Cara Menampilkan Task Manager




Menghapus Objek
Menghapus Objek

Cara Menampilkan Task Manager – Banyak orang bisa mengoperasikan komputer atau laptop akan tetapi banyak pula yang tidak mengetahui apa itu Task manager. Task Manager merupakan aplikasi bawaan dari Operating System (OS) Windows yang berfungsi untuk memonitoring atau menganalisa proses dan aplikasi yang sedang berjalan, sehingga kita bisa mendapatkan informasi mengenai penggunaan resource sistem pada suatu komputer atau laptop yang digunakan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas Cara Menampilkan Task Manager dan fitur-fitur yang dimilikinya. Ini merupakan ilmu yang simpel akan tetapi sangat bermanfaat.

 

Fungsi Windows Task Manager

  • Dapat memantau semua kegiatan aplikasi serta sistem yang berjalan pada komputer.
  • Dapat mengatur prioritas aplikasi serta sistem yang berjalan pada komputer..
  • Dapat menghentikan paksa (Shutdown) program/aplikasi yang hang atau error (Not Responding) atau Mematikan Process Aplikasi Background.
  • Dapat Memeriksa Total Penggunaan RAM dan CPU.

 

Langsung saja kita mulai membahas topik utama pada artikel ini

  1. Langkah pertama arahkan krusor mouse ke bagian Taskbar lalu klik kanan
  2. Kemudian akan muncul beberapa menu, klik “Task Manager”.

    Cara Menampilkan Task Manager
    Cara Menampilkan Task Manager
  3. Disinilah kita bisa melihat aplikasi ataupun program yang berjalan dan juga daya kerja sistem seperti ram dan proseccor.

    Menampilkan Task Manager
    Menampilkan Task Manager
  4. Jika kita klik menu “Performance” maka kita akan melihat berapa besar processor dan RAM yang digunakan untuk menjalankan aplikasi dan program yang sedang berjalan

    Membuka Task Manager
    Membuka Task Manager
  5. Jika saat komputer sedang hang tentunya kita sulit untung menggerakkan mouse. Langsung saja mengakses Task Manager dari keyboard dengan cara tekan tombol “Ctrl+Alt+Del” maka Task Manager otomatis akan terbuka

    Cara Membuka Task Manager
    Cara Membuka Task Manager

 

Yang paling utama dilihat yaitu ada 2 fitur yakni Processes dan Performance. Kedua fitur ini merupakan fitur yang paling sering digunakan.

  • Processes

Daftar aplikasi yang sedang berjalan dan proses background yang berjalan di CPU, memory, disk, jaringan, GPU, juga informasi pemanfaatan sumber daya lainnya.

  • Performance

Pada menu ini menampilkan status penggunaan RAM dan CPU dengan tampilan Grafik real-time menampilkan memori, disk, jaringan, dan GPU yang dapat digunakan oleh sistem anda. anda bisa menemukan detail lainnya di Performance.

 

Cara Menampilkan Task Manager

 

Selain Processes dan Performance ada beberapa fitur lain yang tidak kalah penting. Diantaranya adalah App history, Startup, Users, Details, Service

  • App history

Menampilkan informasi tentang berapa banyak resource CPU dan jaringan yang digunakan untuk akun pengguna anda.

  • Startup

Menampilkan daftar program yang langsung otomatis aktif pada saat log on awal di Windows anda.

  • Users

Menampilkan pengguna yang Log On pada komputer, anda juga bisa melakukan Log off pada menu ini dan anda juga bisa melihat catatan berapa besar sumber daya yang digunakan dan aplikasi apa yang saat ini sedang berjalan.

  • Details

Informasi lebih terperinci mengenai proses yang sedang berjalan pada windows dalam sistem.

  • Services

Secara tampilan Services hampir sama dengan menu Processes. Namun Services lebih menampilkan semua proses yang sedang berjalan maupun yang sudah berhenti.

Demikian artikel ini saya buat untuk membantu memberikan anda solusi pada permasalahan yang sering kalian alami ketika menggunakan teknologi seperti komputer, karena itu seiring berkembangnya jaman teknologi dan kecanggihan akan semakin berkembang, dan mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan yang terjadi.

Sekian yang bisa saya persembahkan, demikian saya ucapkan TERIMAKASIH Semoga Bermanfaat..




About Alif Maulana 3992 Articles
Profesional Wordpress dan Teknologi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*