pun, kata kunci kedua tidak memunculkan hasilnya, jauh dengan kata kunci pertama yang mendominasi seluruh wilayah.
Peta Wilayah Google Trends
Peta Wilayah Google Trends

 

  • Dari sub wilayah pun, kata kunci kedua tidak menampilkan hasilnya. Jadi kia bisa ambil kesimpulan bahwa kata kunci pertama yang kita analisa yaitu “jasa pembuatan website” lebih bagus daripada kata kunci kedua “jasa pembuatan web”.
Hasil Perbandingan Google Trends
Hasil Perbandingan Google Trends

 

Memprediksi Trend

Setelah kita berhasil mengetahui cara menggunakan google trends dan menganalisa kata kunci yang akan kita gunakan, langkah selanjutnya adalah memprediksi trend. Google Trend membere info yang cukup lengkap. Informasi yang kita dapat dari Google Trend bisa kita gunakan untuk membuat konten semenarik mungkin sesuai dengan keyword yang sesuai.Akan tetapi selanjutnya bukan hanya terletak bagaimana cara kita membuat konten, tetapi lebih terhadap bagaimana cara kita memandang data yang didapatkan dari Google Trends tersebut.

 

Namun, ada hal yang perlu kita ketahui. Tak semua orang bisa membaca data dengan benar. Ketika semua pengguna menganalisis data yang sama, kemungkinan besar hasilnya akan berbeda. Cara yang terbaik untuk menyikapi hal ini adalah dengan kebijaksanaan dalam mengelola data.

 

Seperti Itulah Cara Menggunakan Google Trends

 

Setelah kita mengetahui riset kata kunci untuk pemasaran, pasti kita akan bisa menentukan topik dengan tepat dan pastinya akan bekerja secara lebih efektif dan efisien. Cara menggunakan Google Trends terbilang cukup mudah bukan ? Kita bisa mengetahui keadaan pemasaran dengan mudah dan tentunya tidak dipungut biaya sedikitpun. Begitulah artikel tentang Cara Menggunakan Google Trends, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua




About Alif Maulana 143 Articles
Profesional Wordpress dan Teknologi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*