Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lemot




Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lemot – Apakah kalian merasa jika windows kalian atau laptop kalian lemot dan sering sekali not responding jika membuka chrome, word dan aplikasi lainya? Jika kalian merasa hal di atas itu adalah hal yang sedang kalian alami sekarang, maka kalian sekarang sedang mampir pada website yang tepat sekali, karena di kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara atasi windows 10 lemot, dan seperti biasa di sini saya akan memberikan beberapa gambar agar kalian juga mudah untuk melakukanya sendiri dan itu akan memakan waktu sangat cepat dari perkiraan kalian, dan cara cara di bawah ini adalah cara yang sebenarnya mudah untuk di lakukan, mari kita simak tutorial di bawah ini.

 Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lemot

  1. Restart Laptop

Cara yang pertama dan yang paling umum di lakukan semua orang adalah Restart laptop kalian jika sudah merasa lemot pada saat kalian membuka suatu aplikasi yang sedang aktif dan itu terlalu banyak memakan ram.

  1. Update Windows

Cara yang ke 2 ini adalah cara yang sebenarnya membutuhkan waktu lama karena pada umumnya untuk tahap update windows ini membutuhkan waktu 5-20 menit pada saat laptop kalian terhubung internet dan posisi akan mematikan laptop.

[ pada saat update jangan sekali kali untuk mematikan paksa laptop kalian. ]

Cara untuk update windows 10 bisa kalian cari di google, atau kalian bisa masuk pada menu ( Wi-Fi – Properties – Set Metered Connection ) nya agar windows bisa otomatis update pada saat kalian sudah tidak menggunakan laptop kalian atau kalian bisa mencarinya pada menu pengaturan ( control panel ).

update windows

metered connection

  1. Batasi Aplikasi Yang Berjalan Saat Booting

Windows 10 bisa juga di karenakan pada saat kalian menyalakan laptop/pc kalian, banyak aplikasi yang secara otomatis memulai atau membuka contohnya aplikasi anti virus smadav, spotify, steam, chrome, dan aplikasi seperti itulah yang sebenarnya memakan banyak size atau ram yang berlebihan pada saat pertama kali booting, dan kalian bisa mengatasinya pada menu ( Task Manager – Startup ). Aplikasi yang berjalan saat pertama kali booting ini berdampak pada penggunaan ram kalian apalagi ram kalian sizenya hanya 2/4 gb ram yang terpasang.

[ untuk masuk menu task manager, kalian klik kanan pada taskbar kalian ]

task manager

startup

[ aplikasi di atas ini adalah aplikasi yang sedang berjalan pada windows kalian dan kalian bisa memilih untuk men Disabled aplikasinya agar tidak memakan ram terlalu banyak dan mengakibatkan laptop lemot ].

  1. Gunakan Disk Cleanup

Disk cleanup ini adalah perangkat yang tersedia di dalam windows 10 yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi lemot pada laptop kalian, dan kalia juga bisa membersihkan file atau virus yang ada pada laptop kalian yang menyebabkan laptop kalian lemot. File file sampah jika terlalu banyak akan menyebabkan laptop kalian lemot, untuk cara cara melakukanya silahkan kalian cermati gambar di bawah ini.

( Search – Disk Cleanup – Pilih Driver – Ok ).

[ Catatan : Jika kalian ragu untuk cleanup disk, sebaiknya gunakan cara lainya agar tidak terjadi hal yang tidak inginkan seperti semua file hilang, file ke hidden antivirus dll. ]

diskcleanup

cleanup

  1. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Hapus aplikasi kalian yang tidak terpakai atau aplikasi yang terlalu sering memakan ram padahal tidak sedang kalian pakai, aplikasi ini yang juga memakan beberapa size penggunaan memori kalian seperti aplikasi musik dll.

  1. Upgrade Ram

Upgrade saja ram kalian agar memori kalian tidak sepenuhnya full  karena  untuk penggunaan aplikasi yang butuh size besar bisa terbagi di 2 ram sekaligus dan itu bisa memulihkan 50% kecepatan laptop kalian, dan jangan gunakan aplikasi yang terlalu banyak penggunaan memori seperti game triple a, fps dll jika memori kalian kurang dari 4gb.

  1. Pakai SSD

Beli dan gunakan saja SSD karena SSD ini adalah hardisk dengan kecepatan melebihi hardisk biasa, ssd ini banyak sekali di gunakan oleh para gamer, trader, dan pengguna aplikasi editor seperti adobe premiere dan editor lainya yang selain membutuhkan ram banyak, aplikasi ini juga membutuhkan kecepatan ssd agar lebih mudah mengolah data data yang akan di kerjakan oleh pengguna.

Ssd ini banyak di pilih karena daya tahan yang lama, tidak lemot, kecil, efisien, dan tidak terlalu memakan size pada hardware kalian.

  1. Selalu Cek Virus

Cara yang terakhir ini adalah cara yang Wajib untuk di lakukan, karena selain software, virus merupakan suatu hal yang tidak boleh di lewatkan, karena dengan virus laptop kalian bisa jadi lemot, rusak dan tidak bisa di gunakan lagi apabila sudah tertanam virus yang cukup berpengaruh dalam software atau hardware kalian. Selalu jaga atau selalu check virus pada disk kalian.

Nah… kira – kira seperti itulah tutorial dari saya tentang cara atasi windows 10 lemot pada laptop/pc kalian, dan semoga cara cara ini bisa kalian coba dengan mudah dan berhasil tanpa kalian harus pusing untuk membeli laptop baru yang sebenarnya tidak perlu, sekian terima kasih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*